Banner ImageBanner Image

Digaji Puluhan Juta Per Bulan, Minat Jadi Pramugari?

4 menit

Berapa gaji pramugari? Informasi dari Detik sih tahun 2013 lalu aja gaji pramugari junior udah di angka Rp 4 juta sampai Rp 5 juta. Bisa diperkirakan deh kalau sekarang berapa. UMR aja naik terus tiap tahun.

Nominal tersebut juga cuma gaji pokok, belum termasuk tunjangan.

Dari berbagai sumber disebutkan bahwa gaji pramugari masa kini bahkan bisa mencapai puluhan juta Rupiah. Jumlah tersebut mencakup gaji pokok dan upah sekali terbang (biasanya tiap pramugari biasa terbang tiga sampai empat kali dalam seminggu). Kemudian, mereka juga dapat fasilitas lainnya dari maskapai tempatnya bekerja.

Intinya, asyik banget, kan?

Pramugari itu multi-skill banget deh! (garuda-indonesia)

Dilihat dari gajinya sih jadi pramugari emang menggiurkan. Namun itu berbanding lurus dengan kemampuan yang harus dimiliki. Apa aja, sih?

1. Sehat dan punya tubuh ideal

Yang pertama kali mesti kamu siapkan tentu aja tubuh yang ideal dan sehat. Kebanyakan maskapai mensyaratkan tinggi badan tertentu buat jadi pramugari dan pramugara mereka. Ya pengin gak pengin, kamu emang mesti memenuhi kriteria ini.

Kebanyakan maskapai gak memperbolehkan pramugari dan pramugara mereka mengenakan kacamata. Itu artinya kamu harus punya pengelihatan mumpuni. Meski demikian, buat yang punya mata minus gak apa-apa asalkan gunakan softlens.

2. Kemampuan berbahasa asing

Minimal para calon pramugari mesti bisa berbahasa Inggris.

Kalau misalnya belum lancar tapi cakap di kemampuan lain, biasanya institusi pendidikan buat calon pramugari maupun pramugara masih menerima. Dengan catatan mereka bakal menerima pelatihan dan harus jago setelah itu. Gak ada lagi kata gak mampu.

3. Pengin belajar berbagai ilmu

Syarat ini bisa dibilang tantangan sekaligus keuntungan. Tantangan karena kamu mesti belajar banyak ilmu selama jadi pramugari.

Sederet peran harus bisa kamu kerjakan bila jadi awak pesawat terbang, gak cuma mengantarkan makan aja. Kamu juga harus menguasai prosedur keselamatan, memberi pertolongan pertama pada penumpang, dan melayani kebutuhan mereka.

Itu sama aja kamu menjalankan beragam profesi sekaligus. Kamu harus bisa jadi tim SAR, dokter, dan pelayan sekaligus.

4. Siap menghadapi jam kerja yang fleksibel

Jadwal yang berganti-ganti buat pramugari dan pramugara udah biasa. Nah, kamu harus siap dengan jadwal tersebut.

Bisa aja minggu ini kamu dapat jadwal terbang subuh. Di lain waktu, kamu harus terbang saat tengah malam. Intinya kamu harus bisa bangun pagi dan begadang.

Jadwal yang fleksibel ini pula yang menuntut kamu buat tetap menjaga mood dalam keadaan baik. Bisa berantakan semuanya kalau tiba-tiba kamu malas karena masalah personal atau merasa udah bosan banget ama yang namanya terbang.

5. Siap jauh dari keluarga

Jadi pramugari bukan seperti karyawan yang bisa pulang jam lima sore setiap hari. Karena jadwal yang gak menentu, kamu mesti siap buat berangkat kapan aja dari rumah. Gak cuma itu, perjalanan cukup jauh tentu bikin kamu gak bisa langsung pulang ke rumah.

Selain motivasi gaji yang tinggi, ternyata ada hal enak lainnya yang bisa kamu peroleh dengan jadi pramugari atau pramugara. Berikut di antaranya:

  • Jaminan kesehatan dan akomodasi tertentu selama penerbangan
  • Jenjang karir mulai dari junior hingga senior, kemudian dilanjutkan jadi manajer
  • Bisa jalan-jalan gratis ke berbagai daerah dan negara. Paling gak kamu bisa ‘menginjakkan kaki’ deh walau gak lama berada di daerah atau negara tersebut
  • Mengolah berbagai skill sebagaimana udah disebutkan di awal. Skill ini bisa jadi bekal buat profesi lainnya bila kamu udah gak jadi pramugari

Minat Sama Gaji Pramugari dan Benefitnya? Simak Tahap Seleksinya Berikut Ini

gaji pramugari perbulan
Senyum sumringah para pramugari dan pramugara (airasia)

Buat yang minat buat jadi pramugari atau pramugara, tentu aja ada sejumlah proses yang mesti kamu lewati.

Secara umum berikut tahap demi tahapnya:

1. Tahap registrasi dan performance test

Di tahap ini kamu mesti memenuhi kriteria yang emang diwajibkan buat para calon pramugari dan pramugara. Di antaranya adalah soal tinggi dan berat badan. Calon pramugari atau pramugara juga harus berpenampilan menarik. Bahkan saat pendidikan nanti gak dibolehkan punya bekas jerawat lho! Ya minimal gak kelihatan lah.

Yang pasti di tahap ini kamu juga mesti menyiapkan segala dokumen yang diminta.

2. Tahap interview, psikotes, dan bahasa Inggris

Bila kamu udah lolos syarat dokumen dan penampilan, saatnya buat tahap wawancara, psikotes, serta tes bahasa Inggris.

Jadi, kini kamu bakal berkompetisi dengan para calon pramugari lainnya bukan cuma berdasarkan penampilan aja. Di sini, kamu bakal dihadapkan dengan sejumlah tes yang menuntut otakmu bekerja lebih keras dari biasanya.

Tahap ini pengin buktiin kalau kamu gak menang penampilan aja, tapi juga cerdas.

3. Tahap ground training

Lulus seleksi, kamu bakal ditempa dalam tahap bernama ground training. Latihan ini bakal dilakukan sekitar tiga bulan.

Di sini kamu bakal disuguhkan berbagai materi dan sekaligus ujian. Jadi belajarlah dengan serius biar bisa lulus di tahap ini.

4. Flight training

Akhirnya kamu lulus dari tahap ground training dan dinyatakan memenuhi syarat buat terbang! Di tahap ini kamu bakal terjun buat mencoba berbagai pekerjaan secara langsung.

Meski udah punya pengalaman terbang, kamu belum tentu langsung diterima lho. Di tahap ini kamu harus menunjukkan performance yang bagus. Dengan gitu barulah kamu dinyatakan lulus dan siap jadi pramugari aktif.

Tentu aja, di tahap ini kamu baru dapat uang terbang dan berbagai fasilitas dan jaminan. Itu juga biasanya belum penuh.

5. Recurrent

Selamat! Kini kamu jadi pramugari dan pramugara!

Setelah ini kamu mesti tetap menghadapi tahap recurrent, tapi cuma sekali setahun kok. Tahap tersebut menuntut kamu buat ikut ujian lagi. Jadi, pastikan diri buat lulus ujian tersebut.

Bila gak lulus, kamu mesti ikut pendidikan lagi dan ikut ujian lagi dari awal. Seorang pramugari maupun pramugara mesti rela putus kontrak bila mereka gak bisa selesaikan ujian. Duh!

Gimana, panjang kan syarat jadi pramugari dan pramugara?

Meski cukup berat, kalau kamu emang memenuhi syarat dan punya kemauan yang kuat, bisa deh lulus bekerja di pesawat terbang. Kalau lulus, gaji pramugari dan pramugara yang menggiurkan itu bakal menanti kamu!

Selamat berjuang!

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan