Gaji Presiden Jokowi Lebih Kecil dari Gaji Bos 4 Bank Ini!

4 menit
gaji presiden jokowi

Udah tahu belum berapa gaji Presiden Jokowi perbulan? Yang jelas nih, gaji pak presiden gak ada apa-apanya ketimbang direksi empat bank besar di Indonesia lho.

Seriusan nih?

Ada rumus yang harus kamu gunakan buat menghitung berapa gaji Presiden Jokowi. Rumus itu berdasarkan Undang-undang yang berlaku.

Perhitungan gaji Presiden Jokowi

gaji presiden jokowi
Presiden Jokowi latihan tinju (Okezone)

Rumus penentuan gaji presiden Jokowi mengacu pada UU Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden.

Meski aturannya udah lama banget, tapi ini tetap relevan lho. Soalnya di Pasal 2 UU itu disebutkan bahwa gaji pokok Presiden RI itu enam kali gaji pokok tertinggi pejabat negara, selain Presiden dan Wapres. Nah ngomong-ngomong, gaji pokok mereka itu berapa ya?

Buat mengetahui gaji tertinggi pejabat negara non-presiden dan wapres, kamu harus melihat UU No. 75 Tahun 2000, lebih tepatnya di Pasal 1.

Di sana disebut kalau gaji tertinggi pejabat negara non-presiden dan wapres itu Rp 5.040.000 per bulan. Kalau gaji pak Jokowi adalah enam kalinya, so Rp 5.040.000 x 6 =  Rp 30.240.000.

Tapi jangan salah, itu baru gaji ya. Masih ada tunjangan lain yang diterima Jokowi.

[Baca: Ini Nih 8 Gaya Hemat Presiden Jokowi yang Bisa Kamu Tiru]

Soal ini, aturannya ada di Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 2001 Pasal 1. Di sana disebut kalau bahwa tunjangan Presiden RI berjumlah Rp 32.500.000. Jadi, take home pay pak Jokowi dalam sebulan adalah Rp  62.740.000.

Gede gak tuh Rp 62 juta? Ya gede dong, tapi kalau dibandingin sama direksi bank tentu masih kalah jauh.

Pada 2017, Detik memberitakan hal yang mengejutkan mengenai gaji direksi bank plat merah yang dikutip dari laporan keuangan mereka tahun 2016. Berikut ulasan lengkapnya.

[Baca: 8 Pekerjaan di Indonesia dengan Gaji Kecil dan Level Stres Tinggi]

1. Bank Mandiri

gaji presiden jokowi
Bank Mandiri (Liputan 6)

Bank Mandiri dikabarkan mengucurkan dana sebesar Rp 39,06 miliar buat gaji 12 orang anggota direksi setiap tahun. Jika dibagi 12, maka itu artinya satu orang anggota direksi gajinya Rp 3,25 miliar per tahun.

Jika Rp 3,25 miliar per tahun, maka per bulannya adalah Rp 271 jutaan, alias dua kali lipat ketimbang gaji presiden.

Dilaporkan pula bahwa total tunjangan buat 12 anggota direksi tersebut mencapai Rp 7,8 miliar. Ya kalau dibagi rata 12 orang, per orang bisa menikmati tunjangan sebesar Rp 650 jutaan per tahun atau Rp 54 jutaan per bulan.

So, bila Rp 271 juta + Rp 54 juta aja, otomatis gaji mereka ada di nominal Rp 325 jutaan per bulan. Luar biasa deh.

2. Bank Tabungan Negara (BTN)

gaji presiden jokowi
Booth Bank BTN (Liputan 6)

Kalau BTN, alokasi dana yang mereka kucurkan buat gaji 12 dewan direksi ada di nominal Rp 15,38 miliar per tahun. Itu berarti setiap orang menerima Rp 1,28 miliar per tahun, atau kurang lebih Rp 106 jutaan per bulan.

Sedangkan tunjangan rutinnya berjumlah Rp 11,75 miliar atau Rp 979 jutaan per orang. Dan kalau dihitung per bulan setiap dewan direksi menerima kurang lebih Rp 81,6 juta.

Jadi, take home pay para bos BTN diprekdisi ada di kisaran Rp 187 jutaan per bulan. Masih di bawah Bank Mandiri tapi jelas lebih gede dari gaji presiden.

3. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

gaji presiden jokowi
Bank BRI (liputan 6)

Bank BRI mengalokasikan Rp 29,8 miliar buat gaji 12 dewan direksi per tahun. Itu artinya, masing-masing anggota direksi gajinya adalah Rp 2,3 miliar per tahun, atau Rp 191,4 juta per bulan.

Lantas gimana dengan tunjangannya? Total dana buat tunjangan bos-bos tersebut adalah Rp 4,2 miliar atau Rp 350 juta per orang per tahun. Dan kalau dihitung secara bulanan, satu orang mendapat Rp 29,2 juta.

Dari perhitungan ini, take home pay bos BRI ada di kisaran Rp 220 jutaan. Wow, sekali gajian bisa beli mobil nih, gak heran ya makmur-makmur semua kalau kerja di bank.

[Baca: Punya Gaji UMR? Gini Caranya Ngatur Duit Biar Bisa Nabung dan Investasi]

4. Bank Negara Indonesia (BNI)

gaji presiden jokowi
Bank BNI (Liputan 6)

Cuma ada 10 dewan direksi di BNI, dan dana yang digelontorkan BNI buat menggaji mereka per tahun adalah Rp 23,16 miliar. Itu artinya, satu orang mendapat gaji Rp 2,3 miliar per tahun atau Rp 192,9 per bulan.

Uniknya, 10 dewan direksi itu dapat tunjangan rumah sebesar Rp 2 miliar atau Rp 200 juta per orang. Sementara itu, tunjangan transportasinya sebesar Rp 7,4 miliar atau Rp 742,1 juta per orang. Mantap jiwa deh bank yang satu ini.

Ini belum termasuk tantiem lho. Apa sih tantiem itu? Tantiem bisa dikatakan sebagai bonus atau laba yang dihadiahkan ke karyawannya. Dan belum termasuk tunjangan hari raya (THR) juga.

Perhitungan tantiem buat bos-bos besar ini juga berjumlah miliaran Rupiah. So, gak heran kalau rekening mereka gendut-gendut semua.

Tertarik jadi bos bank atau jadi presiden RI?

Setelah menyimak besarnya gaji direksi-direksi bank plat merah yang lebih besar ketimbang gaji presiden, kira-kira apakah kamu jadi kepingin berkarier di bank aja dan bercita-cita buat jadi salah satu dewan direksinya?

Sebagai seorang pegawai kantoran, sah-sah aja bagi kita buat bermimpi tentang masa depan. Punya passion jadi negarawan ya monggo, atau pengin jadi bos ya silahkan. Gak ada yang salah dengan pilihan itu.

Dalam memilih karier yang tepat, kamu tentu gak bisa cuma memilih karena gaji bulanan atau tunjangan yang besar. Buat dapat gaji yang besar, kamu juga harus jadi orang yang berdedikasi dan siap ngorbanin waktu pribadimu buat pekerjaan.

Asalkan kamu bekerja dengan lebih keras dan belajar, maka apapun bisa tercapai. Jadi salah satu calon orang terkaya di negara sendiri pun juga bukan angan-angan dan gaji kamu bakal lebih besar dari gaji Presiden Jokowi.

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.