Jauh di Bawah Jokowi, Segini Gaji Presiden Paling Rendah di Dunia

3 menit
Mantan Presiden Uruguay Jose Mujica. (Shutterstock)

Sebagai seorang Kepala Negara sekaligus Kepala Pemerintahan, kira-kira berapa yah gaji presiden?

Hampir di tiap negara, kursi presiden selalu jadi rebutan. Padahal tugas yang diemban merupakan pekerjaan yang berat. Sudah sewajarnya jika gaji presiden sebanding dengan beratnya tanggung jawab mereka.

Di Indonesia, gaji pokok dan uang kehormatan pimpinan lembaga tinggi negara mengikuti Peraturan Pemerintah No 75 tahun 2000. Dalam pasal 2 UU tersebut, gaji pokok Presiden sebesar enam kali dari gaji pokok tertinggi pejabat selain Presiden dan Wakil Presiden. Sementara gaji pokok tertinggi pejabat negara (Ketua, DPR, MA, BPK) adalah sebesar Rp 5.040.000 per bulan.

Maka, gaji pokok Presiden sebesar Rp 30.240.000 dengan tunjangan jabatan sebesar Rp 32.500.000. Dengan demikian, setiap bulannya total gaji yang diterima Jokowi sebesar Rp 62.740.030.

Cukup besar gak menurutmu?

Memang besar sih, tapi kalau dibanding gaji para direksi bank, angka tersebut jadi gak ada apa-apanya. Misalnya, penghasilan yang diterima direksi Bank Mandiri aja bisa  mencapai hingga Rp 325 jutaan per bulan.

Meski begitu, ternyata masih ada presiden yang dibayar dengan upah lebih sedikit dari gaji Jokowi. Dilansir dari Career Addict, berikut 5 pemimpin negara dengan gaji paling kecil di dunia.

5. Pranab Mukherjee – India

Pranabh Mukherjee. (Shutterstock)
Pranabh Mukherjee. (Shutterstock)

Sebelum menjadi presiden, Pranab Mukherjee memegang berbagai jabatan dalam kementerian kabinet Pemerintah India, seperti Menteri Keuangan, Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan, dan Ketua Deputi Komisi Perencanaan.

Ia juga pernah terpilih sebagai pemimpin senior Kongres Nasional India sebelum akhirnya mengundurkan diri untuk mengikuti pemilihan presiden.

Upah kepresidenan yang ia terima tidak lebih dari Rp 384 juta per tahun atau Rp 32 juta per bulan. Hampir setengahnya gaji Jokowi. Meski begitu, posisi Pranab Mukherjee telah digantikan oleh Ram Nath Kovind sejak 25 Juli 2017.

4. Xi Jinping – Republik Rakyat Cina

Xi Jinping. (Shutterstock)
Xi Jinping. (Shutterstock)

Dengan ditetapkannya penghapusan masa jabatan presiden Cina beberapa waktu lalu, Xi Jinping dapat memimpin Cina seumur hidup.

Meski begitu telah menjadi negara maju, ternyata gaji presiden di Cina masuk jajaran paling kecil di dunia. Sebagai presiden, Xi Jinping memperoleh upah sebesar Rp 302 juta per tahun atau sebesar Rp 25 juta per bulan.

3. Beji Caid Essebsi -Tunisia

Beji Caid Essebsi. (Facebook)

Beji Caid Essebsi menjabat setelah masa pemerintahan Moncef Marzouki. Saat masih menjabat, Marzouki hanya menerima 2/3 gajinya sehingga hanya mendapatkan US$12.000 dari total US$ 19.000 per tahun.

Menurut Marzouki, langkah tersebut dapat menjadi salah satu upaya untuk mengatasi buruknya keuangan negara. Kebijakan tersebut mau gak mau berpengaruh pada penghasilan presiden setelahnya.

Dengan demikian, presiden Tunisia berikutnya, Beji Caid Essebsi, hanya memperoleh US$16.000 per tahun atau sekitar Rp 18 juta per bulan.

4. Macky Sall – Senegal

Macky Sall. (Shutterstock)
Macky Sall. (Shutterstock)

Macky Sall merupakan presiden Senegal  keempat yang masih menjabat hingga sekarang. Sebelumnya, ia pernah menjadi Perdana Menteri dan Walikota Fatick selama dua periode.

Sebagai presiden, ia hanya menerima gaji sebesar US$ 15.600 per tahun atau setara Rp Rp 17,75 juta per bulan.

5. Jose Mujica – Uruguay

Jose Mujica. (Shutterstock)
Jose Mujica. (Shutterstock)

Inilah mantan pemimpin negara yang dijuluki sebagai “presiden termiskin di dunia”. Selama menjabat sebagai presiden pada tahun 2010-2015, ia juga jarang menggunakan fasilitas mewah yang telah menjadi haknya. Ia lebih memilih hidup sederhana di dalam rumah dengan satu kamar di sebuah peternakan.

Di sisi lain, Mujica berfokus pada kesejahteraan warganya. Ia bahkan gak segan-segan menyumbangkan 90 persen gajinya selama menjabat. Dari total US$ 150.000, ia hanya mengambil US$ 15.000 atau setara Rp 17 juta per bulan.

Ternyata, gaji presiden paling kecil di dunia bukan berarti berasal dari negara dengan pendapatan terendah, melainkan presiden yang rela sumbangkan penghasilan mereka demi kepentingan rakyatnya. Keren ya?

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.