10 Gaji Presiden Tertinggi di Dunia, Donald Trump Urutan Berapa Ya?

Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Shutterstock)
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Shutterstock)

Beberapa waktu lalu tersiar kabar soal gaji asisten Presiden Donald Trump, Madeleine Westerhout. Sebelumnya, ia bekerja sebagai asisten kepala staf Komite Nasional Republik, Katie Walsh. Meski usianya baru 26 tahun, tapi ia bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 1,8 miliar per tahun atau sekitar Rp 150 juta per bulan.

Angka tersebut tentu termasuk fantastis untuk pekerja seusianya. Sebab, rata-rata gaji karyawan berusia 25-34 tahun di AS sebesar Rp 579 juta per tahun atau sekitar Rp 48 juta per bulan. Madeleine Westerhout bahkan menerima kenaikan gaji sebesar 37 persen pada 2017.

Kalau asistennya aja punya gaji yang cukup tinggi, kira-kira berapa yah gaji presiden Donald Trump? Buat tahu jawabannya, coba kita lihat daftar gaji presiden tertinggi di dunia yang dilansir dari CNBC berikut ini. Kira-kira Donald Trump masuk urutan ke berapa yah?

10. Presiden Donald Trump – Amerika Serikat

 

View this post on Instagram

 

A post shared by President Donald J. Trump (@realdonaldtrump) on


Ternyata, dari 10 jajaran presiden dengan gaji tertinggi, Trump justru berada di urutan terakhir. Miliarder dengan total kekayaan $3,1 miliar atau setara dengan Rp 45,99 triliun ini mendapatkan gaji sebagai presiden sebesar $400 ribu per tahun atau sebesar Rp 494,5 juta per bulan. Tampak gak ada apa-apanya dibanding total kekayaannya yah?

9. Presiden Alexander Van der Bellen – Austria

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Alexander Van der Bellen (@vanderbellen) on


Setingkat lebih tinggi dari Trump, ada politikus sekaligus ekonom Austria Alexander Van der Bellen. Presiden yang pernah menjadi profesor di Universitas Wina ini mulai menjabat sejak 2017 hingga sekarang. Ia mendapat gaji sebesar $404,5 ribu per tahun atau sekitar Rp 499,8 juta per bulan.

8. Kanselir Walter Thurnherr – Swiss

 

View this post on Instagram

 

A post shared by S T E M U T Z (@stemutz) on


Sistem pemerintahan Swiss emang cukup unik. Jabatan kepala negara dipegang oleh tujuh orang Dewan Federasi Swiss (Swiss Federal Council). Setiap presiden memiliki masa jabatan satu tahun yang dipilih dari anggota Dewan Federasi tersebut.

Nah, kanselir Walter Thurnherr merupakan kepala staf Dewan Federal. Atas jabatannya tersebut ia berhak mendapatkan gaji sebesar $470 ribu  per tahun atau setara Rp 581 juta per bulan.

7. Presiden Alain Berset – Swiss

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Alain Berset (@alain.berset) on


Tentunya, gaji presiden Swiss melebihi gaji kanselir. Jabatan ini diduduki oleh Alain Berset sejak awal tahun ini. Politikus dari Social Democratic Party ini mendapatkan penghasilan sebesar $482.958 per tahun atau sebesar Rp 597 juta per bulan

6. Perdana Menteri Malcolm Turnbull – Australia

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Malcolm Turnbull (@turnbullmalcolm) on


Turnbull menggantikan Tony Abbott sebagai perdana menteri Australia ke-29. Lulusan kesenian dan hukum ini melanjutkan pendidikannya hingga meraih gelar Bachelor of Civil Law. Ia telah menjabat sebagai perdana menteri selama kurang lebih tiga tahun. Selama itulah ia mendapatkan penghasilan sebesar $527, 8 ribu per tahun atau sebesar Rp 652 juta per bulan.

5. Raja Willem Alexander – Belanda

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Willem Alexander (@willem_alexander_) on


Raja Willem-Alexander telah menjadi penerus tahta kerajaan sejak 2013. Sebagai raja ia berhak mendapatkan $1.094.391 per tahun atau setara Rp 1,3 miliar per bulan.

Willem Alexander merupakan Raja Belanda pertama setelah lebih dari 120 tahun dipimpin oleh ratu. Sebelumnya, tahta dipegang oleh sang ibu, Ratu Beatrix yang mengundurkan diri setelah 33 tahun menjabat.

4. Kaisar Akihito – Jepang

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Emperor Akihito of Japan (@emperorakihito) on


Kaisar Akihito dikenal sebagai pemimpin yang dicintai rakyatnya. Ia bahkan telah menjabat sejak tahun 1989 atau selama 29 tahun. Kabarnya, ia berencana turun tahta tahun depan.

Sebagai kaisar, Akihito mendapat gaji sebesar $ 3.086.890 per tahun atau sebesar Rp 3,8 miliar per bulan.

3. Ratu Margrethe II – Denmark

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Dronning Margrethe II (@h.m_dronningen) on


Ratu Margrethe II berkuasa sejak tahun 1972 hingga saat ini. Selain sebagai seorang ratu, ia juga dikenal sebagai pelukis andal dan jago mendesain pakaian. Penghasilan ratu Margrethe II diketahui sebesar $ 13.5 juta per tahun atau setara Rp 16,7 miliar per bulan.

2. Raja Philippe – Belgia

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Belgian Royal Palace (@belgianroyalpalace) on


Raja Philippe merupakan penguasa monarki termuda di Eropa setelah Raja Belanda Alexander dan Raja Spanyol Felipe VI. Penghasilannya sebesar $ 14, 4 juta per tahun atau sebesar Rp 17,8 miliar per bulan.

1. Ratu Elizabeth II – Kerajaan Inggris

 

View this post on Instagram

 

A post shared by The Royal Family (@theroyalfamily) on


Nah, inilah pemimpin negara dengan penghasilan tertinggi. Di usianya yang kini 92 tahun, Ratu Elizabeth II telah berkuasa selama lebih dari 66 tahun. Sebagai pemimpin negara dengan gaji tertinggi di dunia, ia mendapatkan sebesar $107 juta per tahun atau setara Rp 132 miliar. Wah, fantastis banget yah!

Lalu, bagaimana dengan presiden Indonesia? Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 75 tahun 2000, gaji Presiden sebesar enam kali dari gaji pokok tertinggi pejabat selain Presiden dan Wakil Presiden. Jika ditotal dengan tunjangan jabatan, gaji Pak Jokowi diperkirakan sebesar Rp 62 juta per bulan.  Yah, sebagai negara berkembang wajar banget kalau gaji Presiden Jokowi berada jauh di bawah mereka.

Buat kamu yang sekarang lagi berkarier dan beruntung punya gaji besar, yuk mulai sekarang berpikir bagaimana buat mengelola gajimu dengan bijak.  Karena, dengan begitu, kamu bisa merasakan kebebasan finansial di masa depan. Kamu bisa melakukan banyak hal di masa yang akan datang tanpa perlu memusingkan uang lagi.

Banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk memulai. Salah satu caranya adalah dengan menabung dan berinvestasi. Yuk simak tips-tips berinvestasi di artikel MoneySmart soal gimana cara alokasi gaji buat kamu yang berpendapatan dua digit. 

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong