Gaji Rp 2 Juta Bukan Alasan Buat Gak Nabung! Ikuti 4 Cara Sederhana Ini

3 menit
Meski gaji cuma Rp 2 juta, menabung wajib dilakukan (Ilustrasi by Pixabay).

Banyak cara menabung yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan kekayaanmu. Tapi gak sedikit orang yang bertanya, emang masih bisa menabung walaupun gajinya di bawah UMR?

Jawabannya tentu aja bisa. Teorinya itu adalah gaji berapapun yang masuk ke rekening, harus ada beberapa persen yang ditabung.

Memang sih, besaran gaji itu menentukan berapa besar porsi tabungan kamu. Tapi kalau gak diatur, besarnya gaji juga gak akan berpengaruh. Kuncinya itu cuma di pengaturan keuangan aja.

Pasalnya, menabung itu bukan hal yang gampang. Apalagi buat mereka yang gajinya pas-pas. Kalau dipikir-pikir, buat hidup sehari-hari aja kelimpungan apalagi buat nabung.

Hidup dengan gaji Rp 2 juta misalnya. Agar bisa menabung, tentu butuh banyak pengorbanan. Tapi bukan berarti kamu gak bisa menyisihkan sebagian gajimu untuk dana cadangan atau masa depan.

Tapi gak perlu khawatir, mungkin kamu membutuhkan cara yang lebih kreatif agar menabung jadi terasa menyenangkan. Karena itu, cobain yuk empat cara menabung yang menyenangkan ini agar pundi-pundi selalu terisi.

1. Uang receh

mengumpulkan uang receh bisa jadi cara untuk menabung (Pixabay).
mengumpulkan uang receh bisa jadi cara untuk menabung (Pixabay).

Gak sedikit orang yang kerap memandang remeh uang receh. Padahal uang koin itu juga sangat berguna lho.

Hal itulah yang membuat banyak orang menyepelekan uang receh, seperti ditinggal saat dapat kembalian dari kafe atau uangnya kamu kasih ke pengemis, ya mending ditabung dalam celengan.

Pasalnya, udah banyak sekali cerita di mana orang dapat membeli barang mewah dengan mengumpulkan uang receh lho.

Contek nih, kisah pasutri pedagang makanan kecil asal Ponorogo yang beli motor secara tunai pakai duit receh. Mereka gigih menabung selama enam tahun dengan total Rp 18 juta!

2. Menabung per hari

Menabung di celengan (Pixabay).

Setelah kamu terbiasa menabung uang receh, kamu bisa mencoba hal yang baru lagi yaitu dengan menyisihkan nominal tertentu per harinya.

Misalnya saja, sisihkan Rp 5.000 per hari. Dalam sebulan, kamu sudah bisa dapat Rp 150 ribu. Dalam setahun kamu bisa mendapat Rp 1,8 juta tuh!

3. Menabung emas

Menabung dengan emas (Pixabay).

Menabung juga gak melulu dalam bentuk uang. Kamu juga bisa lho menabung dalam bentuk emas. Ya, maksudnya bukannya kamu menabung emas ya.

Jadi, di PT Pegadaian itu ada produk yang bernama tabungan emas. Kamu tinggal buka rekening dan sudah bisa menabung emas. Gak pakai mahal, kamu bisa mulai menabung minimal 0,01 gram yang tentunya di bawah Rp 10 ribu.

Kalau nilai tabungan sudah mencapai setara 5 gram emas, kamu boleh mengambilnya dalam bentuk uang tunai atau fisik emas.

4. Arisan Bareng Teman

Arisan juga bisa menjadi salah satu cara menabung (Pixabay).

Cara menabung lainnya yang sangat menyenangkan dan bahkan bisa menjalin silaturahmi sama teman-teman adalah dengan arisan.

Lagian, siapa sih yang bilang kalau arisan itu hanya boleh dilakukan oleh ibu-ibu. Arisan itu bisa dilakukan siapa saja dan justru bermanfaat.

Misalnya saja, coba memulai arisan dengan teman-teman kantor. Tentukan iuran per bulannya, misalkan Rp 200 ribu. Kalau peserta arisan ada 10 orang, dana yang terkumpul sebulan sudah Rp 2 juta tuh. Kalau saat diundi namamu jadi pemenang, kan lumayan.

Nah, itu dia empat cara menabung yang sederhana dan tentu aja gak menyiksa meskipun gajimu kecil. Tapi, berapa pun gaji yang kamu dapatkan sekarang, gak ada kok alasan buat gak nabung. Karena gaji kecil itu bukan halangan, asal kamu pintar mengaturnya. (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.