Bukan CEO, Inilah 7 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Apa Aja?

4 menit
Seorang pria berhasil mendapatkan gaji tertinggi (Shutterstock).

Dari sekian banyak pejabat di suatu perusahaan ternyata yang mendapatkan pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia bukanlah seorang Chief Executive Officer, melainkan Chief Financial Officer. Padahal yang kita ketahui CEO merupakan jabatan yang tertinggi dalam sebuah struktur organisasi. Mau tau kenapa bisa begitu?

Untuk menjalankan sebuah korporasi tentu harus memiliki manajemen yang sangat baik. Mulai dari yang paling atas hingga yang paling bawah. Bidang yang diurus juga berbeda-beda, ada yang mengurus tentang keuangan, marketing, sumber daya manusia, humas, kreatif sampai operasional.

Dan biasanya yang punya gaji paling tinggi adalah yang punya tanggung jawab paling besar. Tapi di antara pemimpin-pemimpin di suatu perusahaan, jabatan apa sih yang punya bayaran termahal?

Langsung aja simak 7 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia berikut ini:

Baca juga: Hindari Risiko Tinggi, Ini 5 Cara Jitu Pilih Reksa Dana Terbaik

1. Chief Financial Officer – Rp 135 juta

Gaji tertinggi di Indonesia
Chief Financial Officer (Shutterstock).

Dikutip dari Michael Page, dalam berbagai macam industri yang berjalan di Indonesia, CFO mendapatkan gaji tertinggi di Indonesia hari ini. Fakta tersebut bukan tanpa alasan, jabatan yang satu ini mengemban tanggung jawab yang cukup strategis dalam bisnis perusahaan.

Beberapa tugas yang harus dijalani adalah merencanakan strategi dan manajemen serta membuat peta besar kelancaranan kuangan perusahaan. Upah yang bisa dibawa pulang setiap bulannya mencapai Rp 135 juta.

2. Chief of Business Development – Rp 115 juta

Gaji tertinggi di Indonesia
Chief of Business Development (Shutterstock).

Pekerjaan dengan gaji paling tinggi di Indonesia nomor 3 ini adalah CBD. Walaupun tanggung jawabnya berbeda-beda dalam setiap industri, namun secara garis besar beberapa hal yang dilakukan jabatan ini adalah membawa klien baru ke dalam bisnis yang dijalani dan bertanggung jawab atas pertumbuhan perusahaan.

Dengan segala hal yang dilakukannya, bayaran yang didapatkan oleh Chief of Business Development di Indonesia mencapai Rp 115 juta. Kurang lebih seharga mobil LCGC.

3. Senior Cost Accountant – Rp 115 juta

Gaji tertinggi di Indonesia
Senior Cost Accountant (Instagram).

Disamping pertumbuhan bisnis, salah satu aspek yang vital berkontribusi di sebuah perusahaan adalah menjalankan fungsi bujeting atau pengalokasian keuangan. Orang yang bertanggung jawab akan hal itu gak lain ialah Senior Cost Accountant.

Di Indonesia jabatan ini mendapatkan uang sekitar Rp 115 juta yang menjadikannya gaji tertinggi di Indonesia nomor 3. Ada yang kuliahnya jadi akuntan?

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kata Sepele Ini Bisa Menghambat Karier Kamu Lho!

4. Head of Treasury – Rp 110 juta

Gaji tertinggi di Indonesia
Head of Treasury (Shutterstock).

Menjadi koordinator dengan pihak akunting, perpajakan dan auditor menjadikan kepala keuangan memiliki posisi yang krusial dalam suatu perusahaan. Mengelola keuangan dalam jangka panjang juga merupakan hal yang dikerjakan oleh jabatan yang satu ini.

Kalau soal upah gak usah diragukan lagi, kepala keuangan umumnya memiliki gaji sekitar Rp 110 juta setiap bulannya. Hampir sama dengan Chief of Business Development dan Senior Cost Accountant.

5. Head of Finance – Rp 110 juta

Gaji tertinggi di Indonesia, Head of Finance
Head of Finance (Shutterstock).

Seperti namanya, pekerjaan yang satu ini memiliki hubungan langsung dengan masalah finansial kantor. Salah satunya mengatur arus dana yang datang untuk keperluan investasi. 

Pekerjaan yang satu ini memiliki rata-rata gaji tertinggi di Indonesia nomor 5 dengan upah Rp 110 juta. Sama dengan Head of Treasury.

6. Chief Administration Officer – Rp 110 Juta

Chief Administration Officer, Gaji Tertinggi di Indonesia
Chief Administration Officer (Shutterstock).

Jabatan ini bertanggung jawab atas segala hal yang berhubungan operasional kantor sehari-harinya. Lebih jauhnya mereka juga membuat kebijakan terkait bidang administratif kantor.

Sebagai salah satu pemegang jabatan Chief, CAO masuk dalam pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia nomor 6 dengan uang yang dibawa pulang mencapai Rp 110 juta.

7. Business Director – Rp 110 juta

Business Director, Gaji Tertinggi di Indonesia
Business Director (Shutterstock).

Masuk di peringkat terakhir ada Business Director, beberapa hal yang dilakukan jabatan ini adalah menjalankan tugas supervisi di beberapa bidang tertentu dalam perusahaan. Mereka juga memiliki tanggung jawab untuk melaporkan langsung laporan kerja kepada CEO.

Rata-rata gaji yang didapatkan olehnya mencapai Rp 110 juta. Dari peringkat 4 sampai 7 sama semua ya.

Nah itu dia 7 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia saat ini. Namun yang perlu dipahami ialah setiap perusahaan memiliki standarnya masing-masing dalam masalah pemberian upah pegawainya. Jadi deretan di atas gak selalu berlaku di setiap kantor. Kamu tertarik yang mana, nih? (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1