Gak Bisa Sembarangan! Ini Trik Investasi Emas Biar Untung Banyak dan Gak Rugi

4 menit
Investasi Emas (Shutterstock).

Investasi emas menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih orang, sejak dulu hingga sekarang. Pasalnya, harga emas itu terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Selain itu, logam mulia juga gak tergerus oleh inflasi. Jadi, pergerakan harganya terbilang stabil.

Meskipun kenaikannya lambat, tapi investasi emas sangat minim dari risiko. Tentu berbeda dengan investasi saham yang bisa kasih untung gede tapi besar juga risikonya. Itulah mengapa, investasi emas memang sangat cocok buat kamu yang ingin investasi tapi tidak berani menanggung risiko.

Gak ada salahnya kok. Yang penting udah mau menyisihkan uang dan terjun berinvestasi. Lagipula, investasi emas itu juga sangat menguntungkan kok. Intinya cuma satu, intinya sabar menunggu.

Gak percaya? Yuk, kita hitung-hitung ya:

Kamu beli emas batangan di tahun 2010 seberat 20 gram seharga Rp 6 juta dengan harga emas saat itu sekitar Rp 300 ribu per gram. Sedangkan harga beli emas di tanggal 31 Januari 2019 berada di angka Rp 605 ribu seperti yang dikutip langsung dari situs resmi Pegadaian.

Kalau dijual, berarti kamu bisa mengantongi uang sekitar Rp 605 ribu x 20 gram yaitu Rp 12,1 juta. Keuntungan yang kamu dapatkan lebih dari 100 persen. Lumayan banget bukan?

Apalagi kalau kamu mengikuti program konsinyasi emas, yaitu layanan penitipan dan penjualan emas batangan di Pegadaian. Ditambah lagi, Pegadaian juga memiliki penawaran menarik yaitu bisa investasi emas mulai dari 0,01 gram lewat tabungan emas. Jadi, kalau harga emas Rp 600 ribu, berarti dengan modal Rp 6.000 kamu udah bisa berinvestasi. Enak banget kan?

Itulah mengapa banyak orang, mulai dari kaum milenial hingga para orangtua yang lebih memilih untuk menggelontorkan uangnya untuk terjun berinvestasi di logam mulia.

Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi yang kian canggih. Bukan hanya bisa beli makanan dan baju lewat internet. Kamu juga bisa investasi emas secara online lho. Jadi, cocok banget kan buat kamu yang gak punya waktu untuk datang ke lembaga penyedia emas batangan.

Meski menawarkan kemudahan berinvestasi, kamu tetap harus waspada dan memiliki trik biar gak merugi dan dapat untung banyak.

Lalu, trik apa yang harus dilakukan sebelum terjun investasi emas online? Langsung aja yuk simak di bawah ini:

Baca juga: Belajar Kesuksesan Berbisnis dari Sosok Rika Hardjosuwarno, Pemilik Kembang Kencur

1. Kredibilitas penjual

Kredibilitas penjual emas (Shutterstock).

Saat kamu memutuskan untuk investasi emas via online berarti kamu tidak langsung memegang fisik emas. Karena itu, pentingnya kamu harus ekstra hati-hati dalam memilih penjual emas yang memiliki kredibilitas yang baik tentunya.

Nah, umumnya emas fisik baru bisa kamu pegang jika sudah memenuhi jumlah tertentu dan kamu juga sudah membayar biaya cetak. Karena itu, pastikan kamu mencetaknya di setiap periode tertentu.

Pasalnya, ada kemungkinan si penjual bangkrut atau tiba-tiba menghilang. Kalau kondisinya seperti itu, kerugian pun gak bisa dihindari. Gak ada salahnya untuk memikirkan skenario kemungkinan terburuk kan?

2. Legalitas dan keamanan investor

Investasi jangka menengah
Investasi jangka menengah

Langkah selanjutnya adalah dengan memerhatikan legalitas dan keamanan mu sebagai investor. Mengapa? Karena namanya juga online, gak menutup kemungkinan bisa diretas oleh pembobol.

Karena itu, pentingnya kamu memilih platform emas yang memiliki keamanan tinggi. Seperti sistem verifikasi yang berlapis agar susah ditembus peretas.

Misalnya aja ada notifikasi lewat SMS dan email yang dilengkapi dengan kode aktivasi atau memasukkan PIN agar semakin terjamin. Hal itu tentu saja perlu diperhatikan untuk mencegah kerugian yang fatal.

Dengan begitu, kamu juga jadi merasa aman dan nyaman menggelontorkan uang untuk membeli emas batangan dan lancar berinvestasi.

Baca juga: 6 Bedak Tabur Murah yang Cocok Untuk Kantong Mahasiswa, Bikin Kamu Makin Cantik

3. Harga dan biaya

Investasi emas memang kini menjadi pilihan banyak orang yang baru ingin terjun berinvestasi (Shutterstock).

Sebelum terjun investasi emas, kamu juga perlu memahami harga emas dan cara kerjanya. Pasalnya, platform emas online itu menawarkan harga yang berbeda-beda. Ada yang mengikuti harga pasar dunia, ada juga yang mematok harga untuk jangka waktu selama satu tahun.

Jadi, sebelum membeli emas, ada baiknya kamu mengecek harganya di beberapa platform untuk mendapat perbandingan.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan biaya-biaya lainnya seperti seperti biaya cetak emas, biaya administrasi bulanan, biaya titip emas, dan lain sebagainya. Semakin ekonomis, bisa semakin menguntungkan.

4. Pantau harga emas

Pantau harga emas (Shutterstock).

Rutin memantau harga emas menjadi salah satu hal yang harus kamu lakukan jika ingin mendapatkan untung besar.

Jangan terburu-buru, kamu juga perlu menganalisis pergerakan harga emas. Kamu bisa memerhatikan, di waktu kapan harga emas akan turun dan juga sebaliknya.

Lagipula, emas itu kan investasi jangka menengah yang keuntungannya baru bisa dirasakan di jangka waktu tiga tahun ke atas. Jadi, kamu memiliki cukup waktu untuk membaca pergerakan harga emas. Karena itu, disarankan agar kamu terus memantau harga emas setiap saat.

Dengan begitu, kamu bisa memutuskan kapan harus membeli emas untuk tambahan investasi atau menjualnya. Nah, waktu yang tepat itu adalah membeli saat harga emas rendah dan jual saat harga sedang tinggi.

Baca juga: Punya Mata Panda? Ini Rekomendasi Eye Cream Murah Terbaik yang Bisa Dipilih

5. Kemudahan mencetak fisik emas

Ibu rumah tangga bisa mencoba investasi emas pegadaian. (Shutterstock)
Ibu rumah tangga bisa mencoba investasi emas pegadaian. (Shutterstock)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk menghindari kerugian investasi emas online adalah dengan mencetaknya di setiap periode tertentu.

Karena itu, pentingnya kamu memerhatikan bagaimana kemudahan mencetak fisik emas. Kalau dikira terlalu bertele-tele serta biaya cetaknya mahal, sebaiknya pilih platform lain.

Dengan mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan serta biaya yang harus dikeluarkan, kamu jadi bisa mempersiapkan dana dari jauh-jauh hari. Untuk waktu cetak umumnya hanya memakan waktu selama tiga hari, satu minggu tapi ada juga yang hingga berbulan-bulan.

Itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk terjun investasi emas via online. Jadi, udah gak perlu ragu lagi dong untuk berinvestasi dari sekarang? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan