Gak Ingin Bokek Saat Pergi Liburan Sekolah, Ikuti Cara Jitu Ini

4 menit
Liburan sekolah anak (Shutterstock).

Libur tlah tiba, libur tlah tiba, hore… hore… hore…

Penggalan lirik lagu diatas mungkin tepat menggambarkan suasana liburan sekolah yang telah dimulai sejak awal pekan kemarin. Apakah kamu sudah menentukan, atau bahkan sudah pergi berlibur dengan keluargamu?

Bicara tentang liburan, selalu identik dengan uang, pengeluaran, atau bujet. Bahkan, sekalipun kamu sudah merencanakan liburan sejak jauh-jauh hari, tanpa adanya uang pasti gak bakalan berjalan sesuai harapan.

Padahal, liburan memiliki banyak manfaat loh. Terlebih untuk merelaksasi pikiran dari kepenatan aktivitas selama beberapa bulan terakhir ini. Liburan juga bisa mendekatkan keakraban kamu dengan anak maupun suami. Liburan juga dipercaya bisa menjadi detox yang akurat untuk mengembalikan semangat menatap tahun yang baru.

Nah, gak mau kan niat liburan yang sudah direncanakan dari jauh-jauh hari berantakan hanya karena kesalahan dalam menata keuangan? Gak pengin juga kan, karena keterbatasan biaya menjadi faktor gagalnya liburanmu tahun ini.

MoneySmart telah merangkum beberapa tips rencana liburan sekolah tanpa harus menguras kantong dalam-dalam, seperti apa sih? simak yuk.

Baca juga: Terbentur Biaya Kuliah, 5 Cara Ini Bisa Membantu Kamu Tetap Sekolah Setinggi Mungkin

1. Memilih waktu yang tepat

Memilih waktu yang tepat (Shutterstock).

Liburan selalu memakan biaya yang gak sedikit. Apalagi kalau kamu bepergian bersama keluarga yang terdiri dari suami, istri dan dua anak. Tentu biaya yang diperlukan bukan ratusan ribu rupiah lagi.

Terlebih ketika kamu berlibur di saat high season seperti saat ini. Pasti harga-harga telah naik dua kali lipat. Kalau kamu gak pengin kejadian seperti ini, bisa kok diatasi dengan memilih waktu yang tepat.

Untuk menghemat biaya, kamu bisa memilih bepergian di akhir liburan sekolah. Meski suasananya sedikit berkurang, tetapi yang namanya liburan, semua pasti tetap senang kok.

Yang terpenting kan dengan siapa kalian berlibur, apa tujuannya. Liburan bersama keluarga meski dengan menekan bujet tetap terasa menyenangkan, percaya deh!

2. Pastikan jumlah orang yang ikut

Pastikan jumlah orang yang ikut (Shutterstock).

Berapa banyak orang yang ikut berlibur menentukan biaya yang bakal kamu keluarkan. Semakin banyak orang, ya biaya akan lebih membengkak. Karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Dengan mengetahui jumlah keluarga yang ikut, tentunya akan membantumu menetapkan besaran biaya yang akan dikeluarkan saat berlibur nanti. Bujet yang telah dipersiapkan sebelumnya akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan saat liburan nanti.

Baca juga: Tak Ingin Sengsara di Hari Tua, Ini 4 Asuransi yang Wajib Dimiliki dari Sekarang

3. Gunakan transportasi yang sesuai

Transportasi publik (Shutterstock).

Untuk menekan biaya, ada baiknya sebelum menuju lokasi liburan kamu mencari tahu dulu jenis transportasi yang bakal digunakan selama disana. Kalau bisa yang lebih ekonomis dan mudah dijangkau.

Karena, gak semua lokasi wisata bisa dijangkau kendaraan pribadi loh. Bisa juga kamu memerlukan biaya tambahan untuk transportasi selama berada disana.

Kalau transportasi disana lebih murah menggunakan angkutan umum, tinggalkan kendaraan pribadimu di rumah. Meski bepergian dengan transportasi umum menyulitkanmu, tetapi demi menekan bujet ya kenapa enggak?.

Lagipula gak ada salahnya kok menggunakan transportasi umum, itu justru akan menambah cerita liburan keluargamu tahun ini.

4. Cari penginapan murah

Penginapan murah (Shutterstock).

Kalau ada biaya lebih untuk menyewa kamar di hotel mewah ya silahkan. Tetapi kalau enggak, jangan maksa deh. Apalagi dengan harga yang begitu mahal, kamu bisa bokek berat setelahnya. Saat high season seperti liburan sekolah tarif hotel per malam pasti bisa jutaan rupiah.

Nah, kenapa enggak kamu coba pilih penginapan murah. Penginapan murah sekarang ini banyak kok yang bagus dan bersih serta aman. Meski bakalan kesulitan mendapatkannya karena high season, gak ada salahnya mencoba kan?

Banyak juga aplikasi yang dapat membantumu mendapatkan guest house atau yang lainnya. Kalau gak mau kehabisan, bisa juga kamu pesan dari jauh-jauh hari.

Baca juga: Kerja Keras Tapi Gak Cerdas, Ini Rentetan Alasan Kamu Susah Naik Jabatan

5. Bawa bekal makanan

Bawa bekal ke kantor atau kampus. (Shutterstock)
Bawa bekal ke kantor atau kampus. (Shutterstock)

Saat liburan sekolah tiba, bukan hanya tarif tiket masuk objek wisata saja yang naik dua kali lipat, melainkan juga harga makanan. Ada baiknya untuk menekan bujet kamu bisa memasaknya sendiri dari rumah dan membawanya saat berlibur. Daripada menambah pengeluaran kan?

Lagipula, membawa bekal tentunya mendatangkan banyak keuntungan. Selain menghemat biaya, makanan yang kamu bawa ya jauh lebih sehat dan higienis. Apalagi jika di dalam penginapan kamu ada dapur pribadi, wah tinggal membawa bahan makanan saja dan memasaknya disana.

6. Kurangi beli oleh-oleh

Beli oleh-oleh (Shutterstock).

Sebetulnya, membeli oleh-oleh gak dilarang, asalkan kamu membelinya dalam batas wajar ya. Jangan berpikir ‘ah mumpung disini’ atau ‘kapan lagi bisa kesini’ terus deh. Karena dengan berpikiran seperti itu secara gak langsung seperti memunculkan niat untuk belanja berlebihan.

Gak mau kan, selama lima hari berlibur kamu berhasil menekan bujet, ketika di toko oleh-oleh seolah semua pengorbananmu di awal sirna. Kalau perlu, beri anggaran khusus untuk oleh-oleh.

Gak semuanya bisa kamu beli dan dibagi-bagikan sesuka hati ya. Cukup membeli oleh-oleh yang murah meriah dan banyak, bisa deh kamu bagikan ke sanak keluarga bahkan tetangga.

Setelah membaca enam tips diatas, kamu semakin sadar kan bahwa untuk menciptakan liburan yang murah gak susah. Asalkan memang ada niat untuk menekan biaya selama berlibur nanti.

Dengan pelbagai persiapan kamu dan keluarga bisa kok mewujudkan rencana liburan sekolah yang menyenangkan serta berkesan, meski gak perlu keluar banyak uang. Semoga bermanfaat, selamat liburan! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be