Gak Nyangka, 4 Miliuner Ini Dulu Sempat Jadi Pecandu Narkoba

pecandu narkoba

Semua orang di dunia ini bisa jadi orang kaya, termasuk orang yang dulunya adalah pecandu narkoba. Tapi itu semua gak bakal lepas dari perjuangan mereka untuk berhenti mengonsumsi obat-obatan terlarang itu.

Perjuangan itu tentunya gak semudah membalikkan telapak tangan. Pasalnya, mereka tentu menderita gangguan kesehatan yang cukup serius akibat narkoba.

Proses rehabilitasi yang mereka jalani juga gak sesederhana layaknya orang yang diopname karena sakit tifus atau demam berdarah. Dan walaupun sudah pulih, mereka kerap mengalami disfungsi otak juga lho.

Meski demikan, empat selebriti ini membuktikan ke dunia bahwa menjadi pecandu narkoba bukan akhir dari segalanya. Mereka bisa berubah, dan setelah itu kariernya pun menjadi makin sukses. Walaupun belum jadi orang terkaya di dunia, tapi hartanya sudah miliaran rupiah lah.

[Baca: Mengenal Jeff Bezos, Orang Terkaya di Dunia yang Menggeser Bill Gates]

Penasaran dengan empat sosok yang dimaksud? Berikut ulasannya.

1. Robert Downey Jr.

pecandu narkoba
Robert Downey Jr. (Liputan 6)

Penggemar Marvel pasti tahu dong siapa dia. Robert Downey Jr, pemeran Tony Stark alias Ironman di-drop out oleh SMA Santa Monica. Alih-alih melanjutkan pendidikan biar dapat ijazah SMA, Downey justru pulang ke New York untuk mengadu nasib di dunia akting.

[Baca: Gak Nyangka, 6 Orang Kaya dan Sukses Ini Ternyata Cuma Tamatan SMP]

Saat masih berusia enam tahun, Downey sudah mengenal narkoba. Dia pun sempat keluar masuk penjara karena sejumlah tindak kriminal yang dia lakukan, hingga akhirnya sang istri pun meniggalkannya.

Di masa-masa sulit, Downey pernah hidup dengan penghasilan 8 sen sehari! Tapi, kehidupannya mulai berubah ketika dia bertemu dengan seorang perempuan yang dia cintai. Perempuan itu pun gak mau menikahi Downey kecuali Downey berhenti mengonsumsi obat-obatan terlarang.

Usai berhenti mengonsumsi narkoba, hidup Downey pun berubah. Dan saat ini dia masuk ke dalam jajaran artis termahal dunia. Kekayaannya pun kini mencapai US$ 180 juta.

2. Samuel L Jackson

pecandu narkoba
Samuel L. Jackson (Kompas)

Aktor termahal versi Forbes ini kekayaannya mencapai US$ 200 juta. Kamu tentu sering menyaksikan aktingnya di banyak film favoritmu. Sebut saja, Star Wars, Avenger, XxX, dan lainnya.

Saat berusia 41 tahun, aktor kawakan berkulit hitam ini sudah kecanduan ganja dan kokain. Dia pun gak menutupi hal ini dari keluarganya, dan suatu saat dia pernah kedapatan pingsan di lantai dengan kokain yang tercecer di meja. Setelah itu, Jackson pun menjalani rehabilitasi.

Berhentinya Jackson dalam mengonsumsi obat-obatan terlarang gak lepas dari saran istrinya. Sang istri mencoba meyakinkan Jackson bahwa kemampuan aktingnya pasti jadi lebih baik jika dia berhenti mabuk dan jadi pecandu narkoba.

Lambat laun, Jackson pun pulih dari kecanduan itu. Dalam pernyataannya di media, dia malah mengatakan dia punya kecanduan baru, yakni kerja dan main golf.  

3. Oprah Winfrey

pecandu narkoba
Oprah Winfrey (Viva)

Masa lalu presenter dan aktris kulit hitam ternama ini juga sangat memilukan. Oprah lahir dari keluarga dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah. Sejak berusia sembilan tahun, dia sudah menjadi korban pelecehan seksual dari saudaranya sendiri.

Meski hidup keras, Oprah adalah seorang yang cerdas. Oprah memang memiliki passion yang cukup tinggi di media. Dia pun berhasil menjadi pembaca berita berkulit hitam pertama dengan usis di bawah 20 tahun di Amerika Serikat.

Saat masih berusia 20 tahun, Oprah sudah kecanduan kokain. Dia pun blak-blakan mengakui hal itu dalam reality show miliknya sendiri, yaitu The Oprah Winfrey Show pada tahun 1995.

Oprah mengatakan secara jujur bagaimana dia mengenal kokain dari seorang pria yang dia cintai. Dan Oprah mengutarakan bagaimana penyesalannya karena mengonsumsi obat-obatan terlarang itu.

Saat ini, Oprah hidup dengan kekayaan sebesar US$ 2,8 miliar. Dia memiliki jet pribadi seharga US$ 42 juta, rumah mewah seharga US$ 52 juta, dan lainnya. Saking inspiratifnya, bahkan sampai ada nama jalan yang dikasih nama Oprah Winfrey di Amerika. Hebat yah.

4. Aaron Sorkin

pecandu narkoba
Aaron Sorkin (VOA Indonesia)

Sutradara sekaligus produser terkenal ini punya karya yang cukup fenomenal. Film karya Sorkin berhasil menyabet Academy Awards, British Academy Films Awards, Golden Globe Awards, dan lainnya.

Namun jangan salah, pria yang memiliki total kekayaan kurang lebih US$ 85 juta ini sempat menjadi pecandu narkoba. Sorkin pernah ditangkap oleh pihak berwajib pada 2001 silam saat kedapatan mengonsumsi ganja dan kokain. Penangkapan ini ternyata merupakan penangkapan kelima yang dialami olehnya.

Sorkin pun mengakui bahwa dirinya memang mengonsumsi obat-obatan tersebut. Penulis skrip film “A Few Good Men” itu mengatakan dirinya bisa menulis dengan baik ketika mengonsumsi kokain.

Meski demikian, Sorkin tetap menyadari perbuatannya yang salah. Dia akhirnya berjuang untuk melawan ketergantungannya terhadap narkoba.

Menurut Sorkin, salah satu orang yang berjasa dalam membantunya melawan ketergantungan kokain adalah mendiang Carrie Fisher. Pemeran Princess Leia itulah yang meyakinkan Sorkin akan kemampuannya dalam menulis skrip walau tanpa bantuan narkoba.

Tanpa disadari, Sorkin berhasil pulih dari kecanduannya terhadap obat-obatan terlarang. Gak kerasa sudah 18 tahun dia gak mengonsumsi narkoba.

Itulah kisah empat sosok yang dulunya pecandu narkoba, tapi kini sudah jadi miliuner. Mereka membuktikan ke kita semua, tanpa narkoba pun mereka bisa jadi lebih baik.

Heran malah kalau kita melihat fenomena artis Indonesia yang sering ditangkap karena narkoba. Udah gitu, artisnya dia-dia lagi. Aduh, daripada buat narkoba, mending duitnya ditabung dan dipakai buat investasi deh.

[Baca: 5 Artis Indonesia yang Kariernya Hancur dan Bangkrut karena Narkoba]

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560