Gak Punya Kartu Kredit, Ini Beragam Keuntungan yang Kamu Lewatkan

3 menit
kartu kredit

Banyak orang yang berpegang teguh dengan pendiriannya untuk tidak pernah memiliki kartu kredit. Alasan mereka sederhana. Mereka gak pengin punya utang cicilan atas penggunaan kartu kredit.

Memang sih kalau gak bisa mengontrolnya, penggunaan kartu kredit ini menimbulkan utang seseorang numpuk. Sebaliknya, kalau bijak menggunakannya, kamu bakal banyak memeroleh keuntungan.

Memangnya apa saja sih keuntungna memiliki kartu kredit. Tanpa basa-basi, yuk langsung simak aja.

1. Praktis

kartu kredit
Praktis digunakan kapan saja, asal jangan kebablasan aja (Kompas)

Alasan seseorang memiliki kartu kredit adalah karena praktis bisa dibawa ke mana-mana. Ketika belanja, kamu gak perlu bawa uang tunai dengan jumlah besar di dompet. Kamu cukup menenteng satu lembar kartu plastik tersebut dan bertransaksi sesuai yang kamu perlukan.

Bayangin dong kalau kamu belanja ke mana-mana menggunakan uang tunai. Berapa lembar uang tunai kalau kamu beli sebuah motor atau mobil misalnya.

Tapi dengan selembar kartu kredit, kamu hanya cukup menggesekanya tanpa perlu ribet. Mudah bukan?

[Baca: Lebih Hemat Mana, Transaksi Tunai atau Non-Tunai?]

2. Kartu kredit punya banyak promo

Pihak penerbit kartu kredit sering banget ngasih promo menarik buat penggunanya. Ini jadi salah satu trik penerbit agar banyak orang pakai kartu tersebut.

Promo yang biasa diberikan pihak penerbit misalnya promo makan di restoran, promo liburan hingga promo menginap di hotel. Promo-promo yang kayak gini nih yang bisa bikin hemat uang.

Nah, promo-promo ini tentunya diberikan khusus buat para pengguna kartu kredit ya bukan kartu debit. Jadi yang gak punya kartu tersebut yang jangan harap dapat promo dong.

[Baca: Sebelum Ngajuin ke Bank, Ini Promo Kartu Kredit yang Wajib Kamu Ketahui]

3. Lebih aman dari uang tunai

kartu kredit
Walaupun bisa gantikan pembayaran tunai, tapi kartu kredit itu bukan kartu debit loh (Liputan6)

Sudah jelas kalau kartu kredit lebih aman dibanding uang tunai. Gimana gak, bayangin aja kalau tiba-tiba uang yang kamu bawa dirampok penjahat. Mending kalau si rampok bisa ditangkap polisi dan uangnya balik lagi. Kalau gak, ya wasalam.

Tapi dengan kartu ini, kalaupun kamu kena rampok, kamu masih punya kesempatan buat blokir dengan melaporkan ke pihak penerbit biar gak bisa digunain orang lain.

[Baca: Jangan Cuma Asal Gesek, Kamu Harus Melek Soal Keamanan Kartu Kredit]

4. Ngebantu dalam keadaan darurat

Dengan kartu yang satu ini, kamu bisa melakukan pembayaran meski dalam kondisi darurat saat uang tunai kamu sudah gak nyisa sedikitpun. Tapi pastikan juga ya kalau limitnya masih mencukupi.

5. Mempermudah saat transaksi online

Belanja online sekarang udah jadi gaya hidup banyak orang di dunia tak terkecuali di Indonesia. Beruntung deh buat kamu yang punya kartu kredit karena bisa ngemudahin banget buat alat pembayaran.

[Baca: Di Era Digital, Punya Kartu Kredit Bisa Makin Untung. Ini Buktinya]

Saat ini hampir di semua market place atau online shop menyediakan transaksi menggunakan kartu ini selain transfer tunai. Tapi pastikan dulu apakah online shop tempat belanja kamu punya reputasi baik atau gak. Jangan sampai kamu tertipu online shop bodong ya.

6. Bisa digunakan di seluruh dunia

kartu kredit
Mau belanja di e-commerce luar negeri? Ya bayarnya cuma bisa pakai kartu kredit (Kompas)

Seperti dikatakan di atas, penggunaan kartu kredit buat pembayaran kadang lebih baik dibanding menggunakan uang tunai. Ini bisa dibuktikan ketika kamu bepergian ke luar negeri.

Coba aja kamu belanja di luar negeri menggunakan rupiah, pasti ribet kan karena harus menukar uang terlebih dahulu dengan mata uang negara sana. Tapi kalau menggunakan kartu kredit, kamu akan mudah. Karena sebagian besar kartu kredit bisa diterima di seluruh dunia.

Jadi buat kamu yang suka menjelajah dunia, kartu kredit bisa jadi pegangan banget buat kamu untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran. Tapu bukan berarti kamu harus seenaknya aja ya pakai kartu sakti ini.

[Baca: Ini Nih Daftar Kartu Kredit yang Paling Menguntungkan Buat Transaksi di Luar Negeri]

Gunakanlah kartu kredit sesuai kebutuhan. Jangan sampai kamu menggunakan plastik ajaib ini sesuka hati dan meninggalkan utang yang menumpuk. Gak mau kan bangkrut gara-gara kartu plastik ini?

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.