Punya 6 Kamera, Galaxy Fold Sudah Bisa Dipesan Seharga Rp 27 Jutaan

3 menit
Galaxy fold dengan kisaran harga Rp 27 jutaan sudah rilis (Instagram/@cdnleon)

Galaxy Fold dirilis Samsung setelah sebelumnya meluncurkan Galaxy S10. Ponsel pintar ini merupakan terobosan ponsel layar pintar pertama milik samsung.

Kalau ponsel pintar doang sih sudah ada dari dulu, tapi yang satu ini berbeda karena layarnya bisa dilipat.

Ponsel lipat Galaxy ini diperkenalkan dalam acara Samsung Galaxy Unpacked Event berbarengan dengan peluncuran Galaxy S10, Februari 2019 lalu.

Saat diperkenalkan, ponsel pintar ini langsung menarik perhatian orang-orang. Banyak yang penasaran dengan performa ponsel unik satu ini.

Galaxy Fold ini seolah mendobrak pasar ponsel pintar yang tengah berlomba-lomba  mengembangkan ponsel full layar.

Ketika banyak brand-brand ternama telah meluncurkan produk ponsel tanpa bezel, Samsung justru berinovasi dengan layar lipat yang katanya harganya mahal banget.

Seperti apa sih spesifikasi dan kecanggihannya?

Layar bisa dibuka sampai 180 derajat

Galaxy fold
Layar galaxy fold bisa dibuka 180 derajat (Instagram/@yankodesign)

Sesuai namanya, Galaxy Fold adalah ponsel pintar keluaran Samsung yang layarnya bisa dilipat.

Kalau kalian ingat, kehadiran ponsel lipat mungkin bukanlah hal baru lagi. Brand ponsel asal FInlandia, Nokia sudah pernah memproduksi inovasi serupa sejak tahun 1996 yang diberi nama Nokia Communicator.

Ponsel ini termasuk yang paling mahal pada masanya dan identik digunakan oleh kalangan pebisnis atau pengusaha-pengusaha. Kelebihannya adalah mereka memiliki keyboard QWERTY dan layar yang terpisah dan bisa dilipat.

Jadi sudah jelas perbedaannya adalah kalau Galaxy Fold ini justru layarnya yang bisa dilipat-lipat.

Gak tanggung-tanggung, lipatan tersebut bisa dibuka mencapai 180 derajat. Ketika layar dilebarkan bentuk ponsel ini justru lebih mirip dengan tablet dengan luas layar 7,3 inchi. Sementara kalau dilipat, ukurannya hanya 4,6 inchi dengan resolusi HD Super Amoled.

Teknologi melipat dan melebarkan layar ini memungkinkan kamu mengoperasikan tiga aplikasi dalam satu layar secara bersamaan. Buat main game juga makin asyik deh!

Baca juga: Bukan Cuma Huawei Mate 20, Ini Daftar HP Termahal di Indonesia

Disematkan 6 kamera dan baterai berkapasitas besar

Galaxy fold
Galaxy fold disematkan 6 kamera dan baterai berkapasitas besar (Instagram/@cnet)

Soal kamera, Samsung Galaxy Fold disematkan enam kamera. Kamera utamanya ada tiga di bagian belakang dengan sensor utama 12 MP, sementara lensa telefoto 12 MP dan lensa wide 16 MP. Kualitas tersebut sama dengan milik Samsung Galaxy S10 dan S10 Plus.

Sementara itu, ada juga satu kamera di bagian depan tepatnya di atas layar 4,6 inchi atau saat ditekuk dengan sensor 10 MP. Kebayang gak sih kalau buat foto dan video call pasti jernih kualitas gambarnya.

Nah, kalau kamu buka lipatan ponsel tersebut, tepatnya di layar 7,3 inchi ada dua kamera lagi, yang pertama memiliki sensor 10 MP dan satunya 8 MP. Dengan dua kamera ini, memungkinkan kamu untuk selfie dengan efek bokeh.

Gak cuma kameranya saja yang dewa, baterainya juga mumpuni banget dengan kapasitas 4.380 mAh.

Seperti dikutip dari Techradar, baterai ini bisa tahan seharian dalam keadaian pemakaian normal seperti aktif media sosial atau hanya untuk keperluan telepon.

Baca juga: Tren Lagi! Ini Deretan Ponsel Lipat yang Bakal Rilis di 2019, Harganya?

Spesifikasi superdewa

Galaxy fold
Galaxy fold memiliki spesifikasi superdewa (Instagram/@verge)

Namanya ponsel keluaran baru, tentu performanya juga sangat andal. Ponsel ini diklaim memiliki kecepatan apik saat dioperasikan karena memiliki prosesor octa-core 7nm, chip snapdragon 855, dan RAM sebesar 128 GB. So, dijamin anti-lemot!

Sementara ruang penyimpanannya juga sangat besar, yaitu 512 GB. Kapasitas ruang penyimpanan tersebut memungkinkan kamu menyimpan banyak foto, musik, film, aplikasi, hingga game-game kelas berat.

Harganya sekitar Rp 27 juta

Galaxy fold
Galaxy fold memiliki harga Rp 27 jutaan (Instagram/@steveaoki)

Galaxy Fold kabarnya sudah bisa dipesan per tanggal 16 April 2016. Sayangnya, pemesanan baru bisa dilakukan di pasar Amerika Serikat dan Eropa.

Hadir dalam empat varian warna yaitu biru, silver, hitam, dan hijau. Harganya, sekitar US$ 1.980 atau sekitar Rp 27 juta. Sementara ini, belum ada kabar pasti kapan ponsel canggih ini bisa mulai dipasarkan di Indonesia. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.