Gak Perlu Mahal! 7 Game Steam Ini Bisa Kamu Mainkan Secara Gratis

4 menit
Game steam
7 game steam yang bisa dimainkan secara gratis (Shutterstock)

Game Steam belakangan ini tengah digandrungi para gamers. Steam adalah platform penyedia ratusan permainan yang ditujukan untuk pengguna komputer atau laptop. Sebut saja DotA 2, Counter Strike, hingga Assassin’s Creed.

Selain games tersebut, ada beragam game menarik lainnya yang layak untuk dimainkan dengan kualitas tinggi.

Tapi sayang, untuk bisa menikmatinya, beberapa game mengharuskan kalian membayar dengan harga ratusan ribu rupiah. Bagi para maniac game sih mungkin hal ini bukanlah masalah.

Meski berbayar, bukan berarti kamu yang gak berduit gak bisa menikmatinya dong. Pihak pengembang Steam, Valve Corporation ternyata juga mengakomodir game-game gratisan buat kamu atau istilahnya free-to-play.

Gratis tapi memiliki kualitas yang gak kalah ciamik dari game-game berbayar lainnya. Penasaran apa saja Game Steam gratisan yang bisa diunduh?

1. Game Steam Counter Strike: Global Offensive

Game steam
Game Steam Counter Strike: Global Offensive

Anak warnet tahun 2000-an pasti paham banget sama game Counter Strike. Kalau dulu game tembak-tembakan ini memiliki grafis yang biasa saja, kini sudah ada versi terbarunya dengan grafis yang ciamik.

Kalian bisa bernostalgia bersama teman-teman berperang antara Counter-Terorists dan Terorists di Dust, atau Inferno.

Game Steam Counter Strike: Global Offensive pertama kali diluncurkan pada tahun 2012. Saat itu, kalian harus membayar sampai ratusan ribu.

Kini, kalian sudah bisa menikmatinya dengan gratis. Di sana kamu bisa bertemu dengan pemain-pemain lainnya dari belahan dunia manapun. Seru banget deh pokoknya!

Baca juga: Ini Fakta Brendan Greene Pendiri PUBG yang Sukses dan Banyak Uang!

2. Team Fortress 2

Game steam
Game steam: Team Fortress 2

Game Steam berikutnya adalah Team Fortress 2. Sama dengan Counter Strike, game ini juga berformat first person shooting (FPS) atau pengambilan sudut pandang dari si pemain.

Akan ada dua tim, merah dan biru yang saling tembak-menembak. Permainan ini menitikberatkan pada strategi dan kerja sama tim untuk membunuh lawan. Bedanya dengan CS, di Fortress 2 ini, masing-masing pemain memiliki peran sendiri-sendiri.

Ada yang bertugas sebagai sniper, mata-mata, scout, hingga pasukan pengebom. Masing-masing posisi itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi tim harus bisa mengatur strategi siapa yang bisa menyerang duluan dan belakangan.

Game yang telah dibuat pada tahun 2007 ini lebih casual dan menyenangkan bila di bandingkan dengan game FPS lainnya.

Baca juga: 10 Game Online Terlaris di Indonesia, Nomor Satu Bukan PUBG!

3. DotA 2

Game steam
Game steam: DotA 2

Jauh sebelum ada Mobile Legends, para pecinta game MOBA sudah menggeluti DotA terlebih dahulu. Ada dua tim yang masing-masing beranggotakan lima orang.

Keduanya diharuskan untuk saling menyerang dan menghancurkan markas musuh. Pemenangnya otomatis yang bisa menghancurkan markas terlebih dahulu.

Setiap pemain diberi kesempatan untuk memilih satu dari 115 hero yang tersedia, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kalian juga harus membeli equip untuk meningkatkan kemampuan hero sebelum bertanding.

Game Steam satu ini bisa dibilang sebagai yang terlaris di dunia. Bahkan, sudah ada kompetisi tingkat dunia dengan hadiah mencapai miliaran rupiah.

4. Warface

Game steam
Game steam: Warface

Game Steam yang satu ini mirip banget sama Call of Duty. Pemain akan berperan sebagai seorang tentara untuk mengalahkan musuh dan juga menyelesaikan misi. Bedanya, game besutan pengembang Crytek ini bisa dimainkan dengan gratis tanpa bayar.

Kamu bisa memilih sebagai Rifleman, Medic, Engineer, atau Sniper di dalam tim. Masing-masing posisi itu memiliki kelebihan masing-masing yang tentunya sangat berguna bagi tim.

Selain di PC, Warface juga bisa dimainkan di Playstation juga Xbox.

5. Heroes and Generals

Game steam
Game steam: Heroes and Generals

Lagi-lagi game first person shooting (FPS) masuk ke dalam jajaran Game Steam gratis. Heroes and Generals lebih mirip dengan Battlefield, dengan tema khas Perang Dunia II.

Ada beberapa faksi yang akan ditampilkan dalam cerita game ini, di antaranya Rusia, Amerika Serikat, dan Jerman.

Permainan ini lebih fleksibel gak sebatas berjalan kaki seperti Call of Duty, tapi kalian juga bisa menggunakan mobil, tank, hingga sepeda untuk menyelesaikan misi-misi.

6. Paladins

Game steam
Game steam: Paladins

Paladins juga termasuk game tembak-tembakan, tetapi mereka bukan berformat FPS. Game Steam gratisan ini merupakan permainan berbasis tim yang beranggotakan lima orang. Masing-masing anggota memiliki kemampuan dan kelebihannya masing-masing.

Yang perlu dilakukan adalah, masing-masing tim harus merebut empat poin dengan mengambil benteng milik lawan. Tapi bukan hal mudah, kalian harus saling bertarung untuk bisa mendudukinya.

Permainan ini masih sedikit lebih ringan dan menyenangkan bila di bandingkan dengan game tembak-tembakan lainnya. Karena mereka menawarkan grafis yang fun dan cerah.

7. H1Z1 Battle Royale

Game steam
Game steam: H1Z1 Battle Royale

Kalian mungkin sudah familiar dengan PUBG atau Free Fire. Nah, kalau di PC kalian bisa memainkan H1Z1 Battle Royale.

Bedanya adalah, kalau PUBG kalian harus bersaing sebanyak 100 orang, tapi kalau di H1Z1 kamu akan bersaing dengan 150 pemain untuk bertahan hidup paling terakhir.

Perlengkapan seperti senjata, armor, peluru, dan darah bisa kamu dapatkan di dalam rumah-rumah. Ambil senjata sebanyak-banyaknya untuk bisa bertahan hidup.

Itu tadi tujuh Game Steam yang bisa kamu mainkan dengan gratis. Tapi syaratnya untuk bisa memainkannya, kamu harus membuat akun Steam dahulu, kemudian pastikan spesifikasi komputer atau laptopmu mumpuni untuk memainkannya.

Kalau spesifikasinya gak sesuai kalian gak bakal bisa mengunduhnya. Di setiap game biasanya mereka mencantumkan keterangan spesifikasi yang dibutuhkan, jadi jangan lupa perhatikan hal itu ya. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan