Punya Mobil tapi Gak Ada Garasi? Pemilik Kena Denda Rp 20 Juta Lho!

2 menit
garasi mobil
Punya Mobil tapi Gak Ada Garasi? Pemilik Kena Denda Rp 20 Juta Lho!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Keberadaan mobil yang kerap parkir di tempat umum atau publik kerap kali menganggu nih. Apalagi kalau kamu tinggal di komplek perumahaan lalu ada kendaraan yang gak parkir di garasi mobil. 

Garasi mobil emang sangat diperlukan banget nih bagi pemilik kendaraan. Fungsinya udah jelas sebagai tempat peristirahatan si roda empat usah keliling kota demi menemani sang pemiliknya. 

Tapi gimana nih bagi pemilik kendaraan roda empat lalu gak memiliki garasi mobil? Pasalnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok masih menggodok revisi Perda Lalu Lintas dna Angkutan Jalan (LLAJ) Nomor 2/2012 tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan soal Kepemilikan garasi. 

Seperti dikutip dari Okezone.com, Rabu, (17/7/2019), DPRD Kota Depok tengah menggodok nih Perda Lalu Lintas. Hal ini dilakukan dalam pembahasan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2020. 

Baca juga: Wiih, Ini Dia 5 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

Pemilik kendaraan gak parkir di garasi mobil bakal dikenakan denda Rp 20 Juta

garasi mobil
Gak punya garasi, pemilik kendaraan empat bakal dikenakan denda Rp 20 juta, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ya, selama ini keberadaan lahan parkir liar atau pemilik kendaraan yang kerap parkir sembarang sering banget nih mengganggu kenyamanan banyak orang. Nah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan bakal ada sanksi nih bagi pemilik kendaraan yang parkir sembarangan. 

Pemiliki kendaraan yang parkir sembarang alias gak di garasi mobil bakal dikenakan denda sebesar Rp 20 juta. “Iya, dalam revisi Perda Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Nomor 2 Tahun 2012, ada denda Rp 20 juta,” ujar Dadang seperti dikutip dari Okezone.com.

Tujuan Perda ini sih sebenarnya pengin para warga atau pemilik mobil atau calon pemilik kendaraan roda empat taat dengan peraturan. Ya, salah satunya dengan gak parkir sembarangan hingga bikin pengguna jalan lainnya terganggu. 

“Tahapan penerapan sanksi denda itu masih jauh karena masih dalam pembahasan oleh anggota dewan. Jika nantinya dewan mengetok palu pun, masih harus melakukan tahapan edukasi dan sosialisasi sebelum aturan tersebut benar-benar diterapkan,” tambahnya.

Nah, itu dia sedikit soal denda yang bakal dikenakan bagi pemilik mobil. Jadi jangan sekali-sekali deh kamu parkir sembarangan baiknya gunakan garasi mobil yang ada. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...