5 Fasilitas Mewah yang Diperoleh Penumpang Kelas Satu Garuda

4 menit
Ilustrasi Garuda Indonesia first class
Ilustrasi Garuda Indonesia first class (Shutterstock)

Banyak maskapai penerbangan di Indonesia yang memiliki kualitas penerbangan dunia dan track record-nya diakui dunia. Salah satunya, Garuda Indonesia yang sudah langganan masuk daftar 10 penerbangan terbaik di dunia versi Skytrax.

Penilaian tersebut tentu dinilai dari aspek keselamatan penerbangan, dan pelayanan maskapai yang sangat memuaskan.

Garuda memang terkenal banget sebagai maskapai kelas premium yang menawarkan sejumlah keistimewaan bagi penumpangnya.

Bahkan, untuk kelas ekonominya saja fasilitas yang diberikan lengkap, salah satunya ada layar hiburan yang memungkinkan kamu menikmati lagu atau film selama penerbangan.

Sementara untuk bussiness class-nya, pelayanannya lebih nyaman lagi, ada kursi yang bisa diluruskan menjadi tempat tidur, dan layar touchscreen 15 inchi yang bisa kamu nikmati untuk mendengarkan lagu, nonton film, atau bermain game.

Penumpang di kelas ini pun akan disuguhkan dengan hidangan bercita rasa tinggi yang menggugah selera.

Bagaimana dengan First Class-nya? Kelas bisnis bukanlah yang paling tinggi di Garuda Indonesia, melainkan ada First Class. Penasaran gak sih seperti apa layanan dan fasilitas yang didapatkan para penumpang di kelas satu ini, dan berapa harga tiketnya?

Dijemput dengan mobil mewah

Dijemput dengan mobil mewah
Dijemput dengan mobil mewah

Fasilitas eksklusif yang bakal didapat penumpang gak hanya saat penerbangan saja. Sebelum terbang pun mereka akan dijamu dengan fasilitas-fasilitas kelas wahid buat orang kaya.

Bagi calon penumpang, mereka bakalan dijemput dari depan rumah ke bandara dengan menggunakan mobil mewah limosin.

Sebaliknya, kamu juga akan diantarkan dari bandara ke depan pintu rumah jika habis bepergian menggunakan Garuda Indonesia First Class.

Tapi, layanan jemput antar ini hanya berlaku bagi para penumpang yang rumahnya di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandara Soekarno-Hatta.

Meski layanan ini tersedia gratis, tapi kamu juga perlu melakukan pemesanan setidaknya 24 jam sebelum keberangkatan.

Baca juga: Mau ke Inggris lewat Bali, Kini Bisa Naik Garuda Indonesia

Ruang tunggu yang mewah dan nyaman

Ruang tunggu
Ruang tunggu

Jika waktu keberangkatanmu masih lama, kamu bisa bersantai-santai atau beristirahat di ruang tunggu yang supermewah dan nyaman. Di sini kamu bakalan disambut staf yang ramah dan minuman selamat datang serta handuk basah buat menyegarkan wajah kamu.

Ruang tunggu ini memiliki beragam fasilitas lengkap, ada ruang tenang untuk membaca, tentunya dengan kursi yang sangat empuk dan penerangan yang pas. Ada perpustakaan kecil, pantry, musala. Dijamin bikin kamu betah meski harus menunggu lama-lama.

Kamu gak perlu repot-repot lagi ngurus bagasi, check-in atau imigrasi, karena nanti semuanya sudah ada staf yang mengurusinya, jadi tinggal santai-santai saja.

Nikmati setiap beragam makanan dan minuman yang disediakan sambil menunggu keberangkatan. Untuk menyegarkan diri, bisa juga memesan layanan spa yang tersedia.  

Baca juga: Masyarakat Jadi Korban Kenaikan Harga Tiket Pesawat, INACA Sepakat Turunkan Harga

Interior cabin kelas pertama

Cabin mewah
Cabin mewah

Namanya penerbangan kelas pertama, pastilah fasilitas yang diberikan gak tanggung-tanggung. Kursi yang didapatkan memiliki kenyamanan yang maksimal dan bisa dirubah menjadi tempat tidur mewah tentunya dengan privasi yang sangat terjamin.

Untuk hiburan, kamu bakal mendapatkan LCD layar sentuh 23,5 inci yang dilengkapi dengan remote atau panel pengatur di kursi. Biar lebih nyaman, dilengkapi pula dengan headphone yang mampu meredam bising.

Kamu bisa menikmati lagu, film, dan permainan lengkap dan gratis tentunya tanpa dipungut biaya tambahan.

Kalau kamu ingin menghabiskan waktu penerbangan dengan membaca buku, tenang saja, di setiap kursi disediakan lampu membaca yang keterangannya sudah sesuai untuk kesehatan mata.

Buat yang masih disibukkan dengan urusan pekerjaan meski sudah di dalam penerbangan, Garuda Indonesia First Class menyediakan layanan internet yang bisa dimanfaatkan dengan cepat.

Tersedia juga sandal dan baju tidur yang bisa kamu manfaatkan guna kenyamanan beristirahatmu selama penerbangan.

Masakan lezat dari berbagai negara

Makanan lezat
Makanan lezat

Masakan yang ditawarkan juga gak main-main. Mereka menyediakan beragam jenis masakan khas Indonesia, Jepang, atau Eropa. Dimasak langsung oleh koki-koki terbaik dari Garuda. Mulai dari soto kudus, sushi, hingga lobster sandwich.

Soal makanan, kamu harus memesan terlebih dahulu sebelum penerbangan. Pada saat penerbangan, sang koki langsung yang akan mengantarkannya untuk kamu. Kalau porsinya kurang, jangan ragu untuk minta porsi tambahan.

Diantar lagi dengan limosin ketika sampai tujuan

Fasilitas dalam first class Garuda Indonesia
Fasilitas dalam first class Garuda Indonesia

Gak cuman diantar ke bandara, pas sampai di tujuan kamu juga bakal disambut dengan mobil limosin yang siap mengantarkanmu ke tempat tujuan.

Jadi ketika turun dari pesawat, kamu langsung melewati jalur khusus tanpa harus mengurus proses imigrasi dan mengambil bagasi, karena semuanya sudah diurus oleh staf yang ada di bandara tujuan. Jadi, kamu tinggal duduk manis saja deh.

Itu tadi beragam keistimewaan yang bisa kamu dapatkan ketika terbang menggunakan pesawat Garuda Indonesia First Class.

Untuk kelas ini, Garuda hanya menyediakan untuk tujuan rute Soekarno Hatta ke Jeddah, London, dan Tokyo. Jadi jangan harap kamu menemukan kelas super mewah ini untuk rute domestik.

Dikutip dari YouTube channel Fitra Eri, harga tiket Garuda Indonesia First Class tujuan Jakarta-London pulang pergi Rp 177 juta. So, tertarik? (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.