Bangga! Rancangan 2 Desainer Lokal Jadi Seragam Pramugari Garuda Indonesia

3 menit
Garuda Indonesia
Bangga! Rancangan 2 Desainer Lokal Jadi Seragam Pramugari Garuda Indonesia, (Instagram/@garuda.indonesia).

Garuda Indonesia nampaknya gak ada hentinya nih memanjakan mata para calon penumpangnya. Kali ini dua desainer lokal papan atas digaet buat berkolaborasi membuat seragam pramugari maskapai kebanggaan Indonesia. 

Nah, belum lama ini MoneySmart sempat mengulas kebaya rancangan Anna Avantie yang dijadikan seragam pramugari Garuda Indonesia. Kebaya yang merupakan andalan Anna Avantie dalam merancang busana perempuan emang udah gak bisa dipungkiri lagi nih. 

Para pramugari Garuda Indonesia terlihat anggun dan menawan saat kebaya rancangan desainer kelahiran Semarang, 53 tahun silam ini. Saat itu rute penerbangan GA238 Jakarta-Semarang, para penumbang dibuat kaget dengan penampilan para pramugari yang berbeda seperti biasanya. 

Kebaya rancangan Anne yang dikenakan oleh pramugari maskapai penerbangan ini pun sengaja dibuat gak menyulitkan gerak-gerik saat melayani penumpang. Kali ini desainer lokal kenamaan Indonesia, Didiet Maulana juga mengambil bagian buat seragam maskapai penerbangan kebanggaan Indonesia ini. 

Desainer Didiet Maulana yang udah menjadi langganan para sosialita dan para selebritis Indonesia ini merancang busana buat pramugari Garuda Indonesia. Ya, sejatinya seragam merupakan salah satu identitas penting bagi sebuah perusahaan. 

Terutama nih bagi profesi pramugari yang setiap harinya bertemu dengan penumpang maskapai penerbangan. Seperti dikutip dari Kompas.com, Senin, (21/10/2019), Garuda Indonesia gak hanya membuat pelayanan ke penumpang dengan baik tapi juga enak dipandang dari segi penampilan. 

Baca juga: Anggun dan Mewah! Kebaya Pramugari Garuda Indonesia Rancangan Anne Avantie

Didiet Maulana dan Garuda Indonesia penyegaran seragam pramugari dan pramugara

garuda indonesia
Begini desain seragam pramugari Garuda, (Instagram/@didietmaulana).

Didiet Maulana yang dikenal dengan label busananya IKAT Indonesia mencoba memperindah penampilan para pramugari dan pramugara maskapai penerbangan ini. Seragam awak kabin Garuda saat ini terlihat anggun dan mewah nih ketika dilihat. 

Rancangan buat seragam pramugari emang didominasi dengan warna ungu pada bagian atasan dan warna hijau serta kuning gelap mendominasi bagian bawah. Buat seragam pramugari, Didiet emang sengaja menonjolkan siluet yang terinspirasi dari sayap pesawat. 

Kalau kamu melihat desain seragam maskapai penerbangan Indonesia ini, terlihat dari bagian lengan serta lipatan kain pada bagian bawah. Dengan desain yang seperti ini, Didiet memastikan kalau seragam yang dikenakan oleh para pramugari ini nantinya gak bakal menganggu aktivitas mereka saat melayani penumpang. 

“Sekilas, kelihatannya memang kain yang dipakai susah buat jalan, tapi sebenarnya itu bisa buat lari karena ada sistem karet di dalam kain,” Ujar Didiet Maulana seperti dikutip dari Kompas.com. 

Baca juga: Berseteru dengan Garuda Indonesia, Ini Gaya Rius Vernandes yang Kece Abis!

Garuda Indonesia dan Didiet Maulana menggaet pengrajin lokal

garuda indonesia
Ini lho seragam pramugari dan pramugara Garuda Indonesia rancangan Didiet Maulana, (Instagram/@didietmaulana).

Didiet Maulana yang dikenal dengan IKAT-nya sengaja menggaet pengrajin lokal buat membuat seragam pramugari dan pramugara Garuda. Kain tenun emang udah menjadi gaya andalan Didiet merancang berbagai macam busana. 

Kali ini untuk seragam pramugari, Didiet Maulana dan Garuda Indonesia menggaet pengrajin dari Bali. Ya, kain tenun Bali emang memiliki keindahan tersendiri. Ia pun mengutarakan kalau kain tenun Bali ini diambil langsung dari pengrajinnya di Pulau Dewata. 

Garuda Indonesia
Didiet Maulana dan pramugari maskapai penerbangan kebanggan Indonesia, (Instagram/@didietmaulana).

Buat seragam pramugara, ia pun menggunakan lurik kombinasi Jogja dan Klaten. Sebagai anak bangsa Indonesia semestinya kita bangga lantaran memiliki kekayaan budaya yang beragam banget, ya salah satunya kain. 

“Total ada 50 pengrajin lokal yang turut serta untuk seragam pramugari dan pramugara,” tambah sahabat dari penyanyi Andien ini. 

Baca juga: Cetak Perancang Busana Andal, Ini 5 Sekolah Fashion Design Ternama Indonesia!

Melihat kembali kebaya rancangan Anna Avantie buat Garuda Indonesia

garuda indonesia
Begini nih kebaya rancangan Anne Avantie buat seragam pramugari Garuda, (Instagram/@garuda.indonesia).

Anna Avantie emang udah masternya nih dalam merancang dan menjahit kebaya. Banyak karyanya menjadi mesterpiece sepanjang kariernya sebagai desainer. 

Anne pun sebelumnya juga mendapatkan kesempatan merancang kebaya buat seragam pramugari di Garuda Indonesia. Kebaya dengan warna ungu ini emang digunakan buat rute penerbangan maskapai penerbangan yang udah ada sejak tahun 1949. 

Garuda Indonesia dulunya memiliki nama “Indonesian Airways”. Itu dia sekilas cerita desainer papan atas kebanggaan Indonesia bekerjasama dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia dalam melestarikan kebudayaan berupa kain dan pakaian daerah dijadikan seragam para pramugari dan pramugara. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...