Hati-hati! 5 Gaya Hidup Orang Kantoran Ini Bisa Bikin Duit Kamu Ludes

4 menit
gaya hidup
Orang kantoran sering terjebak gaya hidup boros. (Shutterstock)

Gaya hidup masyarakat perkotaan, terutama para pegawai kantoran banyak yang bisa dibilang boros. Bisa jadi, kamu juga termasuk salah satu diantaranya. Kalau gak dikelola dengan baik, yang ada gaji cuma numpang lewat aja. Betul gak?

Kamu harus tahu bahwa beberapa kebiasaan sehari-hari bisa bikin dompetmu cekak. Mungkin kalau kebiasaan kecil gak mungkin berasa. Tapi, kalau dihitung-hitung, kebiasaan kecil yang dilakuin terus menerus cukup menguras pundi-pundi lho. Sampai-sampai gak ada pemasukan untuk pos tabungan. Masa sudah kerja capek-capek sebulan, gak bisa nabung sama sekali sih.

Kalau kamu salah satu yang tipe seperti itu, jangan-jangan kamu sudah terjebak di gaya hidup itu. Coba renungkan, apa saja pengeluaranmu sehari-hari yang bisa ditekan bahkan diminimalisir dengan alternatif lain. Ada banyak pastinya, tapi kamu belum menyadarinya saja.

Nah kalau kamu bingung, berikut ini kita kasih contoh gaya hidup boros yang sebenarnya bisa kamu pangkas demi menyelamatkan uangmu.

Baca juga: 7 Cara Menghemat Uang dalam Keseharian yang Sering Disepelekan

1. Kebiasaan naik taksi saat berangkat kerja

gaya hidup
Jangan keseringan naik taksi. (Shutterstock)

Naik taksi mungkin memang lebih enak dibanding transportasi umum lainnya. Di dalam taksi kalian bisa tidur dengan tenang, gak kepanasan, dan pas bangun sudah sampai kantor saja. Tapi kebiasaan ini sebenarnya justru bisa membuat kesempatanmu untuk menabung lebih jadi hilang.

Coba saja kamu ganti dengan transportasi lainnya seperti bus, angkutan umum, atau ojek online yang tarifnya lebih murah ketimbang taksi. Memang sih kenyamanannya gak sebanding, tapi kan tabunganmu lebih penting ketimbang kenyamanan sesaat.

Kalau lagi macet, naik taksi juga gak menjamin bisa tiba di kantor tepat waktu kok.

Baca juga: Niat Hidup Hemat? Percuma Kalau Masih Ngelakuin 9 Hal Ini

2. Takeaway kopi

gaya hidup
Kenapa gak bikin kopi sendiri aja di kantor? (Shutterstock)

Gaya hidup yang kaya gini nih masih sering ditemuin di perkotaan Jakarta. Sebelum masuk kerja mampir dulu ke coffee shop buat beli espresso atau cappuccino. Memang murah sih, paling sekitar Rp 10 ribu sampai Rp 30 ribuan. Tapi kalau terus-terusan setiap hari rugi juga. Kalau memang yang kamu cari adalah kafein dari kopi, bikin saja sendiri di pantry kantor. Rata-rata kantor sih pasti punya stok buat kopi, tinggal ditaruh ke gelas, terus tuang air panas, aduk sampai rata, jadi deh. Tinggal seruput.

Coba, andaikata biasanya kamu habiskan Rp 10 ribu untuk segelas kopi dalam sehari, maka dalam lima hari kerja kamu sudah hemat Rp 50 ribu. Dalam sebulan, kamu bisa nabung Rp 200 ribu.

Baca juga: Tips Menghemat Uang ala Emak-Emak, Dijamin Efektif!

3. Makan siang yang kelewat mahal

gaya hidup
Makan siang yang murah juga gak papa, asal bersih dan sehat. (Shutterstock)

Kebiasaan yang ini juga bikin kantong jebol. Masih banyak yang doyan banget makan siang di tempat makan yang mahal. Kalau sekali makan di atas Rp 50 ribu itu udah kelewat mahal. Coba tekan lagi pengeluaran untuk makan siang. Makan di tempat biasa asalkan bersih dan asupan gizinya tercukupi, kenapa gak kan?

Buatlah batasan pengeluaran makanmu sehari-hari, kalau dirasa Rp 50 ribu adalah batas yang proporsional jika dibandingkan dengan gajimu, ya jangan melebihi itu. Atau kalau kamu pikir Rp 30 ribu sudah cukup, ya buatlah patokan untuk tidak makan lebih dari Rp 30 ribu.

Kamu kan juga butuh makan di sore atau malam hari kan. Kalau kamu sudah mengeluarkan duit banyak di siang harinya, gimana untuk makan sore atau malam?

Kalau mau lebih irit, bawa bekal sendiri dari rumah. Bawa makanan buatan istri atau orangtua. Cara ini sangat membantu kamu untuk bisa menabung lebih banyak.

4. Gym

gaya hidup
Sebenarnya gak harus nge-gym kalau bisa olahraga ringan lain. (Shutterstock)

Berlangganan keanggotaan gym atau yoga class memang gak bakal bikin kamu rugi. Karena meskipun kamu keluar duit banyak, tapi manfaatnya untuk kesehatan sangatlah baik. Rajin berolahraga bisa bikin kita lebih kebal terhadap penyakit. Jadi, gak perlu khawatir terjangkit penyakit.

Tapi, untuk berolahraga gak perlu menguras dompet kok. Mencari keringat dan kebugaran bisa di mana saja. Misalnya, bersepeda atau lari sebelum berangkat kerja. Banyak ahli kebugaran menyarankan, yang penting kamu cukup meluangkan waktu 30 menit sehari untuk berolahraga. Itu udah cukup.

5. Makan malam di tempat mahal

gaya hidup
Sayang duitnya kalau keseringan makan malam mahal. (Shutterstock)

Nongkrong-nongkrong sehabis kerja bersama teman-teman memang mengasyikkan. Gaya hidup yang ini dijamin bisa bikin stres kita hilang. Tapi perhatikan juga uang yang kamu keluarkan. Jangan keluarkan duit terlalu banyak untuk makan malam, sayang banget. Sebab, kamu bisa lebih irit dengan makan di rumah.

Itu tadi 5 gaya hidup yang biasa dilakukan oleh para pekerja kantoran di perkotaan. Sebenarnya sih gak masalah, asalkan gaji kamu sepadan dengan pengeluaranmu. Yang terpenting, jangan mengorbankan tabungan dan pengeluaran wajib setiap bulannya untuk pengeluaran yang gak perlu. Satu lagi, kayaknya kalau gaya hidup itu dilakukan hanya sesekali dalam seminggu atau sebulan juga gak terlalu masalah. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.