Serbacanggih dan Diburu Milenial! 5 Gaya Hidup Ini Bakal Tren Sepanjang Tahun 2019

4 menit
Gaya hidup digital yang serbacanggih (Shutterstock)

Seiring perkembangan zaman yang semakin canggih, gaya hidup turut berubah. Salah satunya, kamu bisa belanja tanpa perlu repot membawa dompet ke mana-mana, cukup mengandalkan handphone, selesai deh!

Perubahan gaya hidup itu dipengaruhi beberapa faktor, dan salah satunya teknologi. Jadi, semakin canggih teknologinya, semakin beragam pula gaya hidup baru yang bermunculan.

Faktor terbesar yang sangat memengaruhi gaya hidup saat ini adalah kemunculan smartphone, dan internet. Kini, kamu bisa dengan mudah mendapatkan informasi cukup mengandalkan dua hal tersebut.

Gak cuma itu aja, kamu bahkan udah gak perlu bermacet-macetan pergi ke mal untuk belanja, atau berdiri di pinggir jalan menunggu angkutan umum lewat.

Kini, kamu hanya perlu membeli kuota internet, dan bisa melakukan banyak hal hanya lewat handphone dan internet.

Kemudahan yang ditawarkan perkembangan teknologi yang semakin canggih itu secara tak sadar membuat banyak orang, khususnya kaum milenial, menjadi ketergantungan dan akan terus mengikuti perubahan gaya hidup.

Berikut, lima gaya hidup serbacanggih yang bakal ngetren di sepanjang tahun 2019 dan akan diikuti kaum milenial:

1. Mulai menggunakan transportasi online

Pakai transportasi online
Pakai transportasi online

Transportasi online sudah mulai menjamur sejak beberapa tahun lalu. Kondisi itu tentu saja sangat memudahkan masyarakat dalam beraktivitas, mulai dari berangkat ke kantor, pesan makanan hingga mengirim barang.

Para penyedia transportasi online juga sering memberikan banyak diskon dengan harga yang sangat ramah di kantong.

Hal itulah yang membuat banyak orang kini lebih memilih  menggunakan transportasi online di bandingkan membawa kendaraan sendiri.

Selain gak capek di jalan karena tinggal duduk manis, kamu juga lebih hemat lho karena gak perlu keluar uang buat beli bensin, dan bayar parkir.

Baca juga: Selain Transportasi Online, 6 Aplikasi Ini Juga Berguna Buat Bepergian

2. Cashless society

Cashless Society
Cashless Society

Para milenial juga kini udah enggan membawa uang cash banyak di dompet, cukup seadanya buat jaga-jaga, sekitar Rp 50 ribu atau Rp 100 ribu atau istilah hits-nya cashless society.

Mereka kini lebih nyaman melakukan transaksi dengan menggunakan kartu, baik kartu debit atau kartu kredit karena dianggap lebih praktis, aman, dan hemat tentunya.

Pasalnya, kalau membawa uang cash banyak akan berisiko cepat habis, entah hilang atau bentar-bentar jajan. Jadi, secara gak langsung akan membuat kamu lebih boros.

Gak berasa memang, Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu. Tapi kalau sering, ya sama aja bohong dong. Gak sadar tahu-tahu uang di dompet udah ludes. Karena itu, banyak orang yang kini lebih memilih menjadi cashless society dan umumnya dilakukan oleh kaum milenial.

Baca juga: Awas Terjerumus Utang dan Melarat! Ini 5 Tanda Gaya Hidup Gak Sesuai Kantong

3. Simpan uang di e-wallet

Simpan uang di e-wallet
Simpan uang di e-wallet

Kamu tentu kini udah familiar dengan e-wallet yang tak lain adalah salah satu aplikasi online menyimpan uang. E-wallet sendiri dipopulerkan oleh salah satu startup transportasi online yaitu Go-Jek.

Kini, e-wallet sudah menjadi pilihan banyak orang sebagai tempat menyimpan uang untuk kebutuhan sehari-hari, mulai dari transportasi, beli makanan, berbelanja, isi pulsa hingga membayar tagihan bulanan.

E-wallet juga sudah bekerja sama dengan banyak pihak, salah satunya adalah minimarket. Yang membuat banyak orang semakin tertarik menggunakan e-wallet adalah promo cashback. Jadi, belanja akan semakin irit.

4. Bisa kerja di mana aja asal ada internet

Kerja di mana saja
Kerja di mana saja

Internet juga membawa perubahan pada sistem bekerja saat ini. Kamu bahkan dapat bekerja di mana saja asal ada internet. Ditambah lagi kini banyak sekali bermunculan perusahaan startup yang menggunakan platform online.

Makanya gak heran kalau kafe-kafe, kini dipenuhi oleh kaum milenial untuk bekerja hingga meeting. Jadi, mau di mana pun tempatnya, asal ada wifi, pekerjaan dijamin bakal aman.

Seiring dengan perkembangan zaman, jenis pekerjaan baru juga mulai bermunculan, salah satunya adalah para freelancer, mulai dari writer, sosial media hingga desain graphic.

5. Raup uang lewat investasi online

Investasi online
Investasi online

Kini sudah banyak sekali orang yang mulai melek dengan investasi yaitu salah satu cara untuk meraup pundi-pundi rupiah. Perkembangan teknologi juga membawa dampak terhadap semakin banyaknya produk investasi yang bermunculan.

Gak cuma itu aja, modal yang ditawarkan pun juga tidak besar yaitu bisa dimulai dengan ratusan ribu rupiah dengan return yang cukup menggiurkan.

Apalagi kini mereka bisa melakukan investasi lewat online. Jadi, udah gak perlu repot lagi tuh mendatangi sekuritas satu-satu. Cukup buka Bareksa, kamu udah bisa investasi di situ. Mudah banget kan?

Itulah lima gaya hidup serba digital yang bakal ngetren di sepanjang tahun 2019 ini. Kalau kamu, mana gaya hidup yang sudah diterapkan? (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan