Categories: Ragam

Anti-Mainstream! Orang-orang Terkaya Ini Punya Gaya Hidup Biasa Banget

Banyak orang yang mempersepsikan orang-orang kaya itu dengan gaya hidup yang bermewah-mewahan. Mengenakan pakaian yang serba gemerlap hingga mengendarai mobil mahal udah jadi bagian yang gak terpisahkan dari orang-orang yang punya banyak uang.

Namun, kesan tersebut gak berlaku sepenuhnya buat beberapa orang kaya. Asal tahu aja nih, ada lho beberapa orang yang diberi predikat sebagai orang terkaya sejagat punya gaya hidup yang biasa aja alias sederhana.

Baca juga: Pernah Rasakan Pahitnya Hidup, Orang Terkaya ke 108 Ini Dirikan Sriwijaya Air

Masa sih ada orang kaya yang kayak gitu? Ini beneran ada lho. Gak percaya? Ini dia orang-orang terkaya sejagat yang jalani gaya hidup sederhana yang dikutip dari Business Insider.

1. Pakai mobil model lama, Jeff Bezos ogah gonta-ganti mobil

Jeff Bezos terbilang miliuner yang punya gaya hidup biasa aja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Walaupun berstatus paling kaya raya di antara orang-orang kaya di dunia, ternyata Jeff Bezos tetap setia lho mengendarai satu mobilnya Honda Accord. Mobil tersebut dimilikinya sejak 2013 dan sampai ia kaya pun mobil tersebut gak tergantikan.

Baca juga: Agus Lasmono, Orang Terkaya Indonesia Mantan Adik Ipar Irwan Mussry

Jeff Bezos sepertinya emang gak neko-neko soal gaya hidup. Sebelumnya aja nih ia pernah membawa mobil Chevy Blazer 1987. Mobil itu digunakannya saat awal-awal Amazon berdiri dan dimanfaatkannya buat kirim paket ke kantor pos.

2. Amancio Ortega suka berpakaian simpel dan makan siang bareng karyawan

Amancio Ortega dengan gayanya yang sederhana meskipun sukses dengan merek fashionnya ZARA, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tahu Amancio Ortega? Ya, benar banget. Ia adalah orang yang berada di belakang kesuksesan brand fashion Zara. Pada 2017, pria yang berusia 80-an tahunan ini dilaporkan memiliki kekayaan hingga US$ 63,6 miliar atau Rp 924 triliun.

Sekalipun punya perusahaan fashion bertaraf  internasional, Ortega punya selera berpakaian yang simpel. Buat dirinya, Ortega lebih memilih mengenakan blazer biru, kaos putih, dan celana abu-abu udah cukup sebagai pakaian sehari-harinya.

Baca juga: Miliki Harta Berlimpah Berkat Warisan, Sosok – Sosok Ini Jadi Orang Terkaya di Dunia

Gak cukup sampai di situ gaya hidup dari orang kaya yang satu ini. Amancio Ortega juga gak segan makan siang di kantin bersama karyawannya. Wah! Sangat merakyat sekali ya.

3. Ingvar Kamprad lebih memilih kelas ekonomi buat penerbangan

IKEA salah satu peninggalan Ingvar Kamprad yang sampai saat ini masih bertahan di beberapa belahan dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sosok di balik kesuksesan IKEA ini emang telah tiada. Namun, banyak hal yang bisa dipetik dari kisah hidupnya sebagai orang terkaya di dunia. Salah satunya adalah kebiasaannya yang lebih memilih kelas ekonomi saat bepergian dengan pesawat.

Lebih dari itu, Kamprad juga cuek-cuek aja kalau berpergian dengan bus. Padahal, sama-sama kita tahu, konsekuensi dari naik bus adalah harus siap berdesak-desakan. Namun, hal itu kayaknya gak diambil pusing oleh Ingvar Kamprad.

Ternyata nih Ingvar Kamprad ini punya gaya hidup yang sama dengan Amancio Ortega, yaitu gak sungkan makan siang di kantin bareng-bareng karyawannya.

4. Walaupun bisa beli baru, Azim Premji memilih mobil bekas

Azim Premji saat menerima sebuah penghargaan, (Instagram/@azimpremjiuniv).

Nama Azim Premji dikenal sebagai salah satu orang terkaya di India. Kabarnya nih ia punya kekayaan hingga US$ 15,9 miliar atau Rp 230 triliun.

Berstatus sebagai orang kaya raya, nyatanya gak bikin bos Wipro Limited ini jalani hidup kelas atas. Buktinya aja Premji mengendarai mobil yang ternyata adalah mobil bekas.

Azim Premji juga punya kesamaan gaya hidup dengan Ingvar Kamprad. Premji lebih senang berpergian dengan pesawat kelas ekonomi daripada kelas eksekutif.

5. Judy Faulkner hampir 15 tahun hanya memiliki dua mobil aja

Punya kekayaan hingga US$ 5,03 miliar atau Rp 73 triliun, tapi selama 15 tahun cuma punya dua mobil? Itulah gaya hidup dari seorang Judy Faulkner.

Pendiri dari perusahaan software Epic System ini mengaku sama sekali gak tertarik dengan gaya hidup yang boros. Wah, dengan kekayaan yang segitu banyaknya, siapa pun berpikir buat bersenang-senang dan keliling dunia.

Namun, membayangkan yang enak-enak seperti itu gak ada di benak Judy Faulkner sepertinya. Bagi Faulkner sendiri, kekayaan yang dimilikinya lebih baik disumbangkannya buat membantu orang lain. Bahkan, ia berjanji mau menyumbangkan setengah kekayaannya buat amal.

Dari cerita tentang gaya hidup orang-orang terkaya di atas, ternyata persepsi orang-orang kaya hobi buang-buang duit demi kesenangan itu gak sepenuhnya benar ya. Malahan kebiasaan-kebiasaan mereka patut dicontoh.

Kalau kamu sendiri gimana, mau jalani gaya hidup seperti orang-orang terkaya di atas gak? Siapa tahu kamu nantinya juga bisa jadi kaya seperti mereka. (Editor: Mahardian Prawira).

Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Share

Artikel Terkait

Masih Hasilkan Rp 1,4 Miliar Walau Sudah Tiada, Ini Fakta Kurt Cobain

Kurt Cobain mungkin udah familiar banget di telingamu. Yuk, simak fakta menarik dari pentolan Nirvana sekaligus legenda musik Grunge yang…

9 jam ago

E-Commerce Menggila, Indonesia Ketiban 3 “Durian Runtuh” Sekaligus

Kehadiran dan perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia membuat perekonomian Indonesia terangkat. Apa saja efeknya? Simak ulasan lengkapnya berikut.

10 jam ago

Kata-kata Motivasi Tokoh Top Dunia yang Bikin Kamu Semangat Cari Kerja

Mencari pekerjaan bukanlah perkara mudah di zaman sekarang ini. Tapi biar kamu gak mudah menyerah, coba resapi kata-kata motivasi tokoh…

11 jam ago

Dibanding Prabowo, Berapa Luas Tanah Milik Capres dan Cawapres Lainnya?

Prabowo disebut-sebut punya luas tanah melebihi luas Jakarta. Gimana dengan Jokowi, Sandiaga, dan Ma’ruf Amin? Apakah sama?

12 jam ago

Berkekayaan Rp 4,2 Triliun, Ini 5 Fakta Karl Lagerfeld yang Jarang Diketahui

Desainer kondang Karl Lagerfeld baru saja mengembuskan nafas terakhirnya. Yuk cari tahu fakta-fakta unik beliau yang jarang orang tahu!

13 jam ago

5 Tips Jitu Buat Event Organizer, Dijamin Acaramu Bakal Sukses!

Bisnis event organizer di kota-kota besar sudah mulai berkembang. Kalau kamu sedang menyelaminya, simak 5 tips sukses ala EO kelas…

14 jam ago