Dijamin Murah! Begini 4 Tips Menggalakkan Gaya Hidup Sehat di Kantor

4 menit
gaya hidup sehat
Dijamin Murah! Begini 4 Tips Menggalakkan Gaya Hidup Sehat di Kantor, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sebagai pegawai kantoran, menjalankan gaya hidup sehat emang sedikit sulit. Pasalnya dari pagi hingga malam, semua kegiatan didedikasikan buat mengerjakan tugas kantor yang gak ada habis-habisnya.

Bisa saja sih berolahraga di pagi hari atau malam harinya sepulang kantor. Tapi realitanya sih sulit dijalankan, contohnya saat pulang kantor penginnya segera buru-buru pulang aja buat istirahat.

Namun, bukan berarti kesibukan itu menjadi penghambatmu buat menjalankan hidup sehat. Cara menjadi sehat itu ada banyak caranya, gak cuma dengan olahraga saja, tapi bisa melalui asupan makanan, atau kebiasaan-kebiasaan kecil di kantor. Jadi, kalau gak bisa berolahraga masih banyak cara buat menjadi lebih sehat.

Buat menerapkan gaya hidup sehat juga gak harus mahal-mahal kok. Ada jalan yang lebih murah dan tentunya mudah agar kamu bisa sehat bugar terhindar dari penyakit saat bekerja di kantor, apa aja? Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari Forbes.

Baca juga: Hati-hati! 5 Gaya Hidup Orang Kantoran Ini Bisa Bikin Duit Kamu Ludes

1. Makan-makanan bergizi seimbang

gaya hidup sehat
Makan makanan sehat saat berada di kantor, jangan pernah jajan sembarangan ya, (Ilustrasi/Pixabay).

Ingatlah sebuah istilah ‘Anda adalah apa yang Anda makan’ artinya adalah segala yang masuk ke tubuhmu bakal berpengaruh besar terhadap kondisi fisikmu. Kalau kamu meresapi dengan betul slogan tersebut dijamin kamu bisa menciptakan gaya hidup sehat di kantor.

Penerapannya sangat mudah dengan memakan makanan yang bergizi seimbang dan tidak berlebihan atau istilah kekiniannya clean eat.

Gizi seimbang yaitu harus memenuhi unsur karbohidrat, protein, serat, dan vitamin. Makanlah dalam porsi yang secukupnya, intinya jangan terlalu berlebihan agar berat badanmu juga terjaga.

Fenomena pegawai kantoran sih rata-rata demen makan-makanan yang gak sehat saat jam istirahat. Ada yang pesen pecel ayam plus porsi nasi berlebihan, atau soto dengan mengandung banyak minyak. Mungkin sesekali sih gak apa-apa, tapi kalau keseringan bahkan hampir setiap hari ya gak sehat juga.

Makanan gizi seimbang gak cuma bikin kamu sehat, tapi juga bisa bikin hidup irit, kalau dibawa dari rumah. Kelebihannya, bekal menunya bisa kamu kreasikan sendiri dan yang pasti kebersihannya juga terjaga.

Baca juga: 5 Cara Mudah Bergaul dengan Teman Kantor di Hari Pertama Masuk Kerja

2. Perhatikan asupan minuman selama di kantor

gaya hidup sehat
Jangan lupa buat mengkonsumsi air putih ya saat berada di kantor, (Ilustrasi/Shutterstock).

Minuman yang kamu konsumsi ternyata juga penting dalam penerapan gaya hidup sehat di kantor. Gak cuma makanan aja, apa yang kamu minum juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan.

Coba bayangkan berapa banyak gula yang kamu konsumsi selama bekerja? Misalnya di pagi hari membeli kopi manis atau latte di kafe lalu siangnya mengkonsumsi es teh manis sebagai teman makan siang. Udah gitu di sore harinya mengkonsumsi gula kembali dengan bikin teh manis atau membeli minuman kemasan sambil menunggu waktu pulang tiba. Terlalu banyak jumlah gula yang masuk ke tubuh kamu, hak ini bikin risiko terkena diabetes akan semakin tinggi.

Oleh sebabnya, ada baiknya buat minum-minuman manis secukupnya, sehari satu kali saja cukup. Perbanyaklah minum air mineral dan jangan sampai dehidrasi. Terlalu sibuk bekerja memandangi layar komputer kadang bikin kita lupa sama asupan air.  

Satu lagi, batasi jumlah kafein khususnya di waktu menjelang sore hari. Kafein bakal membuat kamu terjaga selama 8 – 10 jam ke depan pasca mengkonsumsi. Jika kamu minum di sore hari pas mau pulang kantor, takutnya dapat mempengaruhi pola tidur kamu yang berkualitas jadi buruk.  

Baca juga: Ini 8 Kebiasaan Baik di Kantor yang Bisa Bikin Sukses Usia Muda

3. Lebih banyak bergerak

Gaya hidup sehat
Banyak bergerak di kantor usahakan jangan duduk aja ya, (Ilustrasi/Pixabay).

Pegawai kantoran lebih banyak menghabiskan waktunya di tempat duduk, mulai dari pagi hari, hingga sore hari. Kebiasaan ini ternyata gak baik lho buat kesehatan.

Banyak berbagai penyakit-penyakit berbahaya yang muncul akibat kebanyakan duduk, seperti misalnya diabetes, jantung, dan hipertensi. Menurut penelitian seperti dikutip dari Forbes juga menilai kebanyakan duduk bisa mengakibatkan metabolisme melambat 90 persen setiap kali duduk lebih dari 30 menit. Sementara kalau duduk selama lebih dari dua jam, bisa bikin kolesterol baik berkurang selama 20 persen.

Supaya lebih sehat bergeraklah setelah 60 menit duduk. Bergerak misalnya mengambil air minum ke pantry bisa juga jalan-jalan menyapa rekan kerja, atau melakukan olahraga ringan seperti push up atau sit up.

Selain meregangkan otot-otot, matamu juga akan kembali fresh setelah menatap layar komputer dalam waktu yang cukup lama. Pada siang harinya saat istirahat makan siang, usahakan keluar kantor dan beli makan sendiri tanpa harus menyuruh OB.

4. Manfaatkan teknologi yang ada

Gaya hidup sehat
Manfaatkan teknologi yang canggih buat menjaga kesehatan tubuh di kantor, (Ilustrasi/Pixabay).

Untuk mendukung resolusi gaya hidup sehat di kantor, kamu juga perlu memaksimalkan teknologi yang kamu punya. Kini sudah banyak aplikasi-aplikasi di ponsel pintar yang membantu mengukur jumlah kalori yang kamu makan, seperti contohnya MyFitnessPal yang bisa menghitung kalori hanya dengan scan barcode di kemasan makanan.

Atau kalau mau yang lebih murah lagi bisa membeli perangkat canggih seperti jam tangan, yang bisa menghitung berapa langkah kaki kamu dan tekanan jantung. Untuk teknologi ini ada Mi Band, yang bisa kamu dapatkan dengan harga gak sampai Rp 500 ribu.

Itu tadi empat tips mudah dan murah dalam menjalani gaya hidup sehat di kantor. Hidup sehat adalah investasi terbesar di masa yang akan datang. Jangan jadikan keterbatasan waktu sebagai penghalang untuk hidup sehat, atau kamu bakal menyesal di kemudian harinya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!