Ubah Nasib Jadi Orang Sukses yang Banyak Uang dengan Jalani Gaya Hidup Ini

4 menit
Ubah Nasib Jadi Orang Sukses yang Banyak Uang dengan Jalani Gaya Hidup Ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain berkat kerja keras, faktor lainnya yang bikin seseorang bisa punya banyak uang dan raih kesuksesan adalah gaya hidup yang diterapkannya. Kalau gaya hidupnya cenderung boros alias doyan hura-hura, gimana seseorang itu bisa kaya?

Gak usah pusing-pusing mikirin gaya hidup seperti apa yang bisa bikin pundi-pundi uangmu membesar. Contoh aja apa yang dilakukan orang-orang kaya.

Kebanyakan dari mereka dulunya pernah merasakan hidup yang biasa-biasa aja. Sampai akhirnya mereka mengubah gaya hidup mereka yang ternyata berkontribusi positif dalam kehidupan mereka.

Baca juga: Gaya Hidup Hemat Selebriti Papan Atas, dari Andalkan Voucher Sampai Cuci Baju Sendiri!

Emangnya seperti apa sih gaya hidup yang dijalani orang-orang kaya? Dikutip dari CNBC, ini lho beberapa gaya hidup yang sebaiknya kamu terapkan mulai dari sekarang.

1. Jangan cuma punya satu sumber penghasilan, tapi ciptakan lebih banyak

Jangan cuma punya satu sumber penghasilan, tapi ciptakan lebih banyak, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kenapa orang kaya bisa punya banyak uang? Salah satunya karena mereka gak punya satu sumber penghasilan aja. Mereka memilih lebih dari satu sumber penghasilan.

Rasa gak puas menjadi faktor yang mendorong orang-orang kaya buat mendapatkan penghasilan dari beberapa sumber. Wajar aja sih kalau mereka rekening mereka itu membuncit. Mencari pemasukan tambahan menjadi bagian dari gaya hidup mereka.

Baca juga: Gaya Hidup Pangeran Asal Brunei, Dikelilingi Barang Mewah Sampai Dikabarkan Pacari Wanita Ini

Dalam bukunya Rich Habits, Thomas C. Corley menyebut orang-orang kaya punya tiga sumber penghasilan. Itu berarti buat kamu yang masih mengandalkan gaji, tambah dua lagi deh sumber uangnya biar cepat kaya. Entah itu dengan jadi freelancer atau bisnis online.

2. Bergaul dengan orang-orang yang berpikiran sukses

Bergaul dengan orang-orang yang berpikiran sukses, (Ilustrasi/Shutterstock).

Setuju gak kalau pergaulan menentukan gimana nasib seseorang? Rupanya nih bergaul dengan orang-orang sukses bisa bikin kamu ikutan sukses juga lho.

Cukup banyak keuntungan yang bisa kamu dapat dari bergaul dengan orang-orang sukses. Misalnya aja kamu memiliki motivasi yang sama buat berkembang.

Baca juga:Gaya Hidup Mewah Anak Mantan Pejabat, dari Ajak Pacar Pelesiran Sampai Gelar Pesta Unik

Terus kamu bisa terbantu ketika menjalankan usaha. Asal tahu aja nih, kebanyakan orang bisa menjadi kaya karena pengaruh koneksi mereka. Jadi, kalau koneksi kamu masih sedikit, perbanyak lagi deh biar kesuksesan cepat menghampirimu.

3. Menyisihkan penghasilan buat berinvestasi

Menyisihkan penghasilan buat berinvestasi itu juga perlu lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Udah bukan rahasia lagi berinvestasi menjadi gaya hidup yang dilakoni orang-orang kaya. Walaupun berinvestasi sekarang udah gampang, masih ada aja orang-orang yang berpikiran kalau investasi itu buat orang kaya aja.

Padahal, semua orang sebenarnya boleh berinvestasi. Apalagi sekarang ini investasi bisa dimulai dengan modal Rp 100 ribu. Karena itu, gak ada alasan lagi deh buat gak berinvestasi.

Seperti yang diungkap Ramit Sethi, penasihat keuangan asal Amerika Serikat, rata-rata orang kaya selalu sisihkan 20 persen penghasilan mereka buat diinvestasikan. Hingga kaya pun, mereka masih melakukan hal tersebut secara konsisten.

Kepengin investasi juga? Banyak instrumen yang bisa kamu pilih. Kamu bisa berinvestasi di deposito, tabungan berjangka, emas, obligasi, saham, hingga reksa dana. Atau investasi yang belakangan ini cukup populer, yaitu investasi di P2P Lending.

Kalau bicara keuntungan, jelas lebih menguntungkan investasi di saham atau P2P Lending. Asal tahu aja nih, return yang diperoleh dari investasi saham bisa mencapai 20 persen lho per tahun. Namun, risikonya yang ditanggung cukup besar.

Sementara pilihan investasi yang aman adalah deposito, tabungan berjangka, emas, hingga obligasi pemerintah. Namun, return yang diberikan masih kalah besar dibandingkan investasi saham.

4. Tingkatkan penghasilan dengan negosiasi gaji atau cari penawaran menarik

Tingkatkan penghasilan dengan negosiasi gaji atau cari penawaran menarik, (Ilustrasi/Shutterstock).

Zona nyaman menjadi salah satu kendala kenapa besaran gaji seseorang segitu-segitu aja. Padahal, kalau mau, mereka bisa meminta negosiasi kenaikan gaji. Mereka bisa jadikan pencapaian kerja sebagai alasan buat mengajukan kenaikan tersebut.

Sayangnya nih banyak yang enggan mengajukan negosiasi gaji ini. Alhasil, penghasilan yang mereka terima tiap bulannya segitu-segitu aja. Kalau udah begitu, jangan harap deh bisa punya banyak uang.

Kalau kamu enggan negosiasi gaji, mencari penawaran menarik lain di luar sana bisa jadi pilihan. Banyak pekerjaan di luar sana yang kasih gaji lebih besar dari yang kamu dapatkan. Itulah kenapa mencari pekerjaan baru bisa jadi solusi buat meningkatkan penghasilan.

Semakin meningkatnya penghasilanmu, semakin besar juga dana investasi yang kamu alokasikan. Dengan begitu, peluang kamu mendapat banyak uang semakin besar.

5. Luangkan 20 menit per hari buat kuasai kemampuan baru

Luangkan 20 menit per hari buat kuasai kemampuan baru, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gaya hidup selanjutnya yang dimiliki orang-orang kaya adalah mereka selalu luangkan 20 menit waktunya buat kuasai kemampuan baru. Dengan menguasai hal-hal baru, mereka berkembang lebih baik dan lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

Banyak cara yang bisa dilakukan buat mengembangkan diri. Mulai dari membaca buku-buku yang topiknya berbeda dari bidang pekerjaan mereka, mengikuti kelas pembelajaran atau workshop, hingga bergabung dengan komunitas profesional.

Menurut mantan Google career coach, menguasai keterampilan atau skill baru bisa bantu kamu mendapat pekerjaan. Namun, mempelajari hal-hal baru bukanlah hal yang mudah. Sebab kamu bakal merasakan ketidaknyamanan ketika belajar hal-hal yang belum kamu kenal sebelumnya.

6. Begitu uang bertambah, jangan langsung terlihat OKB

Begitu uang bertambah, jangan langsung terlihat OKB, (Ilustrasi/Shutterstock).

Terkadang begitu uang udah bertambah, gaya hidup juga berubah. Dulunya pakai jam tangan yang harganya Rp 500 ribuan, sekarang diganti dengan yang harga Rp 5 jutaan. Sikap seperti itu berasa seperti OKB alias orang kaya baru ya?

Kenyataannya nih orang-orang kaya dikenal bukan karena apa yang mereka kenakan, melainkan karena usaha dan etos kerja mereka. Udah gitu mereka lebih senang bergaya hidup sederhana ketimbang memamerkan kekayaan mereka.

Contohnya aja Warren Buffett. Investor ini gak neko-neko soal gaya hidup. Sampai ia dinobatkan sebagai orang terkaya pun, ia masih tetap menghabiskan US$ 3,17 atau Rp 44 ribuan buat makan di McDonald’s.

Nah, itu tadi beberapa gaya hidup yang dilakoni orang kaya yang bikin mereka memiliki banyak uang dan raih kesuksesan. Kamu pun juga bisa seperti mereka asalkan menjalani gaya hidup dengan konsisten. Selamat mencoba ya! (Editor: Mahardian Prawira). 

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan