Mau Bergaya Hypebeast dengan Bujet Minim? Coba Terapkan Trik Ini

4 menit
Gaya hypebeast (Instagram/@hypebeast)
Gaya hypebeast (Instagram/@hypebeast)

Bukan rahasia lagi, butuh uang banyak untuk bisa tampil dengan gaya hypebeast! Dan kadang, seorang hypebeast sejati bisa menghabiskan ratusan juta rupiah hanya untuk membeli outfit-nya.

Hypebeast merupakan sebuah situs e-commerce yang menjual outfit-outfit kekinian. Sebut saja seperti sneakers, jaket, celana, dan lainnya. Tapi, harganya jelas luar biasa mahal.

Belum lama ini, akun YouTube Yoshiolo telah mengunggah video berjudul “Harga Outfit Lo.” Dalam gelaran “Jakarta Sneakers Day 2019”, gak sedikit crazy rich Indonesia yang diwawancarai di acara tersebut.

Mereka pun menyebutkan harga outfit-nya yang luar biasa mahal! Ada yang pakai topi seharga Rp 3,5 juta, celana Rp 9 juta, jaket Rp 40 juta, dan sneakers Rp 20 juta. Gokil ya!

Buat kamu yang beranggapan outfit mereka keren, tentu terlintas dong di benakmu apakah mungkin bisa membeli pakaian-pakaian serupa seperti yang mereka kenakan di gelaran tersebut?

Jawabannya, “bisa”. Selama serupa atau mirip-mirip, ya bisa, tapi kalau sudah bicara merek, nanti dulu deh!

Buat kamu yang pengin tampil dengan gaya hypebeast tanpa menguras dompet, beberapa tips berikut ini bisa kamu aplikasikan.

1. Jangan lupakan hoodie atau bomber jacket

Gaya hypebeast memakai hoodie (Instagram/@hypebeast)
Gaya hypebeast memakai hoodie (Instagram/@hypebeast)

Penganut gaya hypebeast tentunya gak pernah lupa sama luaran berupa jaket bomber atau hoodie. Intinya sama-sama jaket tapi penggunaannya tergantung kebutuhan.

Jika ingin lebih kasual, hoodie memang jadi luaran yang pas untuk kamu kenakan. Tapi jika kamu suka tubuhmu terlihat lebih berisi, gunakanlah bomber jacket. Pak Jokowi aja suka pakai jaket yang satu ini kan.

Gak perlu mahal-mahal sampai Rp 20 jutaan, jaket bomber Zara yang dikenakan Jokowi saja harganya Rp 899 ribu. Mau yang lebih murah dari itu juga bisa, di online shop juga banyak yang Rp 250 ribuan.

Untuk hoodie, harganya juga bisa lebih murah daripada jaket bomber kok.

Baca juga: Doyan Pakai Hoodie, Ini Gaya Nyentrik Atta Halilintar yang Banyak Dicontek

2. Sneakers

Gaya Hypebeast pakai sneakers (Instagram/@hypebeast)
Gaya Hypebeast pakai sneakers (Instagram/@hypebeast)

Yang kedua, tentu saja sneakers. Kaum hypebeast mengoleksi sneakers-sneakers yang harganya mahal sebut saja seperti Adidas Yeezy maupun Air Jordan.

Hal yang wajar buat seseorang membeli alas kaki yang harganya mahal. Terlepas dari apakah dia penganut gaya hypebeast atau bukan.

Tapi, memaksakan membeli sneakers seharga belasan juta rupiah atau yang harganya jauh di atas penghasilan kita sebulan, tentu bukan ide yang baik. Lebih baik menabung buat traveling, ya gak? Lebih seru juga ketimbang cuma beli alas kaki.

Dan, pastikan untuk gak membeli “sneakers palsu” alias KW. Belakangan ini, mudah sekali ditemukan sneakers palsu yang kerap disebut “premium quality” di online store.

Sejatinya, dengan membeli barang palsu, tandanya kamu gak menghargai brand tersebut menciptakan sebuah produk. Kalau sampai ketahuan sama orang lain, malunya pasti gak ketulungan.

Masih banyak kok sneakers Adidas, Nike, New Balance, dan lainnya yang di bawah Rp 1 juta. Sneakers basket juga bisa jadi pilihan, tapi ingat baik-baik, gak perlu mahal ya!

Baca juga: Gaya Berbusana Nagita Slavina Memang Sederhana, tapi Harganya Capai Puluhan Juta!

3. Jangan lupa pakai topi

Gaya hypebeast pakai topi (Instagram/@hypebeast)
Gaya hypebeast pakai topi (Instagram/@hypebeast)

Nah, ini juga jangan dilupakan. Rambut wet look dengan pomade oil atau waterbased emang keren, tapi hal itu terkesan vintage banget. Mungkin untuk tahun 2014 akhir atau 2015, gaya fashion ini jadi andalan.

Tapi kaum hypebeast sejati justru harus menonjolkan streetwear-nya. So, kenakan topimu ya!

Untuk topi, gunakan topi jenis modern snapback saja. Dijamin keren deh! Karena kalau pakai trucker kesannya kayak anak punk, sementara itu baseball cap sudah agak membosankan.

Bicara soal topi, gak sedikit penggila gaya hypebeast yang pakai topi Rp 3 jutaan. Tapi, yang Rp 200 ribuan juga ada bukan? Pilih saja warna hitam yang gak banyak motifnya. Dijamin keren deh!

4. Distressed denim atau jogger?

Gaya Hypebeast pakai distressed denim atau jogger (Instagram/@hypebeast)
Gaya Hypebeast pakai distressed denim atau jogger (Instagram/@hypebeast)

Soal celana, dua celana ini memang patut dipertimbangkan untuk kamu pilih. Tapi balik lagi, semua tergantung dari konsep outfit kamu, hari itu.

Distressed denim bisa dipadukan dengan T-Shirt. Dan pastikan aksen sobeknya jangan terlalu lebay, pilih saja yang sobekannya di dengkul. Jangan compang-camping lho ya.

Celana jeans seperti ini gak semuanya mahal. Walau ada yang beli sampai Rp 9 juta, kamu masih bisa beli merek Wrangler yang harganya cuma Rp 230 ribu. Pilih saja warna biru gelap, pasti bagus.

Sementara itu, jogger bakal pas untuk dipakai ketika kamu mengenakan atasan jaket bomber atau hoodie.

Namun, pastikan jangan pakai jogger yang terlalu ketat karena celana itu justru bisa membuatmu terlihat kayak pakai legging.

Jogger juga sangat pas jika dipadukan dengan sneakers basket! Dan berhubung celana ini adalah celana karet, ya kamu bisa membelinya dengan mudah secara online dengan harga Rp 100 ribuan saja.

5. T-Shirt

Gaya Hypebeast memakai t-shirt (Instagram/@hypebeast)
Gaya Hypebeast memakai t-shirt (Instagram/@hypebeast)

Nah, ini dia yang paling penting. Meski terlihat cuma kaos biasa, tapi T-Shirt yang pas akan sangat berpengaruh pada outfit-mu secara keseluruhan.

Gunakanlah T-Shirt statement (dengan aksen tulisan di bagian depan). Jangan T-Shirt fullprint gambar, apalagi yang warna tye-dye. T-Shirt band boleh, asalkan “asli”, jangan yang palsu.

Kalau khawatir terlihat lebay dalam urusan desain, pilih saja T-Shirt polos putih, hitam, atau abu-abu. Gak mahal bos, di H & M cuma Rp 79 ribuan.

Sama seperti prinsip sneakers, meski banyak T-Shirt Supreme, LV, Bape, dan lainnya versi KW yang diklaim sama seperti original, jangan nekat beli! Semua barang palsu pasti ada bedanya.

Itulah cara hemat yang bisa kamu terapkan jika ingin tampil dengan gaya hypebeast yang kekinian.

Intinya, gak perlu mahal. Sesuai bujet tapi bisa tampil keren layaknya kaum hypebeast pada umumnya. Dan pastinya, gak pakai barang KW. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan