Bikin Rempong! Ini 5 Cara Menghadapi Gaya Kepemimpinan Bos yang Narsis

3 menit
Gaya kepemimpinan
Bikin Rempong! Ini 5 Cara Menghadapi Gaya Kepemimpinan Bos yang Narsis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Masing-masing orang memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda dan gak bisa dipaksa. Ada yang tegas, sering becanda dan ada juga yang suka narsis lho. Buat yang punya atasan narsis mungkin beberapa dari kamu agak terganggu dengan sifat tersebut, gimana mengatasinya?

Pemimpin yang baik adalah orang yang bisa memberikan contoh kepada bawahannya. Hal itu sangat berguna buat membentuk sebuah pola kerja yang sehat dalam sebuah perusahaan.  Jadi bisa dikatakan peran seorang leader gak bisa digantikan oleh siapapun.

Sebagai orang yang menjadi panutan, membentuk kepribadian seorang pemimpin yang cocok dengan seluruh bawahannya merupakan hal sulit atau bahkan hampir mustahil. Banyak yang mempengaruhinya, bisa dari lingkungan kerja, gaya berbicara dan tingkah lakunya selama bekerja.

Karena berbagai faktor tersebut bisa menghasilkan tipe-tipe pemimpin yang beraneka ragam dan unik, salah satunya yang narsis. Sedikit-sedikit minta foto bareng, abis itu masukin video bareng kita ke instagram storynya dia, kan gak semua orang nyaman dengan kegiatan tersebut.

Daripada cuma diem doang tapi takut ngomongnya, mending kamu lakukan 6 cara menghadapi gaya kepemimpinan bos yang suka narsis berikut ini:

Baca juga: Orang-Orang Terkaya di Negara-Negara Asean, Ada yang Sekaya Bos Djarum Gak Ya?

1. Tetap berkomunikasi

Gaya kepemimpinan
Tetap berkomunikasi dengan bos mu yang narsis gak ada salahnya kok, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dikutip dari Business News Daily, kunci dalam memiliki hubungan yang baik dengan siapapun termasuk bos yang narsis adalah tetap berkomunikasi. Mungkin gak secara langsung kamu tunjukkan bahwa merasa terganggu dengan kegiatan tersebut.

Sebaiknya katakan dengan cara yang halus dan tetap sopan supaya gak menyinggung perasaannya. Dan hindari buat memutuskan komunikasi dengannya, sebab bisa memperburuk situasi kerja.

Baca juga: Bukan CEO, Inilah 7 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Apa Aja?

2. Lakukan gestur tertentu

Gaya kepemimpinan
Berikan gestur tubuh ada baiknya nih mengatasi atasan yang narsis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bila kamu kurang pandai dalam merangkai kata-kata baik dan sopan ke bos bisa menggunakan cara lain yakni dengan bahasa tubuh.  Walaupun memiliki arti yang multi persepsi, paling gak kamu memberikan gestur menyatakan bahwa kamu kurang nyaman dengan gaya kepemimpinannya

Biasanya bahasa tubuh bisa dibaca dari wajah, gestur tangan serta tubuh bagian atas lainnya.

Baca juga: Jatuh Bangun George Lucas Membawa Star Wars Menembus Box Office

3. Bertukar pikiran

Gaya kepemimpinan
Coba bertukar pikiran dengan bos mu yang narsis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mungkin ini adalah pertama kalinya buat bos kamu mengemban jabatan yang terbilang tinggi. Makannya dia masih membawa sebagian perilaku lamanya sebagai karyawan ke gaya kepemimpinannya.

Kamu bisa meminta waktu sebentar bersamanya buat berbicara empat mata dan bertukar pikiran bersama apa yang mesti diintrospeksi dari diri masing-masing. Kan enak jadinya kalau gitu.

4. Bertemu dengan HRD

Gaya kepemimpinan
Bertemu dengan HRD salah satu cara buat menghadapi bos narsis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain interaksi langsung kamu juga bisa berbicara dengan tim HRD tentang gaya kepemimpinan bos kamu itu. Udah menjadi tugas dari mereka buat mengelola permasalahaan seperti ini di kantor, jadi gak usah takut lagi.

Mereka punya wewenang buat menyelesaikan masalah yang berbau personal antar sesama karyawan di kantor. Nanti hal tersebut bakal disampaikan ke pihak terkait dengan cara yang tepat.

5. Mengajukan resign

Gaya kepemimpinan
Memutuskan resign alias mengundurkan diri ada baiknya nih kalau punya bos yang narsis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara paling ampuh dan jitu terakhir yang bisa kamu lakukan menghadapi gaya kepemimpinan bos yang narsis adalah mengajukan resign. Dengan begitu kamu bakal terlepas dari masalah itu, gampang bukan?

Tapi cara yang terakhir ini perlu dipertimbangkan secara matang. Karena mencari kerja di tempat lain juga gak mudah.

Itu dia 5 cara menghadapi gaya kepemimpinan bos yang narsis. Di balik setiap sifat seseorang pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing- masing. Jadi jangan terlalu baper kalau punya bos yang bikin rempong. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1