5 Gaya Pacaran Zaman Now yang Bikin Keuangan Masa Depan Kacau Balau

3 menit
5 Gaya Pacaran Anak zaman Sekarang. (Shutterstock)

Gaya pacaran anak zaman sekarang atau kids zaman now tentunya sangat beragam. Ada yang cerdas, namun ada yang juga yang ngawur. Ngawurnya pun gak tanggung-tanggung lho. Soalnya, efek pacaran mereka bukan cuma bikin kantong jebol, namun juga merusak kondisi keuangan di masa depan.

Kalau cuma kantong jebol, mungkin bisa diperbaiki dengan cara berhemat di bulan tertentu. Tapi jika sudah berpotensi merusak keuangan di masa depan, itu yang gawat.

Terlepas dari perkara udah cinta dan sebagainya, gaya pacaran seperti berikut ini harus dicegah sejak dini. Kalau udah cinta mati ya sudah nikah aja, selesai kan. Kamu malah bisa #MerdekaFinansial bareng dia.

Mau tahu seperti apa sih gaya pacaran anak zaman sekarang yang merusak keuangan di masa depan? Berikut ulasannya.

1. Banyak anak zaman sekarang maksain tampil modis bak seleb

Gaya pacaran anak jaman sekarang. (Shutterstock)
Gaya pacaran anak zaman sekarang. (Shutterstock)

Demi kelihatan modis, cantik, ganteng, dan kekinian, gak sedikit dari para kids zaman now atau bahkan mereka yang tergolong dalam generasi millenial, menguras isi kantongnya demi penampilan.

Mereka rela-rela aja tuh beli baju atau kemeja yang harganya jutaan Rupiah, sepatu atau tas mahal, menghabiskan banyak duit buat ke salon, dan lain-lain. Pokoknya, semua dilakukan biar tampil kece pas jalan sama pacar atau gebetan.

Padahal, kencan itu cuma berlangsung dalam hitungan jam dan hanya dilakukan seminggu sekali. Rela tuh punya pengeluaran besar dan rutin untuk hal itu? Pikir-pikir deh.

2. Cowok menanggung semua biaya

Gaya pacaran anak jaman sekarang. (Shutterstock)
Gaya pacaran anak zaman sekarang. (Shutterstock)

Salah satu gaya pacaran anak zaman sekarang yang salah kaprah ya yang ada di nomor dua ini. Kesalahan ini memang kerap kali dilakukan si cowok.

Gak dipungkiri bahwa gak sedikit perempuan yang punya prinsip ketika jalan sama cowok ya semua biaya bakal ditanggung cowok. Ketika sang cowok ogah menanggung biaya tersebut, maka dia bakal disindir sebagai “cowok gak modal.”

Sejatinya hal itu emang gak salah. Tapi ingat deh, mereka kan masih dalam tahap “pacaran” atau proses perkenalan. Buat cowok, coba deh cerdas sedikit dalam menanggapi hal ini.

Apakah logis untuk menanggung seluruh biaya buat si “dia” yang belum tentu jadi istri? Pacaran itu ada biaya nonton, makan, parkir, dan nongkrong lho.

3. Berlebihan dalam manjain pacar

Gaya pacaran anak zaman sekarang. (Shutterstock)

Kesalahan ketiga juga kerap kali dilakukan cowok. Kesalahan ini juga masuk dalam gaya pacaran anak zaman sekarang yang cukup berbahaya.

Masih pacaran sudah ngasih kado berupa tas mewah, handphone, dan sebagainya. Okelah kamu serius menjalani hubungan, tapi ini masih pacaran lho, tunangan aja belum.

Selain hadiah mewah, mungkin beberapa di antara kamu ada yang pernah ngebiayain pacarnya liburan ke luar kota dengan paket liburan yang mewah.

Ya asal ada duitnya sih terserah kamu. Tapi buat yang gajinya ngepas dan tanggal tua masih bokek, pikir masak-masak dulu deh sebelum melakukan hal ini.

4. Pacaran sampai gak punya me time

Gaya pacaran anak jaman sekarang. (Shutterstock)
Gaya pacaran anak zaman sekarang. (Shutterstock)

Tanpa disadari, me time atau waktu untuk dirimu sendiri kerap hilang karena kesibukanmu setiap hari dan kewajiban untuk manjain pacar saat weekend.

Ketika me time hilang, maka secara gak langsung keuanganmu pun terancam lho. Jelas saja, porsi pengeluaranmu yang terbesar pasti hanya untuk “dia.”

Untuk apa sih kamu habiskan uangmu bersama “dia”? Apakah untuk kegiatan menuju #MerdekaFinansial? Tentu saja tidak.

Memanjakan dirimu sendiri juga penting, begitu pula dengan melakukan apa yang jadi hobimu. Orang tanpa hobi itu gak seru. Biasanya, mereka ini adalah orang-orang yang gampang stres.

5. Cinta buta tanpa juntrungan

Gaya pacaran anak jaman sekarang. (Shutterstock)
Gaya pacaran anak zaman sekarang. (Shutterstock)

Ketika hari gini kamu masih mencari kesenangan yang berkedok cinta, maka bakal berantakanlah keuanganmu di kemudian hari. Kamu sama saja buang-buang waktu dan menghabiskan uang bersama orang yang gak bakal jadi pasangan di masa depan.

Kenapa gak nyari yang serius saja? Toh waktu pacaranmu bisa jadi investasi yang sangat berharga buat masa depan.

Itulah lima gaya pacaran anak zaman sekarang yang harus kamu jauhi jika ingin #MerdekaFinansial.

Gak sedikit yang bilang kalau menikah memang bisa membuatmu makmur. Tapi hal yang sebaliknya juga bisa terjadi ketika kamu salah pilih pasangan.

Masih berani menerapkan gaya pacaran seperti yang disebutkan di atas?

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.