Ini 5 Deretan Gempa Bumi Terbesar Skala Dunia Salah Satunya di Indonesia

3 menit
gempa bumi
Ini 5 Deretan Gempa Bumi Terbesar Skala Dunia Salah Satunya di Indonesia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Berada di dekat kawasan Ring of Fire membuat Indonesia sangat rentan akan bencana alam gempa bumi. Gak cuma di Indonesia, bencana tersebut juga mengancam beberapa negara lainnya seperti pesisir Amerika Selatan hingga kepulauan Madagaskar.

Pada tanggal 2 Agustus 2019 kemarin wilayah Selat Sunda mengalami sebuah gempa berkekuatan 6,9 skala richter sampai membuat sebagian warga Banten hingga Jawa Tengah panik.

“Merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya deformasi batuan di dalam lempeng Indo-Australia,” terang kepala BMKG Dwikorita Karnawati ketika memberikan informasi ke media pada 2 Agustus 2019, mengutip dari Detik.

Kerugiannya pun lumayan banyak terdapat lebih dari 100 rumah yang mengalami kerusakan dan 4 orang meninggal dunia. Yang namanya bencana alam emang bakal membawa kerugian sangat besar nih bagi suatu wilayah.

Ngomongin soal bencana, ternyata terdapat 5 peristiwa gempa bumi terbesar sepanjang sejarah yang mengakibatkan kerugian lumayan banyak lho guys. Salah satunya pernah terjadi di Indonesia, penasaran? Mending kita lihat aja yuk langsung daftar lengkapnya berikut ini:

Baca juga: 16 Bangunan yang Jadi Gedung Tertinggi di Dunia Saat Ini, Berapa Modal Bangunnya?

5. Gempa di Kamchatka – 9.0 Skala Richter

gempa bumi
Gempa di Kamchatka – 9.0 Skala Richter ini paling dahsyat di dunia, (devastatingdisasters.com).

Mengutip dari Largest,  bencana terparah kelima yang masuk dalam daftar terjadi di kota Kamchatka, Russia di tahun 1959. Akibat gempa ini setidaknya 15 ribu orang mengalami dampak buruk dari bencana alam ini. 

Bahkan saking kuatnya gesekan lempeng bumi di wilayah pasifik ini sampai mengakibatkan tsunami setinggi 50 meter. Dan uniknya salah satu wilayah yang mengalami dampak terparah ada di kepulauan Hawaii dengan kerugian mencapai Rp 241 miliaran.

Baca juga: Dekat dengan Artis Papan Atas, Ini 6 Fakta Fitri Salhuteru! Salah Satunya Pengusaha Sukses

4. Gempa Tohoku – 9.1 Skala Richter

gempa bumi
Gempa Tohoku – 9.1 Skala Richter salah satu yang terbesar dan terdahsyat di dunia, (purch.com).

Gempa terbesar yang pernaha ada yakni melanda negeri Sakura, Jepang. Gempa yang berkuatan hebat mencapai 9.1 skala richter ini mengguncang kota Tohoku, Jepan di 2011. Akibat bencana ini setidaknya 22 ribu warga Jepang mengalami kesulitan akibat gempa ini. 

Selain karena dampak guncangan yang kuat peristiwa ini juga mengakibatkan tsunami setinggi gedung 12 lantai yang sangat parah. Diperkirakan jumlah kerugiannya mencapai Rp 3,3 triliunan atau menjadi salah satu yang terbanyak sepanjang sejarah.

Baca juga: Sekali Posting Instagram, 10 Seleb Ini Mendapatkan Uang hingga Rp 7 Miliar!

3. Gempa bumi Aceh – 9.1 Skala Richter

gempa bumi
Gempa dan tsunami di Aceh merupakan terbesar dan terdahsyat lho, (dw.com).

Masih terekam oleh masyarakat Serambi Mekkah, Aceh soal bencana yang menimpanya pada bulan desember tahun 2004 silam. Ribuan warga Aceh berhamburan akibat gempa dan tsunami. Orang yang terdampak karena kejadian ini mencapai 227 ribu orang.

Gak hanya di Indonesia bahkan derasnya arus ombak yang menghantam bibir pantai juga dirasakan di negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand. Belum ada angka pasti seberapa banyak kerugiannya tapi diperkirakan mencapai triliunan rupiah.

2. Gempa di Alaska – 9.2 Skala Richter

gempa bumi
Gempa di Alaska – 9.2 Skala Richter melanda Alaska, (theatlantic.com).

Duduk di posisi runner up ada kejadian yang terjadi di Alaska pada tahun 1964 yang bertepatan pada perayaan umat Kristiani Jumat Agung. Akibat bencana ini setidaknya sekitar 130 orang mengalami efek buruk dari bencana ini.

Walaupun jumlah korbannya terlihat sedikit tetapi dampak kerusakan yang dialami mencapai angka Rp 1,6 triliunan.

1. Gempa di Valdivia – 9.5 Skala Richter

gempa bumi
Gempa di Valdivia mencapai 9.5 Skala Richter melanda negeri ini, (santiagotimes.cl).

Bencana alam terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah terjadi di Valdivia, Chili. Pada tahun 1960 silam, kita Valdivia mengalami goncangan hebat akibat gempa bumu dengan kekuatan mencapai 9.5 skala richter. Gempa dahsyat ini membawa dampak gak bagus, setidaknya 6 ribu jiwa mengalami bencana ini.

Pergeseran lempeng Nazca yang berada di Amerika Selatan tersebut menyebabkan tsunami hingga menyeberangi samudera Pasifik dan mencapai pesisir Jepang serta Selandia Baru.

Biaya yang harus dikeluarkan akibat bencana ini lebih dari Rp 5 triliunan saat itu.

Nah, itulah 5 bencana gempa bumi terbesar yang pernah terekam sepanjang sejarah manusia. Semoga kedepannya warga Indonesia di daerah rawan gempa bisa lebih hati-hati dan cepat melakukan evakuasi ya, guys! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1