Incar Milenial dan Gunakan Robot, Untung Generali Lompat 3 Kali Lipat

2 menit
Ilustrasi Nasabah Asuransi (Shutterstock)
Ilustrasi Nasabah Asuransi (Shutterstock)

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) mencatat laba setelah pajak sebesar Rp 179,5 miliar. Jumlah itu mengalami pertumbuhan tiga kali lipat dari tahun sebelumnya sebesar Rp 61,3 miliar.

Selain pertumbuhan laba yang signifikan, total aset Generali Indonesia juga bertumbuh mencapai hampir Rp 7 triliun.

Edy Tuhirman CEO Generali Indonesia mengatakan, pertumbuhan laba Generali di tahun 2018 ini didukung oleh penguatan bisnis. Diantaranya melalui inovasi berkesinambungan. Baik dan sisi produk maupun layanan.

“Meskipun persaingan industri asuransi jiwa saat ini sangat ketat, hal ini tidak menyurutkan ambisi Generali untuk terus bertumbuh. Melalui produk-produk inovatif yang mampu mengoptimalkan investasi dan rangkaian perlindungan kesehatan. Kami terus fokus untuk menjawab kebutuhan nasabah dan melakukan differensiasi produk. Hal ini sebagai kunci sukses dan faktor pembeda di pasar asuransi,” ujar Edy saat konfrensi pers di Generali Tower, Jakarta.

Selain mencatatkan laba setelah pajak sebesar tiga kali lipat, Generali menutup tahun 2018 dengan pertumbuhan premi lanjutan 26 persen. Ini membuktikan tumbuhnya tingkat kepercayaan nasabah terhadap perlindungan Generali.

“Dari segi laba, kami naik sampai tiga kali lipat, dan itu suatu hasil yang membuat kami banyak terima kasih. Kondisi keuangan generali sangat solid dan dari detik ini sampai kedepan akan terus melakukan inovasi,” tambah Edy.

Selain itu, dana kelolaan Generali sepanjang 5 tahun terakhir selalu menunjukkan pertumbuhan yang baik dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 31 persen. Dengan dana kelolaan (unit link) sebesar 4,1 triliun pada tahun 2018.

Dengan total perolehan premi bruto sebesar 2,8 triliun pada tahun 2018 dan rasio solvabilitas berada di posisi 314 persen atau 2,6 kali lipat dibanding minimum 120 persen yang ditetapkan pemerintah.

“Kami terus akan memperkuat jalur distribusi di segala lini. Baik melalui bank rekanan (bancassurance), keagenan, maupun bisnis kumpulan (group business),” paparnya.

Menutup tahun 2018, jalur keagenan masih memberikan kontribusi terbesar yakni sebesar 55 persen, bancassurance 32 persen dan bisnis kumpulan sebesar 13 persen.

Optimisme 2019

Sedangkan dalam hal pemberian hak nasabah di tahun 2018, perseroan mencatatkan pembayaran dana klaim kesehatan dan meninggal dunia sebesar Rp 627 miliar. Nilai itu meningkat 16 persen dari tahun sebelumnya.

“Kuncinya memang berani tampil untuk benar-benar inovasi dan menjadi pionir dalam banyak hal, seperti Robo Arms hal yang baru dalam dunia asuransi,” kata Edy.

Sepanjang tahun 2019 ini, perusahaan berkomitmen untuk terus memberikan solusi terbaik untuk nasabah. Setelah kehadiran Generali l-Signature dengan layanan kesehatan DNA Journal untuk nasabah prioritas. Juga ROBO ARMS yang mampu mengendalikan otomatis unit link nasabah,

“Kami juga akan memperhatikan segmen anak muda milenial dengan menghadirkan produk Cemerlang yang kami luncurkan hari ini. Kami percaya dengan fokus pada kebutuhan di masing-masing segmen pasar, ini akan semakin memperkuat posisi Generali di industri asuransi jiwa Tanah Air,” tegas Edy.

PT Asuransi Jiwa Generali lndonesia (Generali Indonesia) merupakan bagian dari Generali Group yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 2009. Pihaknyna mengembangkan bisnis melalui jalur multi distribusi yaitu asuransi kesehatan grup. Disamping keagenan dan bancassurance yang tersebar pada lebih dari 40 kota di Indonesia.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan