Milenials, Ini Investasi Zaman Now yang Cocok Buat Kamu

2 menit
Investasi untuk milenial (Shutterstock)

Generasi milenial dikaitkan melek teknologi dan kerap pamer gaya hidup di media sosial, hingga membuat mereka dicap sulit melakukan perencanaan keuangan dan berinvestasi. Anggapan itu gak selamanya benar, masih banyak investasi yang cocok untuk milenial.

Generasi milenial memang suka travelling, nongkrong di kafe maupun makan di restoran mewah sebagai sarana bersosialisasi. Namun, jangan salah! Mereka juga tetap bisa berinvestasi. Hanya saja, ada investasi yang cocok diterapkan generasi milenial.

Aktor Adrian Maulana yang juga Senior Vice President Intermediary Business PT Schroder Investment Management Indonesia mengungkapkan, ada investasi yang sangat tepat buat generasi milenial.

Nah, buat kamu yang penasaran ingin tahu apa saja investasi yang cocok untuk generasi milenial, yuk simak pemaparan berikut:

Reksa dana

Investasi reksadana
Investasi reksadana

Menurut Adrian, memiliki investasi saat ini tidak hanya untuk kalangan dewasa dan orangtua, tetapi akan sangat baik jika generasi muda sudah melek akan investasi.

Investasi yang paling tepat untuk generasi milenial adalah reksa dana. Pasalnya, instrumen tersebut memiliki kelebihan dari sisi praktis dan terjangkau.

“Reksa dana bisa dimulai dengan Rp 100.000 saja dan tidak perlu meninggalkan pekerjaan, atau menganggu pekerjaan,” ujar Adrian saat acara Wealth Wisdom Permata Bank di Ritz Carlton, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Cara kerja

Cara kerja Reksadana (Shutterstock)
Cara kerja Reksadana (Shutterstock)

Terkenal sebagai generasi yang gak mau ribet dan suka yang “fun”, membuat anak milenial lebih pas berinvestasi yang tidak mengganggu pekerjaan mereka.

Karena itu, investasi reksa dana sangat pas buat mereka. Pasalnya, dikelola perusahaan manajemen investasi gak akan mengganggu pekerjaan. Selain itu, akan lebih dimudahkan dengan proses digitalisasi saat ini.

“Enggak melulu jadi investor kita bisa melakukan keduanya sekaligus (pekerja dan investor),” imbuhnya.

Tujuan investasi

Tujuan investasi
Tujuan investasi

Menurut Adrian, jika ditanya investasi apa yang paling tepat untuk generasi milenial, tentu akan balik kepada diri sendiri masing-masing. Sebab, masing-masing investor akan memiliki tingkat risiko yang berbeda dan tujuan investasi itu.

“Mana yang terbaik harus diri sendiri yang menentukan,” jelasnya.

Kemudian, dari sisi keamanan, reksadana merupakan investasi yang legal atau memiliki aturan hukum. Seperti diawasi Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, buat kamu yang belum berinvestasi, jangan sampai masa lajang terbuang percuma, yuk mulai investasi!

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!