5 Fakta Inspiratif dari George HW Bush yang Mungkin Belum Kamu Tahu

4 menit
George HW Bush (kanan) dan putranya George W Bush. (Instagram/@georgewbush)
George HW Bush (kanan) dan putranya George W Bush. (Instagram/@georgewbush)

Belum lama ini, kematian mantan Presiden Amerika Serikat George HW Bush atau Bush senior jadi pembahasan di banyak media lokal maupun internasional. Pria ini berkuasa di Negeri Paman Sam pada tahun 1989 hingga 1993, lebih tepatnya di akhir Perang Dingin dan awal Perang Irak.

Pria yang wafat pada usia 94 tahun ini memang cukup aktif dalam membangun koalisi militer internasional, guna menumbangkan Saddam Hussein di Irak. Di satu sisi, dia kerap dipandang sebagai seorang nasionalis, tapi di sisi lain dia kerap dikritik karena mengabaikan urusan domestik di negaranya yang jauh lebih penting.

Alhasil dia pun dikalahkan oleh Bill Clinton pada Pilpres 1992. Akan tetapi, putranya George W Bush berhasil naik ke tampuk kekuasaan setelah masa bakti Bill Clinton berakhir.

Sebagai pemimpin negeri adidaya, nama keluarga Bush memang kurang disukai terutama di kalangan masyarakat Indonesia. Mungkin gak jauh beda dengan Donald Trump, mengingat kebijakan dan pernyataannya sering menimbulkan kontroversi.

Meski demikian, ada beberapa fakta dari George HW Bush yang mungkin belum kamu ketahui. Mau tahu lebih lanjut? Simak di bawah ini yuk.

1. George HW Bush adalah pengusaha tajir

George HW Bush dan istrinya Barbara Pierce. (Instagram/@georgewbush)
George HW Bush dan istrinya Barbara Pierce. (Instagram/@georgewbush)

Sebelum jadi presiden, ternyata George HW Bush dulunya adalah pengusaha kaya di bidang perminyakan!

Bush merupakan seorang pria kelahiran Massachusetts yang akhirnya pindah ke Texas. Nah, ketika dia di Texas, dia mendirikan sebuah perusahaan minyak pada tahun 1964. Alhasil, dia pun sukses dan jadi tajir melintir di usianya yang saat itu masih 40 tahun.

Setelah dia kaya raya, dia pun mulai menunjukkan ketertarikannya di bidang politik. Walaupun sempat kalah dua kali dalam pemilu legislatif tahun 1964, Bush Senior malah berhasil jadi Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1974. Lebih tepatnya saat Richard Nixon menduduki Gedung Putih.

Di situlah akhirnya dia memulai kariernya dalam dunia politik. Kekayaannya terus bertambah.

Bayangin saja dia sempat jadi utusan khusus untuk Cina, Direktur CIA, hingga akhirnya nyapres di tahun 1988.

2. Total kekayaan diprediksi US$ 25 juta

George HW Bush (kiri) dan putranya George W Bush. (Instagram/@georgewbush)
George HW Bush (kiri) dan putranya George W Bush. (Instagram/@georgewbush)

Total kekayaan George HW Bush diprediksi ada di angka US$ 25 juta. Tapi prediksi itu merupakan prediksi tahun 2013 lho ya. Kalau di Rupiahkan dengan nilai kurs saat ini ya kurang lebih sekitar Rp 357 miliar.

Nominal kekayaan sebesar itu sih masih dibilang belum terlalu kaya untuk seorang Presiden Amerika Serikat. Masih banyak presiden-presiden lawas yang lebih tajir ketimbang Bush senior.

3. Lahir dari keluarga politisi

George HW Bush (kiri) dan putranya George W Bush. (Instagram/@georgewbush)
George HW Bush (kiri) dan putranya George W Bush. (Instagram/@georgewbush)

George Hebert Walker Bush adalah seorang presiden yang memang lahir dari keluarga politisi. Ayahnya, Prescott Bush adalah seorang anggota DPR dari Connecticut.

Sebelum aktif di DPR, Prescott Bush adalah seorang pejabat tinggi di perusahaan. Di tahun 1924 dia menjadi Wakil Presiden dari bank bernama Harriman & Co, serta sempat aktif di United States Rubber Company.

Sebagai seorang profesional, Prescott Bush jelas punya koneksi bisnis yang kuat. Konon kabarnya, kesuksesan George HW Bush dalam bisnis dipengaruhi oleh ayahnya yang kerap membantu George memperluas jaringannya. Wajar saja sih kalau begitu.

4. Dia adalah seorang manula yang punya fisik kuat

George HW Bush (duduk di kursi roda) dan putranya George W Bush. (Instagram/@georgewbush)
George HW Bush (duduk di kursi roda) dan putranya George W Bush. (Instagram/@georgewbush)

Setuju gak kalau beliau dikatakan panjang umur? Bush memang memiliki fisik yang kuat dan sehat.

Dulu, dia sempat menjadi pilot termuda di Angkatan Laut. Asal kamu tahu, Bush bergabung dalam dinas militernya setelah tragedi Pearl Harbor.

Untuk bisa mengemban tugas sebagai personil angkatan bersenjata, seseorang wajib memiliki fisik yang kuat dan sehat. Nyatanya, kebiasaan hidup sehat itu masih dia bina hingga lanjut usia.

Bayangin saja, saat dia berulang tahun yang ke 75, 80, dan 85, Bush merayakannya dengan melakukan atraksi terjun payung! Serius gak bohong.

Coba kalau dipikir, kita sendiri saja mungkin gak berani melakukan itu. Tapi ternyata kakek-kakek yang usianya sudah lanjut masih bisa. Memang deh, soal kesehatan, dia memang patut diacungi jempol.

5. Pernikahan beliau bertahan hingga 73 tahun

George HW Bush dan istrinya Barbara Pierce. (Instagram/@georgewbush)
George HW Bush dan istrinya Barbara Pierce. (Instagram/@georgewbush)

Bush senior memang kerap disebut sebagai seorang suami dan ayah yang setia. Sampai kakek nenek, Bush dan mendiang istrinya Barbara seringkali terlihat mesra.

Pernikahan Bush dan Barbara Pierce berlangsung pada 6 Januari 1945 silam. Bush pun dikaruniai enam orang anak.

Pasangan mantan Presiden dan Ibu Negara AS itu pun diklaim sebagai pasangan suami-istri Presiden AS terlama!  

Itulah lima fakta George HW Bush yang mungkin belum kamu ketahui. So, tentunya gak semuanya tentang Bush selalu kontroversial dan negatif bukan?

Masih ada beberapa hal inspiratif yang bisa kita dapat dari karier dan hidupnya. Yang pertama adalah bagaimana beliau menjaga kesehatan hingga panjang umur, karier bisnis yang patut diacungi jempol, dan keberhasilannya dalam membina biduk rumah tangga.

Kira-kira gimana nih menurutmu? Cukup inspiratif?

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong