Tajir tapi Naik Mobil Butut dan Hidup Sederhana! Ini Fakta Penulis Game of Thrones

3 menit
George R. R. Martin
George R. R. Martin penulis Game of Thrones yang hidup sederhana ( Kevork Djansezian/Getty Images)

George RR Martin pengarang cerita “Game of Thrones (A Song of Fire and Ice)”  telah resmi menjadi salah satu penulis, dan produser televisi tersukses sepanjang sejarah. Dia disejajarkan seperti J.K. Rowling, Stephen Kings, dan lainnya.

Bayangin saja, novel karya Martin kini terjual 25 juta kopi ke seluruh penjuru dunia. Dan, serial “Game of Thrones” yang diadopsi dari novel tersebut juga menjadi salah satu tontonan favorit kita saat ini.

Menurut laporan situs Celebrity Net Worth, dia mendapat royalti dari HBO senilai US$ 15 juta per season.

Berhubung sekarang serial “Game of Thrones” sudah memasuki season ke delapan, artinya George RR Martin sudah mengantongi uang US$ 120 juta atau setara dengan Rp 1,7 triliun.

Selain royalti dari HBO, pria berjanggut putih kelahiran 1948 silam ini juga mendapat royalti dari karya tulisnya senilai US$ 10 juta atau Rp 141 miliar. Wow, duitnya banyak banget ya!

Satu hal yang mungkin bikin kamu ngefans sama dia adalah, Martin merupakan orang yang bergaya hidup sederhana. Pengin tahu fakta-fakta seputar George RR Martin? Simak ulasan berikut:

1. Terlahir dari keluarga menengah ke bawah

George RR Martin
George R. R. Martin terlahir dari keluarga menengah ke bawah (Getty Images)

George RR Martin merupakan putra dari seorang petugas pelabuhan. Bisa dibilang, keluarga Martin saat itu merupakan warga kelas menengah ke bawah di New Jersey. Mereka hidup di rumah yang sangat sederhana, dan gak memiliki mobil.

Martin muda pada saat itu adalah seorang kutu buku yang jago dalam urusan bercerita. Dan, dia lulusan dari Fakultas Jurnalistik di Medill School of Journalism.

Baca juga: Winter Is Coming.. Segini Jumlah Kekayaan 8 Artis Game of Thrones

2. Sempat kerja dengan penghasilan pas-pasan dan mengajar

Di pertengahan tahun 1970, Martin mengalami dilema dalam kariernya. Dia hanya mendapat penghasilan pas-pasan sebagai penulis, dan seorang kompetitor di turnamen catur.

Alhasil, dia bertemu seorang profesor bernama George Guthridge yang akhirnya membantunya mencari pekerjaan.

Seiring berjalannya waktu, Martin pun mengajar Bahasa Inggris dan Jurnalistik di Clarke College. Hingga akhirnya, di tahun 1977, dia mengundurkan diri dan memutuskan menjadi penulis sains fiksi.

Singkat cerita, dia pun sukses di dunia tulis menulis hingga berhasil melahirkan karya-karya yang menarik. Salah satunya, “A Song of Ice and Fire”. Sejumlah penghargaan pun berhasil disabetnya.

Baca juga: Mencapai Rp 10 M! Segini Gaji Para Pemain “Game of Thrones” Musim Terbaru

3. Tinggal di rumah sederhana

George RR Martin
George RR Martin tinggal di rumah sederhana (celebritynetworth)

Meski sudah punya uang triliunan rupiah, kehidupan George RR Martin justru terbilang sederhana. Dia gak tinggal di rumah mewah yang dilengkapi fasilitas-fasilitas wow ala selebriti Hollywood.

Penampakan rumahnya yang terletak di Santa Fe juga sama sekali gak mewah. Kotak surat di rumahnya berbentuk kastil berwarna abu-abu yang cukup unik.

Bangunan rumah berwarna cokelat kekuningan itu terlihat biasa-biasa saja, dan jauh dari kata mewah. Tamannya pun terlihat tak terawat dengan baik.

4. Naik mobil jadul

George RR Martin
George RR Martin naik mobil jadul (celebritynetworth)

Yang cukup mengejutkan adalah, kendaraan sehari-hari George RR Martin adalah mobil Mazda jadul yang sepertinya merupakan lansiran tahun 1990-an.

Mungkin kamu pun bingung, masa iya penulis setajir dia masih saja naik mobil jadul. Jangan heran, Jeff Bezos yang notabene-nya orang terkaya sejagat pun masih naik Honda Accord tahun 1990-an dan Chevrolet Blazer.

Bisa jadi, mobil butut yang satu itu memang punya kenangan tersendiri bagi pengarang cerita “Game of Thrones” ini. Sama saja seperti Tukul yang masih menyimpan mobil pertamanya, yaitu Mitsubishi Galant Sigma.

5. Gak suka makan mewah

George RR Martin
George RR Martin gak suka makan mewah (Instagram/@gotinsider)

Celebrity Net Worth juga melaporkan, pria ini gak terlalu suka makan di restoran mewah. Untuk urusan kuliner, dia justru lebih suka hidangan ala Meksiko atau barbeku saja.

Di sini mungkin barbeku adalah hidangan mewah, lihat saja resto-resto yang menyajikan barbeque all you can eat. Pasti harganya di atas Rp 200 ribuan, tapi lain halnya di Amerika Serikat.

Itulah lima fakta George RR Martin, yang ternyata tetap hidup sederhana walau sudah berduit. Latar belakangnya yang dulu hidup susah tentu bisa membuatnya mudah dalam bergaya hidup hemat saat sudah sukses.

Coba kalau sewaktu-waktu kamu sukses tapi gaya hidupmu seperti dia. Pasti pengeluarannya gak gede tuh dan uangmu bisa dimanfaatkan ke hal-hal yang lebih produktif. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.