Gila Belanja? Waspadai 6 Momen yang Paling Menggoda Iman Ini

Belanja emang menyenangkan, baik untuk wanita maupun pria. Tapi hati-hati, hal inilah yang sering kali membuat keuangan jadi berantakan. Apalagi kalau kamu gila belanja.

Nah, kalau kamu termasuk yang kayak gitu, wajib buat kamu mewaspadai enam momen berikut ini. Pasalnya, di saat-saat inilah godaan buat belanja bakalan muncul dengan kuat.

Seperti yang dilansir dari huffingtonpost, berikut enam momen yang harus kamu waspadai biar gak mendadak jadi gila belanja.

1. Ketika mendapatkan uang tambahan

gila belanja
Ketika mendapatkan uang tambahan (theodysseyonline)

Banyak orang yang seringkali tergoda untuk berbelanja saat mereka mendapatkan uang tambahan, seperti bonus atau hadiah ikut kuis tertentu.

Karena merasa mendapat rejeki nomplok, banyak dari mereka yang kalap saat berbelanja. Padahal kan alangkah baiknya kalau 70 persen uang yang kamu dapatkan itu ditabung dan 30 persennya baru untuk bersenang-senang. Nah, salah satunya buat belanja.

[Baca: Yuk Cari Uang Tambahan dari 5 Sumber Pendapatan Pasif Ini!]

2. Saat mengalami hari yang buruk

gila belanja
Saat mengalami hari yang buruk (psy-conference)

Belanja memang menyenangkan. Bahkan banyak dari mereka yang bahagia atau stresnya hilang setelah berbelanja.

Karena itu sangat disarankan agar kamu tidak berbelanja saat mengalami hari yang buruk seperti marah, kesepian, takut maupun lelah.

Jika kamu memaksakan diri tetap belanja di waktu itu. Jangan heran kalau dompetmu jebol karena membeli barang yang gak perlu.

3. Ketika sedang mengecek email

gila belanja
Ketika sedang mengecek email (thehindu)

Saat kamu sedang membuka email, tak jarang kamu akan menemukan berbagai promosi menarik dari e-commerce atau marketplace.

Terlebih lagi banyak dari mereka yang meminta kamu untuk bersedia memberikan alamat email untuk berlangganan dan mendapatkan potongan diskon.

Hal itu memang menggoda, tapi juga sangat berbahaya. Pasalnya strategi penjualan dalam waktu terbatas itu akan memberikan perasaan mendesak.

Faktanya adalah banyak orang yang lebih tergoda berbelanja dengan waktu yang terbatas dan akhirnya malah mendorong kamu untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Karena itu, disarankan agar kamu lebih waspada dan berpikir ulang lagi untuk berbelanja setelah mendapat iklan diskon lewat email..

4. Saat kamu sedang mabuk

gila belanja
Saat kamu sedang mabuk (theodysseyonline)

Perlu kamu ketahui, kalau hampir setengah orang di Amerika mendadak jadi gila belanja saat mereka sedang mabuk.

Bahkan seringkali mereka membeli barang mahal yang memang tidak dibutuhkan atau menraktir orang saat sedang ada di tempat hiburan.

Karena itu, ketika kamu berencana menenggak alkohol, sebaiknya titipkan dompet ke temanmu dan beritahu temanmu untuk melarang saat kamu ingin berbelanja.

Dan mulai peringatkan juga diri kamu tentang bahaya belanja saat mabuk. Kamu gak mau kan kelilit utang gara-gara belanja saat mabuk?

5. Saat libur panjang atau hari raya

gila belanja
Saat libur panjang atau hari raya (grouper)

Libur panjang atau hari raya memang waktu yang sulit untuk mengendalikan diri dari hasrat berbelanja. Apalagi saat kamu ke malli, eh banyak sekali diskon.

Godaan untuk membawa pulang sepatu atau baju tentu sangat susah ditahan. Tapi ingat, mengikuti hawa nafsu itu gak akan bagus.

Kami tentu gak mau kan membeli barang yang gak dibutuhkan dengan harga yang cukup menguras kantong hanya karena tergoda diskon.

[Baca: 7 Trik Sukses Belanja di Hari Belanja Online Nasional alias Harbolnas]

6. Saat memiliki kemudahan untuk membayar

gila belanja
Saat memiliki kemudahan untuk membayar (dailysocial)

Banyak orang yang seringkali tergoda untuk berbelanja saat mereka memiliki kemudahan untuk membayar, seperti memiliki m-banking, internet banking, maupun kartu kredit. Apalagi kalau ada diskon atau promo dari alat transaksi tersebut.

Tapi tahu-tahu, saat dicek uangmu udah tinggal sisa sedikit aja. Dan bahkan kamu rela menggunakan uang yang seharusnya digunakan untuk keperluan lain.

Kalau kayak gitu terus, yang ada kamu mengalami masalah keuangan atau bahkan berisiko terlilit utang. Duh, amit-amit deh.

Itu dia enam waktu belanja yang harus kamu hindari kalau gak mau mendadak jadi gila belanja dan bangkrut seketika. Mulai sekarang, coba lebih bisa tahan diri ya. Emang mau terjebak kecanduan belanja terus? Kapan nabung dan investasinya nanti?

[Baca: Mau Belanja Online Murah? Pilih 9 Waktu Terbaik Ini]

Puri
Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560