Ada yang Terinspirasi Tsunami Aceh! 9 Gitar Listrik Ini Termahal Sejagat

5 menit
Gitar listrik Fender Stratocaster “Brownie” Eric Clapton
Gitar listrik Fender Stratocaster “Brownie” Eric Clapton

Anak band pasti tahu instrumen gitar listrik harganya gak murah. Mahal atau murahnya sebuah gitar, tentu gak cuma dinilai dari kualitas bahan atau suaranya, tetapi juga dari sejarahnya.

Alat musik yang terbuat dari kayu ini memang sangat menggoda iman bagi anak band, musisi, atau para pencinta musik. Mau sampai kapanpun, gitar listrik mahal, dan berkualitas pasti bisa bikin betah di rumah.

Buat yang gak ngerti pasti mereka berpikir buat apa gitar mahal-mahal kalau cuma digenjreng-genjreng di rumah.

Tapi, buat yang paham, gitar listrik gak cuma sekadar alat musik. Melainkan, sebuah senjata untuk menaklukkan para penonton di festival musik, menjadi pajangan dengan nilai seni yang tinggi.

Bicara soal gitar, ada sembilan gitar yang dinobatkan sebagai gitar listrik termahal yang pernah terjual di dunia.

Harganya pasti bikin kaget, tapi buat yang paham gitar, gitar-gitar termahal ini sejatinya menggunakan material yang sama dengan gitar seharga Rp 20 atau Rp 30 jutaan. Kenapa ya harga gitar bisa mahal?

Situs GAK Music telah menghimpun gitar-gitar termahal sejagat. Penasaran dengan gitar-gitar yang dimaksud? Yuk, simak ulasannya di sini:

1. Fender Stratocaster “Brownie” – Eric Clapton

Fender Stratocaster “Brownie” Eric Clapton
Fender Stratocaster “Brownie” Eric Clapton

Ini cuma sebuah Fender Stratocaster yang mungkin sering kamu lihat di toko musik dalam negeri atau online. Bahkan, kalau diperhatikan, Fender berwarna vintage sunburst yang diberi nama Brownie ini sudah dekil di bagian fretnya.

Gitar ini dibuat tahun 1956 dan dibeli oleh Eric Clapton tahun 1967 seharga US$ 400 doang. Tapi, gitar ini bisa dijual US$ 450 ribu alias Rp 4 miliaran di tahun 1999. Kok bisa?

Setelah ditelusuri, ternyata gitar listrik ini digunakan oleh Clapton saat dia menggelar tur bersama band lawasnya, Cream, serta debut solo album Clapton.

Kalau kamu penasaran gimana suaranya, dengarkan saja lagu Clapton yang berjudul “Layla” pada tahun 1970-an.

Di tahun 1999, gitar ini dilelang untuk biaya rehabilitasi narkoba dan kecanduan alkohol yang dialami Clapton. Wajar deh kalau ada yang sanggup bayar mahal.

Baca juga: Motor Ducati Seleb, Raffi Ahmad Paling Banyak Koleksinya Lho

2. Fender Stratocaster Gold Leaf – Eric Clapton

Fender Stratocaster Gold Leaf Eric Clapton
Fender Stratocaster Gold Leaf Eric Clapton

Masih dari koleksi gitar listrik Eric Clapton, gitar selanjutnya juga Fender Stratocaster, tapi diberi nama Gold Leaf.

Gitar Fender berwarna emas ini memang terlihat apik dan elegant. Gitar ini dibuat langsung oleh maestro gitar bernama Mark Kendrick, atas permintaan Clapton dan membuatkan gitar berlapis emas 23 karat.

Kabarnya, Clapton memang ingin sebuah gitar yang bisa dipajang di museum. Fender pun membuatkan gitar ini dan Gold Leaf dia gunakan di Legend Tour 1997 dan tur lain di tahun 2001, sebelum akhirnya terjual di lelang di harga US$ 455 ribu atau Rp 3,5 miliar.

Baca juga: Komedian Kaya! Narji Koleksi Mobil Mewah dan Sepatu Jordan di Rumahnya

3. Gibson SG – George Harrison dan John Lennon

Gibson SG George Harrison dan John Lennon 2
Gibson SG George Harrison dan John Lennon 2

Selain Fender, Gibson juga merupakan merek gitar listrik legendaris yang terkenal mahal. Anak band pasti tahu. Varian SG adalah varian cutting ganda, yang cukup populer di kalangan musisi rock.

Meski gitar ini biasa dijual Rp 30an juta, tapi Gibson SG yang pernah digunakan George Harrison dan John Lennon justru dijual US$ 570 ribu tahun 2004 atau setara dengan Rp 4,9 miliar.

Wajar saja, gitar ini digunakan untuk rekaman The Beatles di album Revolver dan White (1966 dan 1969).

4. Fender Stratocaster – Stevie Ray Vaughan

Fender Stratocaster Stevie Ray Vaughan
Fender Stratocaster Stevie Ray Vaughan

Yang gak paham gitar tentu mikir dua kali ketika melihat gitar ini. Gitar udah tua, catnya udah pada ngelotok kok bisa dijual US$ 623.500! Apa enaknya dimainin?

Bagi para gitaris, gitar Fender memang makin asyik dipandang dalam kondisi seperti itu. Mereka pun kerap menyebut kondisi tersebut dengan istilah “relic.”

Fender Strat milik Stevie Ray diberinama Lenny, yang gak lain adalah nama istrinya sendiri. Lenny membeli gitar ini sebagai hadiah ulang tahun di tahun 1980.

Setelah Stevie tewas dalam kecelakaan helikopter di tahun 1990, gitar ini pun dilelang oleh Jimmy, adik Stevie dan laris US$ 623.500.

5. Gibson ES-335 1964 – Eric Clapton

Gibson SG George Harrison dan Erick Clapton
Gibson SG George Harrison dan Erick Clapton

Lagi-lagi Eric Clapton, tapi kali ini merek gitarnya adalah Gibson. Lebih tepatnya, Gibson jenis hollowbody ES-335. Bukannya Clapton sering pakai Fender ya? Itu dia persoalannya.

Di tahun 1970, Clapton memutuskan untuk mengganti gitarnya dari Gibson ke Fender karena dia terinspirasi sama Jimmy Hendrix.

Asal kamu tahu, Gibson ini digunakan oleh Clapton ketika dia tergabung dengan Yardbirds, Cream, Bling Faith, dan John Mayall’s Bluesbreakers. Di tahun 2004, gitar ini dilelang alhasil malah laris US$ 847.500 atau Rp 7 miliar.

6. Fender Stratocaster Blackie – Eric Clapton

Nah, ini dia gitar listrik yang sangat iconic dan menjadi salah satu gitar favorit Eric Clapton. Di tahun 1950, dia membeli enam buah Fender Stratocaster yang harganya saat itu cuma US$ 200 hingga US$ 300 saja. Gitar itupun dia berikan ke George Harrison, Pete Townsend, dan Steve Winwood.

Dari tiga gitar yang tersisa, dia mempreteli gitar yang terbuat dari kayu alder dan mapel itu. Setelah itu dia pun mengombinasikan komponen-komponen terbaik dari gitar itu untuk menciptakan sebuah Stratocaster baru berwarna hitam, yang akhirnya diberi nama Blackie.

Gitar ini pertama kali digunakan Clapton di tahun 1973. Dan di tahun 2004, gitar ini laris dilelang di harga US$ 959 ribu atau Rp 8,6 miliar.

7. Washburn Hawk 22 – Bob Marley

Gitar listrik termahal selanjutnya adalah gitarnya Bob Marley. Sang Raja Reggae ini memang gak punya banyak gitar dan jumlah koleksi gitarnya pun gak diketahui. Itulah yang akhirnya membuat Washburn ini jadi terkenal.

Gitar berwarna walnut ini dibeli oleh Pemerintah Jamaika di harga US$ 1,2 juta atau Rp 14 miliar. Sayangnya gak ada informasi detail mengenai waktu terjualnya Washburn tersebut, namun diprediksi pembelian ini terjadi di tahun 2015-an.

8. Fender Stratocaster 1968 – Jimi Hendrix Rp 18 miliar

Fender Stratocaster 1968 Jimi Hendrix
Fender Stratocaster 1968 Jimi Hendrix

Eric Clapton yang gitarnya dilego di harga miliaran, mengaku terinpirasi dengan Hendrix. So, gak heran kalau gitarnya Hendrix dilego sampai US$ 2 juta atau Rp 18 miliar.

Gitar ini digunakan Jimi Hendrix di Woodstock. Alhasil, mendiang miliuner Paul Allen membeli gitar ini dengan harga fantastis!

9. Reach Out to Asia Stratocaster

Reach Out to Asia Stratocaster
Reach Out to Asia Stratocaster

Lagi-lagi Fender Stratocaster. Tapi, sayangnya ini bukanlah gitarnya Clapton, Hendrix, atau musisi top lainnya. Melainkan, ada tanda tangan banyak musisi.

Mereka adalah, Eric Clapton, Keith Richards, Mick Jagger, Ronnie Wood, Brian May, David Gilmour, Jimmy Page, Jeff Beck, Mark Knopfler, Pete Townshend, Tony Iommi, Angus Young, Malcolm Young, Sting, Ritchie Blackmore, members of Def Leppard, Bryan Adams, Liam Gallagher, dan Paul McCartney. Wow banyak banget!

Jadi di tahun 2004, terjadi bencana tsunami di Asia, salah satunya terjadi di Aceh. Gitar ini pun sengaja dibeli dan ditandatangani artis-artis terkenal dunia sebelum akhirnya dilelang tahun 2005 di Qatar. Alhasil, gitar ini pun laris US$ 2 juta atau Rp 19 miliar di tahun tersebut.

Itulah sembilan gitar listrik termahal sejagad yang harus kamu ketahui. Gak nyangka ya ternyata yang termahal justru dilelang untuk membantu korban bencana tsunami.

Kalau memang kamu hobi main gitar, intinya adalah apapun gitarnya yang penting bukan harganya melainkan tehnik main gitarnya. Percuma kan gitar mahal-mahal tapi asal genjreng, gak enak juga didengar di telinga. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan