Go-Food 4 Kali Lebih Besar Dari Grab Food, Nomor 3 Terbesar di Dunia

1 menit
Ilustrasi Layanan Go-Food (Shutterstock)
Ilustrasi Layanan Go-Food (Shutterstock)

Layanan pesan antar makanan Go-Jek, yakni Go-Food diklaim empat kali lebih besar dari layanan serupa kompetitornya, Grab Food. Berdasarkan data internal perusahaan, pangsa pasar layanan ini di Indonesia mencapai angka 80 persen.

Menurut Go-Jek, riset lain dari pihak ketiga (IDN Times) pada 2019 menunjukkan, layanan Go-Food paling banyak digunakan di Indonesia dibandingkan layanan sejenis. Bahkan, Founder dan CEO Go-Jek Global, Nadiem Makarim menyatakan, layanan besutan perusahaannya ini berada di nomor tiga di dunia.

“Layanan dari Go-Jek (itu) terdepan dan terbesar di Asia Tenggara dan nomor tiga di dunia,” kata Nadiem seperti dikutip dari wartaekonomi.co.id.

Nadiem juga menambahkan, 80 persen pesanan Go-Food berasal dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yakni restoran-restoran dan warung kecil. Lebih lanjut, menurut riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, 93 persen responden mitra UMKM mengaku mengalami peningkatan volume transaksi.

Rekan Nadiem, Chief Commercial Expansion Go-Food, Catherine Hindra Sutjahyo menambahkan, 90 persen di antara mitra UMKM mengalami peningkatan omzet. Rata-rata peningkatan omzet mencapai 3,5 kali lipat dari sebelum bergabung menjadi mitra.

Omset Mitra Go-Food Naik Sejak Gabung

“Menariknya, 85 persen mitra UMKM Go-Food menggunakan peningkatan pendapatannya untuk mengembangkan bisnis mereka,” cerita Catherine.

Riset LD FEB UI menemukan fakta, 55 persen mitra mendapatkan peningkatan klasifikasi omzet setelah bergabung dengan layanan ini. Peningkatan volume dan omzet bisnis memacu mitra UMKM untuk terus mengembangkan usahanya.

Per akhir 2018, Go-Food mencatatkan jumlah pesanan sebesar 30 juta per bulan di Asia Tenggara. Sementara, pertumbuhan jumlah pesanan layanan itu meningkat tujuh kali lipat, dari Desember 2016 ke Desember 2018.

Sementara jumlah mitra layanan ini di Indonesia hampir mencapai angka 400 ribu. Layanan ini terus berkembang dan menjadi favorit utama para pengguna utamanya di Indonesia. Jadi bagi kamu yang punya usaha dan tengah berupaya meningkatkan omset bisnis, nggak ada salahnya bergabung jadi mitra.

 

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan