Gugup? Sebaiknya Siapkan 7 Hal Ini di Hari Pertama Kamu Bekerja

4 menit
Persiapkan diri dengan baik di hari pertama bekerja (Shutterstock).

Ada perasaan bahagia tentunya jika kamu yang baru saja lulus kuliah kemudian diterima bekerja. Terlebih ketika perusahaan tersebut memang sudah lama kamu impikan.

Menjelang hari pertama masuk, wajar saja kalau kamu grogi, karena ini menjadi pengalaman bekerja pertamamu kan?

Daripada pusing memikirkan menggunakan pakaian apa saat hari pertama berada di perusahaan, ada baiknya kamu perhatikan hal ini agar hari pertama kamu mengesankan dan gak malu-maluin di depan rekan kerja.

Apa aja sih? simak yuk.

1. Berpakaian rapi sesuai aturan

Berpakaian rapi dan sesuai aturan merupakan hal wajib yang harus diperhatikan.

Berpakaian rapi dan sesuai aturan merupakan hal wajib yang harus diperhatikan. Jangan sampai kamu salah kostum di hari pertamamu bekerja. Karena itu bisa jadi predikat gak baik buatmu.

Kamu bisa pastikan ke perusahaan sebelum hari H tiba, apakah ada seragam yang wajib dikenakan atau tidak. Jika tidak, baiknya kamu memilih pakaian formal seperti kemeja dan celana atau rok bahan. Juga gunakan sepatu yang sesuai dengan penampilanmu.

Ingat, kesan pertama itu penting, jadi usahakan jangan dandan berlebihan ya.

2. Bawa alat tulis

Membawa alat tulis sendiri (Shutterstock).

Meski bekerja di sebuah perusahaan besar pasti memiliki peralatan lengkap guna menunjang kebutuhan pegawai, gak ada salahnya kok kamu mempersiapkan alat tulis sendiri dari rumah.

Apalagi kalau kamu belum diberitahu bisa mendapatkan peralatan tersebut dimana, kamu perlu menyiapkannya sendiri.

Catat hal penting yang kamu temui nanti. Apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Apa deskripsi pekerjaanmu, bagaimana sejarah perusahaanmu, bagaimana jam kerjamu, dan hal lain.

Jangan sampai kamu dicap gak becus bekerja hanya karena gak bawa peralatan atau alat tulis ya.

3. Datang sebelum jam masuk

Usahakan kamu datang satu jam sebelum waktu yang ditetapkan.

Usahakan kamu datang satu jam sebelum waktu yang ditetapkan. Hal ini baik untuk menyiapkan diri kamu untuk berhadapan dengan rekan juga atasan di perusahaan tersebut.

Datang pagi gak rugi kok, kamu bisa menyiapkan pekerjaan dengan baik. Selain dinilai disiplin, datang pagi tentu bisa membuat kamu lebih memperhatikan situasi lingkungan tempat bekerja.

Satu hal lagi, datang lebih awal juga bukan berarti kamu bisa pulang lebih awal ya. Meski jam kerja sudah lewat sedikit, kamu coba perhatikan sekeliling, apakah atasanmu masih bekerja atau tidak.

Bila atasan masih sibuk dengan pekerjaannya, kamu bisa menunggu hingga atasan pulang terlebih dulu. Tapi kalau atasan menyuruhmu untuk pulang, ya sudah kamu pulang.

4. Bersikaplah ramah

Bersikaplah ramah terhadap semua orang, terlebih di dunia pekerjaan.

Bersikaplah ramah terhadap semua orang, terlebih di dunia pekerjaan. Sikap seperti ini bisa membantu kariermu di kemudian hari. Juga, berikan senyum tulus kepada setiap orang yang kamu temui. Bukan hanya kepada atasan, rekan sejawat, klien, tetapi orang-orang di bawah seperti office boy atau satpam.

Bersikap ramah gak akan merugikanmu kok. Kamu malah bisa punya banyak teman, karena siapa tahu orang-orang tersebut akan menolongmu di kemudian hari. Benar gak?

Jangan lupa untuk mengenalkan diri, posisi dan informasi singkat lain kepada rekan di kantor. Karena kamu adalah anak baru, ada baiknya sedikit mengambil inisiatif. Jika ada yang bertanya jangan sungkan untuk menjawabnya ya.

5. Jangan sombong

Meski kamu memiliki banyak pengetahuan, di hari pertama bekerja ada baiknya jangan bersikap sombong.

Meski kamu memiliki banyak pengetahuan, di hari pertama bekerja ada baiknya jangan bersikap sombong atau terkesan kamu mengetahui semuanya. Mungkin maksud kamu baik, tetapi ingat, gak semua orang bisa menerima maksud baik dengan benar lho.

Anggaplah kamu tidak tahu apa-apa dan mau belajar dari nol. Belajarlah rendah hati, karena sikap congkak bikin semua orang merasa gak nyaman, apalagi kalau kamu bekerja dalam sebuah tim.

6. Aktif bertanya tapi jangan kepo

Berani bertanya memang penting, apalagi untuk mendeskripsikan pekerjaanmu secara detail.

Berani bertanya memang penting, apalagi untuk mendeskripsikan pekerjaanmu secara detail. Tapi bukan berarti kamu bisa kepo ya. Dalam arti bertanyalah sesuai dengan pekerjaan, bukan hal gak penting seperti kehidupan pribadi.

Dan juga, jangan gemar bergosip, karena gak ada orang yang suka dengan hal ini. Jangan ajukan pertanyaan yang sebetulnya gak ada untungnya kamu ketahui jawabannya. Paham kan?

7. Gunakan jam istirahat untuk bergaul

Saat jam istirahat tiba, ada baiknya kamu gunakan untuk menyapa teman-teman di kantor.

Saat jam istirahat tiba, ada baiknya kamu gunakan untuk menyapa teman-teman di kantor. Bisa makan siang bersama, atau pergi ke kantin bareng-bareng. Apalagi jika ada rekan satu divisi yang mengajakmu duluan untuk pergi makan siang, jangan tolak ajakan tersebut.

Itu adalah kesempatan untuk lebih dekat dengan teman-teman kerja. Tentu hal ini akan menguntungkan jika kamu nantinya kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Tujuh hal tadi wajib kamu terapkan saat berada di dunia pekerjaan, apalagi kalau ini adalah pengalaman pertama kamu bekerja. Berikan kesan sebaik-baiknya, jangan ikut campur urusan orang lain, murah senyum dan jangan sungkan menolong.

Dengan kamu bekerja secara giat dan disiplin, itu menjadi alasan kuat untuk mendapatkan promosi jabatan. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan