Pengin Sukses dan Kaya di Usia Muda, Tiru 4 Sifat Gundala Putra Petir Ini

3 menit
Pengin Sukses dan Kaya di Usia Muda, Tiru 4 Sifat Gundala Putra Petir Ini, (Instagram/@bumilangitofficial).

Sebagian besar dari kamu tentu tahu bahwa film “Gundala” emang udah pernah diputar di layar perak di tahun 1981. Sama seperti film terbarunya, karakter utama di tokoh superhero lokal ini ternyata punya sikap positif yang patut kita tiru jika mau sukses dan kaya di masa depan.

Asal kamu tahu, superhero yang diciptakan oleh Harya Suraminata (Hasmi) ini, memiliki nama asli, Insinyur Sancoko. Karakter yang diperankan oleh Teddy Purba merupakan seorang ilmuwan menciptakan serum-serum yang luar biasa. 

Film “Gundala” yang diperankan oleh Abimana Arsatya, Tara Basro dan Asmara Abigail saat ini tengah diputar di bioskop tercinta Tanah Air. Film besutan sutradara Joko Anwar ini disambut baik oleh para penggemar film Indonesia. 

Terbukti di hari ketiga, film ini udah meraup sebanyak 512.566 penonton. Film ini emang banyak menghadirkan aktor dan aktris papan atas Indonesia saat ini. 

Oh ya! Sebelum kamu membaca artikel ini sampai selesai, MoneySmart.id mau mengingatkan aja kalau artikel ini gak mengandung spoiler ya. Jadi buat yang belum nonton film “Gundala” besutan Joko Anwar santai aja karena cerita film yang diangkat dari tahun 1981 ini beda kok sama yang di bioskop saat ini. 

Penasaran sama sikap-sikap positif dan inspiratif yang bisa ditiru dari Ir. Sancoko? Yuk simak ulasannya.

Baca juga: Zaman Panjat Sosial, Ini 5 Cara Bedain Orang Kaya Beneran Sama yang Ngaku-ngaku Kaya

1. Selalu inovatif 

Gundala
Sang insinyur ini dikenal sosok yang begit inovatif nih. Jadi kamu bisa tiru lho, (YouTube).

Seperti yang dijelaskan di atas, Insinyur Sancoko merupakan seorang ilmuwan yang sukses menciptakan serum anti-petir dan anti-morfin. Aneh ya! Namun ya intinya serum seperti yang diciptakan sang insinyut emang gak mudah dibikin. 

Butuh seseorang yang rajin belajar dan bereksperimen buat bisa menciptakan serum tersebut. Ia pun gak cepat puas dengan penemuannya. Berupaya buat  melakukan penyempurnaan. 

Untuk poin ini, setuju dong ya kalau Gundala ini adalah seorang yang inovatif. Ia berhasil menciptakan sesuatu yang emang belum ada pada saat itu. Sama seperti Dr. Bruce Banner yang bisa berubah jadi Hulk.

Baca juga: Sean Anak Sulung Ahok Impikan Mobil Keren Ini, Harganya Rp 33 M!

2. Senang kerja keras hingga gak mengenal waktu!

Gundala
Ia pun dikenal sosok pekerja keras hingga lupa soal kehidupan pribadinya, (YouTube).

Bisa dibilang satu sifat ini adalah sikap positif tapi sekaligus juga negatif. Semuanya tergantung dari bagaimana kita memandangnya. 

Sancoko merupakan ilmuwan yang gak kenal waktu dalam bekerja. Sampai malam pun dia masih asyik menyempurnakan penemuannya hingga akhirnya, Sancoko lupa sama hari ulang tahun kekasihnya, Minarti (Anna Tairas). 

Saat Minarti menghubungi Sancoko ke kantornya, sang insinyur malah ketiduran di ruang kerja. Hal itupun membuat Min terpaksa mendatangi laboratorium Sancoko buat mengakhiri hubungan mereka.

Dalam perdebatannya, Sancoko cuma bilang bahwa apa yang dilakukan adalah demi masa depan mereka. 

Baca juga: Mimpin BTN Selama 7 Tahun, Maryono Mengantongi Kekayaan Rp 30,6 Miliar!

3. Memiliki sifat sederhana

Gundala
Hidupnya juga dikenal sebagai sosok yang sederhana dan gak neko-neko, (YouTube).

Gak ada yang mewah dari diri Sancoko. Pakaiannya juga biasa-biasa saja, gak pakai aksesoris mahal dan saat bepergian sang ilmuwan lebih memilih menggunakan becak. 

Padahal dirinya adalah ilmuwan lho dan bisa dibilang cukup sukses. Sancoko juga tinggal di rumah yang terbilang cukup layak dalam artian, punya garasi mobil luas dan gedongan.

Namun, sayang nih buat garasinya justru terlihat kosong gak terlihat ada satupun kendaraan di sana karena setiap harinya ia lebih suka menggunakan becak. 

Sosok Gundala memang gak neko-neko dalam hal aksesoris maupun gaya hidup. Gak kayak Tony Stark yang serba parlente. 

Ia bahkan pernah berpesan pada anak kecil yang ditolong bahwa, kalau di tempat ramai sebisa mungkin jangan pakai perhiasan mewah. 

4. Gak pernah mengeluh dan berani

Gundala
Ia juga dikenal sosok yang gak pernah protes saat mendapatkan perintah, (YouTube).

Sebagai superhero, Sancoko jelas punya nyali yang cukup besar. Tapi satu hal yang patut kamu ketahui adalah ia juga gak protes ketika diperintahkan buat membela kebenaran.

Saat dia tersambar petir dan ditarik oleh Dewa Petir ke kerajaannya, Sancoko langsung diangkat jadi anak dan diberkati kemampuan super dan akhirnya diberi nama Gundala Putra Petir.

Sancoko gak pernah protes sama sekali atau bertanya-tanya ketika ditugaskan buat membela kebenaran. Ia hanya mengatakan, “terima kasih pak, akan saya jalankan semua tugas dari bapak.” 

Begitulah empat sikap yang patut ditiru dari Insinyur Sancoko yang menjadi Gundala Anak Petir. Kira-kira apakah sama seperti Sancaka yang diperankan Abimana Aryasatya? Silahkan nonton filmnya dulu di bioskop. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Pensiunan jurnalis, praktisi humas, dan seseorang sempat aktif di dunia beladiri campuran. Sekarang telah menjadi perencana keuangan yang sangat antusias dengan hal-hal yang berkaitan dengan pasar modal.