Banner ImageBanner Image

Ini Lho Gurihnya Investasi Properti yang Digandrungi Para Artis

3 menit
Investasi-Properti

Selebritas papan atas Ayu Ting Ting pernah dikabarkan hendak undur diri dari dunia hiburan setelah membangun rumah kontrakan 100 pintu. Kabar ini akhirnya menjadi isu belaka karena Ayu masih eksis sebagai penghibur di layar kaca.

Tapi ada hal menarik di sini. Kenapa rumah kontrakan 100 pintu bisa dinilai sebagai pengganti profesi artis yang dilakoni Ayu?

Sebab, penghasilan seorang artis diketahui tak terbatas. Selama sang artis laku dan menyanggupi kontrak, rupiah terus deras mengalir.

Hal ini bisa diartikan bahwa penghasilan dari kontrakan 100 pintu bisa menggantikan penghasilan seorang artis. Tapi apakah benar hasil investasi kontrakan sebesar itu? Mari kita telisik bersama.

Tren Kenaikan Harga Properti

investasi-properti
Investasi properti grafiknya pasti naik terus tiap tahun (pexels)

Mengacu pada grafik harga properti di Urbanindo, ada tren kenaikan dari tahun ke tahun. Ada beberapa garis menurun, tapi pada akhirnya selalu naik.

Itu artinya prospek investasi properti, termasuk kontrakan, betul-betul cerah. Kita pun bisa menengok sendiri harga rumah di lingkungan RT atau RW yang dijual, pasti lebih tinggi daripada saat dibeli.

Faktor yang bisa mengerek turun harga properti hanyalah lokasi yang tidak strategis, sering kebanjiran, terancam tanah longsor, atau masuk zona penertiban pemerintah. Kecuali itu, harga properti cenderung naik.

Iklan perumahan yang kerap nongol di televisi tiap akhir pekan pun sedikit-banyak menggambarkan bagaimana gurihnya investasi properti. Di akhir iklan, pengisi suara sering mengatakan “besok harga naik”.

Selain menjadi gimmick alias bahasa periklanan, kata-kata itu mengindikasikan bahwa harga properti lebih berpotensi naik ketimbang turun. Apalagi bila didukung dengan lokasi yang strategis dan fasilitas yang mumpuni.

Cara Memulai Investasi Properti

Happy Eid Mubaraq 💙🙏🏻 @dimsumartabakthemovie

A post shared by Ayu Tingting (@ayutingting92) on

Artis seperti Ayu Ting Ting mungkin tak pusing memikirkan cara memulai investasi kontrakannya. Sebab, modalnya sudah banyak, hasil menghibur pemirsa televisi dan penonton konser.

Bagaimana dengan mereka yang modalnya terbatas? Pilihannya ada dua, yaitu menabung sampai dana cukup atau menggunakan layanan kredit pemilikan rumah (KPR) atau kredit pemilikan apartemen (KPA) dari bank.

KPR adalah fasilitas layanan bank yang memberi bantuan pembiayaan properti berupa rumah tapak. Sedangkan KPR serupa dengan KPR, hanya objek pembiayaannya adalah apartemen atau rumah susun.

Hanya dengan membayar uang muka (DP), kita sudah bisa memulai investasi properti. Besaran DP diatur oleh Bank Inodonesia. Terakhir adalah 20 persen dari nilai rumah.

Misalnya harga rumah Rp 500 juta, berarti kita mesti menyediakan Rp 100 juta sebagai uang muka pembelia rumah. Sisanya akan dilunasi bank, sementara kita wajib membayarnya kembali. Skema demikian juga berlaku untuk investasi properti lewat KPA.

Berapa Keuntungannya

investasi-properti
Walau modal gede, keuntungan investasi properti pun gede banget (pexels)

Bukan  hanya Ayu Ting Ting, artis yang turut menikmati gurihnya investasi properti, terutama kontrakan, antara lain Citra Kirana, Christian Sugiono, bahkan Jessica Milla, Pevita Pearce, dan Nikita Willy yang terbilang masih muda.

Bisnis properti yang dikembangkan Nikita Willy, misalnya. Berada di Jatiwaringin, Bekasi, yang sering diolok-olok sebagai planet karena dinilai jauh dari Jakarta, properti Nikita berupa perumahan cluster.

Kompleks bernama Winona Residence itu didirikan pada 2015. Dengan jumlah rumah 13 unit dan harga rata-rata Rp 1,5-2 miliar, kompleks itu sangat populer.

Harga yang tembus Rp 1 miliar menandakan target pasar kompleks itu adalah kaum menengah-atas. Waktu pertama dibangun, harga rumah termurah di sana masih Rp 1 miliar.

Kini, harga termurah Rp 1,5 miliar. Dalam tempo tak sampai 5 tahun, ada kenaikan signifikan sampai Rp 500 juta.

Tentu tak semua properti bisa dipukul rata kenaikannya. Tapi melihat sekelumit contoh prospek investasi properti di atas, tampaknya memang hasilnya bisa menggantikan penghasilan seorang artis, bahkan menjamin kehidupan tuanya kelak.

Hardian
Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan