Habil Marati Berharta Rp 118 M dan Punya 3 Kapal di Tahun 2004, Salah Satunya Azimut

4 menit
habil marati
Habil Marati. (Tempo/Imam Sukamto)

Nama Habil Marati sontak jadi perbincangan di media terkait kasus kerusuhan 22 Mei 2019. Dilansir dari Suara.com, politisi dari fraksi PPP ini disinyalir menjadi donatur rencana pembelian senjata api untuk membunuh empat tokoh nasional.

Pria asal Sulawesi Tenggara ini ternyata pernah duduk di Komisi IX DPR periode 1999 hingga 2004.

Menurut penelusuran MoneySmart di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan Habil pada 2004, terkuak bahwasannya pria ini memang bukan orang sembarangan.

habil marati
Laporan harta kekayaan Habil Marati di situs KPK. (acch.kpk.go.id)

Di tahun itu, Habil yang masih duduk di kursi DPR mengantongi total kekayaan senilai lebih dari Rp 118 miliar, dan US$ 57.613! Wow, di tahun segitu saja sudah punya ratusan miliar.

Yang bikin kaget adalah, sebesar Rp 16 miliaran dari asetnya ternyata berasal dari harta bergerak. Apalagi kalau bukan kendaraan.

habil marati
Laporan harta kekayaan Habil Marati di situs KPK. (acch.kpk.go.id)

Bicara soal kendaraan, pria ini bukan cuma punya mobil mewah melainkan juga kapal mewah. Bahkan mereknya sama dengan kapal milik Raffi Ahmad!

habil marati
Laporan harta kekayaan Habil Marati di situs KPK. (acch.kpk.go.id)

Penasaran dengan deretan harta bergerak milik Habil Marati pada tahun 2004? Berikut rinciannya.

Baca juga: Perjalanan Karier Susno Duadji, Mantan Jenderal yang Kini Jadi Petani

1. Sembilan mobil mewah Habil Marati

habil marati
Ilustrasi mobil Mercedes Benz. (Pixabay)

Habil marati ternyata menyimpan deretan mobil mewah di garasinya. Berhubung ini adalah laporan tahun 2004, maka sebagian besar mobil-mobil tersebut adalah mobil yang diproduksi pada akhir dekade 1990 dan tahun 2000.

Mobil-mobil itu antara lain adalah BMW 532i 1998, BMW 318i 1996, Jeep Cherokee 1997, Chrysler Voyager 2000, Jaguar 2000, BMW X-5 2001, Mercedes Benz S320 2001, BMW 745i 2002, dan Land Rover 2002.

Coba perhatikan deh, sama sekali gak ada mobil Jepang di garasinya. Semuanya adalah mobil Jerman dan Amerika Serikat yang mahal-mahal. Perawatannya juga luar biasa mahal lho.

Tapi jangan kaget dulu ya, yang di bawah ini tentunya lebih menarik untuk dilihat.

Baca juga: Deretan Mobil Unik di Garasi Rumah Eks Danjen Kopassus Soenarko

2. Kapal laut Saparua 1994

habil marati
Ilustrasi kapal. (Pixabay)

Waduh, nama kapal ini ternyata sama dengan nama pulau yang terletak di Maluku bagian Tengah. Saat MoneySmart melakukan penelusuran terhadap merek Kapal Saparua, maka dari hasil pencarian Google sama sekali gak muncul.

Jenis kapal ini juga sayangnya gak dijelaskan secara detail di LHKPN.

Yang jelas, kapal ini dibeli oleh Habil Marati pada 2002, dan harganya mencapai Rp 1 miliar pada saat itu.

Baca juga: Mengintip Deretan Mobil Milik Fadli Zon yang Bernilai Rp 1,69 Miliar

3. Kapal laut Heritage 1996

habil marati
Ilustrasi kapal. (Pixabay)

Sama seperti Saparua, informasi soal kapal laut bernama Heritage ini juga simpang siur alias sulit ditemukan di internet. Jenis kapalnya juga gak disebutkan dengan jelas.

Yang disebutkan justru harganya yang mencapai Rp 2,5 miliar!

Baca juga: Jadi Anggota DPR dengan Kekayaan Rp 4,3 Miliar, Ini Deretan Mobil Adian Napitupulu

4. Azimut 46 tahun 1999

habil marati
Azimut 46. (Boats.com)

Nah kalau yang ini adalah kapal pesiar yang sangat mewah. Di tahun 2002, harga Azimut 46 milik Habil Marati sudah Rp 4,5 miliar lho.

Ini adalah sebuah kapal buatan Italia yang produksinya berlangsung di Kota Turin. Pada awalnya, Azimut cuma perusahaan rental kapal, tapi lambat laun mereka berubah menjadi sebuah produsen kapal mewah.

Interior kapal ini juga bisa dibilang mirip hotel, hanya saja lebih sempit. Ada dapur, kamar tidur, dan tempat duduk santai.

Azimut 46 ditenagai dengan mesin Caterpillar ganda yang sanggup menghasilkan tenaga 450 hp.

Usut punya usut, pengusaha Indonesia juga ada yang punya Azimut lho. Kamu tahu Hengky Setiawan, ownernya Telesindo? Dia memiliki kapal Azimut yang harganya mencapai Rp 100 miliaran.

Bukan cuma Hengky, belum lama ini Raffi Ahmad bahkan menjual Azimut 40s miliknya ke pengusaha Rudy Salim. Azimut itu merupakan buatan tahun 2014. Raffi membelinya Rp 7 miliar dan menjualnya di harga Rp 4 miliar.

Itulah deretan harta bergerak Habil Marati di tahun 2004 yang fantastis. Sampai sekarang, informasi seputar Habil memang cukup minim di media, laporan hartanya pun belum diupdate.

Jadi, gak ada informasi juga apakah dia masih memiliki kendaraan-kendaraan itu atau tidak. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan