Buat Kamu Para Ladies, Ketahui Hal-Hal Ini Dulu Sebelum Pakai Kartu Kredit

3 menit
Wanita memakai kartu kredit
Hal yang perlu diketahui wanita sebelum memakai kartu kredit (Shutterstock)

Kartu kredit diadakan dengan tujuan memberi kemudahan bagi orang-orang melakukan transaksi. Karena itu, gak ada yang salah sebenarnya kalau memiliki alat transaksi nontunai ini.

Meski sudah dikasih tahu apa saja keuntungan-keuntungan yang diperoleh dari pemakaian kartu kredit, masih ada orang-orang yang berpikir bertransaksi pakai kartu nontunai ini merugikan untuk keuangan.

Padahal, jelas-jelas tawaran kartu kredit dari diskon, cashback, hingga rewards sangat membantu menghemat pengeluaran. Apalagi, tawaran bunga 0 persen buat cicilan kartu kredit, sangat membantu sekali.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus diketahui, khususnya wanita mengenai kartu kredit. Dikutip dari Marie Claire, berikut beberapa hal yang perlu wanita ketahui mengenai kartu kredit:

1. Berguna untuk membangun kepercayaan bank

Membangun kepercayaan bank
Membangun kepercayaan bank

Berpikirlah jangka panjang saat hendak punya kartu kredit. Pasalnya, peran alat transaksi yang satu ini begitu berarti di masa yang akan datang.

Misalnya, kamu kepengin punya rumah atau mengajukan pinjaman KTA buat modal usaha. Berkat kartu transaksi ini, kamu bisa dengan mudah mendapat kepercayaan bank.

Bank kalau memberi pinjaman atau menyetujui kredit selalu mempertimbangkan riwayat kredit calon debiturnya.

Seandainya di informasi debitur atau iDeb si calon debitur punya skor kredit yang bagus, besar sekali peluang si calon debitur mendapat pinjaman.

Lain cerita kalau skor kredit si calon debitur buruk atau gak update sama sekali, bank bakal pikir panjang yang ujung-ujungnya menolak pengajuan si calon debitur. Soalnya, bank gak mau merisikokan dana nasabahnya ke calon debitur yang berpotensi gagal bayar.

Dengan rutin gunakan kartu kredit dan bayar penuh tagihan tiap bulannya, skor kredit kamu bakal selalu kinclong di mata bank. Peluang kamu memeroleh kredit udah pasti besar.

Baca juga: Gak Mau Raih Keuntungan Kartu Kredit Itu-Itu Aja? Maksimalkan Pakai Cara Ini

2. Kartu kredit punya perlindungan yang gak dimiliki kartu debit

Kartu kredit
Kartu kredit

Kartu debit sekilas memberi keamanan yang baik. Sebab, transaksinya diamankan nomor PIN. Sialnya, transaksi yang terjadi tanpa sepengetahuan kamu mustahil bisa dikembalikan.

Lain cerita kalau kamu menggunakan kartu kredit. Kamu bisa menolak tagihan yang semestinya gak kamu bayarkan. Kamu bisa mengajukan penolakan ke bank dengan alasan gak melakukan transaksi tersebut.

Nantinya bank bakal memproses dan menyatakan transaksi tersebut bukan transaksimu, sehingga kamu gak perlu membayarkan sejumlah uang yang menjadi tagihanmu.

Baca juga: Biar Untung Maksimal! Pahami Hal Ini Dulu Sebelum Ambil Cicilan Kartu Kredit BNI

3. Punya lebih dari satu kartu, tapi memakainya tetap tahu batas

Punya lebih dari satu
Punya lebih dari satu

Sah-sah aja kalau kamu punya lebih dari satu kartu kredit. Asalkan, kamu tetap tahu batas dalam menggunakannya.

Berapa pun kartu yang kamu gunakan harus disesuaikan dengan kemampuan bayar kamu. Jangan sampai pakai banyak kartu, tapi gak bisa bayar. Itu sama aja dengan menumpuk utang, dan membiarkan kamu tertimbun tumpukan tersebut.

Emangnya kamu mau dikejar-kejar debt collector gara-gara gak bayar utang? Pastinya gak mau kan. Itulah kenapa ketahui sampai di batas mana kamu transaksi dengan kartu.

Cara menentukan batasnya itu gampang kok. Kamu tinggal gunakan kartu dengan persentase 30 persen dari gaji kamu. Dengan kredit yang besarannya mencapai batas tersebut, kamu gak bakal deh sampai terbebani membayar tagihan tiap bulannya.

4. Gak semua reward menguntungkan, makanya pilih kartu yang tepat

Waktu tepat memakainya
Waktu tepat memakainya

Kartu kredit itu banyak peruntukannya. Ada kartu yang menguntungkan kalau dipakai buat makan, ada juga kartu yang menguntungkan dipakai buat traveling.

Itulah kenapa kamu harus pilih secara selektif kartu-kartu yang pengin kamu gunakan. Cari tahu secara detail mengenai keuntungan ataupun reward yang ditawarkan kartu tersebut.

Apakah keuntungan atau reward yang diberikan menguntungkan kamu? Atau justru malah gak berguna sama sekali? Lagian informasi mengenai reward kartu mudah didapat kok lewat website bank yang menyediakan kartu. Jadi, gak ada tuh cerita ribet dapat infonya.

Itulah beberapa hal yang wajib diketahui wanita yang menggunakan kartu kredit. Semoga informasi di atas bermanfaat ya buat kamu yang lagi cari kartu kredit! (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!