Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Uang, Bukan Sekadar Alat Pembayaran Semata

4 menit
Setiap orang tahu apa itu uang. Tapi gak semua orang tahu fakta tentang uang itu sendiri.

Uang adalah alat tukar atau alat pembayaran yang berlaku di setiap negara. Masing-masing negara juga memiliki mata uang yang berbeda satu sama lain.

Melansir Wikipedia, uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa.

Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang maupun jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran utang. Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran.

Secara kesimpulan, uang adalah suatu benda yang diterima secara umum oleh masyarakat untuk mengukur nilai, menukar, dan melakukan pembayaran atas pembelian barang dan jasa, dan pada waktu yang bersamaan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.

Keberadaan uang menyediakan alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih kompleks, tidak efisien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai.

Efisiensi yang didapatkan dengan menggunakan uang pada akhirnya akan mendorong perdagangan dan pembagian tenaga kerja yang kemudian akan meningkatkan produktifitas dan kemakmuran.

Pada awalnya di Indonesia, uang diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Namun sejak dikeluarkannya UU No. 13 tahun 1968 pasal 26 ayat 1, hak pemerintah untuk mencetak uang dicabut. Pemerintah kemudian menetapkan Bank Sentral, Bank Indonesia, sebagai satu-satunya lembaga yang berhak menciptakan uang kartal. Hak untuk menciptakan uang itu disebut dengan hak oktroi.

Dibalik sejarah tersebut, yang pasti uang terkadang menjadi masalah ketika seseorang tidak menggunakannya dengan benar, salah satunya utang. Utang terjadi ketika seseorang terlilit beban perekonomian yang sulit dicukupi dengan penghasilan. Uang juga menjadikan seseorang terlalu berambisi hingga bekerja sangat keras.

Permasalah seperti itu yang membuat banyak orang enggan mengetahui kondisi keuangan mereka dengan baik. Kalau kamu salah satunya yang sedang bermasalah dengan uang, ada baiknya dicari tahu kondisi keuanganmu sedini mungkin. Agar permasalahan di kemudian hari bisa teratasi dengan cepat.

Berikut ini hal yang perlu kamu ketahui tentang uang, bila diterapkan dengan benar, kamu bisa lebih mudah menemukan solusi praktis ketika menghadapi masalah keuangan. Berikut ulasannya dilansir laman Forbes.

1. Pahami total penghasilan dan perincian pengeluaran

Pahami total penghasilan dan perincian pengeluaran

Kamu sudah bekerja keras siang malam dalam satu minggu, tentu harus paham berapa jumlah pendapatan dan pengeluaran biaya hidup sehari-hari. Kamu disarankan untuk selalu mencatat pendapatan dan pengeluaran dari hal terkecil sekalipun selama satu bulan.

Dengan begini, kamu bisa mengontrol berapa pengeluaran selama satu bulan, apakah sesuai dengan gaji yang kamu dapat atau malah tidak. Syukur kalau masih bisa ditabung sisanya.

Jika memiliki cicilan utang, kamu perlu mematoknya maksimal sebesar 35 persen dari nilai penghasilan rutin. Ini agar kamu bisa mengelola risiko utang dengan baik demi menghindari kebangkrutan.

2. Memiliki tujuan keuangan

Setiap gajian, ada baiknya kamu menyisihkan pendapatan kamu untuk dana darurat di masa depan.

Setiap gajian, ada baiknya kamu menyisihkan pendapatan kamu untuk dana darurat di masa depan. Karena gak akan tahu apa yang terjadi selanjutnya di masa mendatang kan. Ada baiknya sedini mungkin kamu siapkan agar tak jadi beban di kemudian hari.

Seperti, kamu akan menyekolahkan anak pertama lima tahun lagi, sedini mungkin dana tersebut disiapkan. Pasalnya, biaya sekolah selalu naik setiap tahun, dan kalau kamu gak mengikuti tabungan pendidikan untuk anakmu, ada baiknya kamu menabung sejak saat ini.

3. Pahami pajak

Negara ini mewajibkan masyarakatnya untuk membayar pajak.

Negara ini mewajibkan masyarakatnya untuk membayar pajak. Kamu akan terjerat hukum jika terbukti tidak rutin melaporkan pajak tahunan. Salah satu hal penting untuk memhami uang itu sendiri adalah mengetahui beban pajak yang harus kamu bayar setiap tahunnya.

Seperti pajak penghasilan, pajak rumah, serta kendaraan yang rutin harus kamu bayar. Di sisi lain juga ada pajak yang harus kamu bayar jika memutuskan untuk berinvestasi di emas. Pajak juga berbeda-beda untuk setiap investasi yang kamu ambil, apakah itu reksadana atau saham, bahkan deposito maupun obligasi.

4. Premi asuransi

seseorang perlu memiliki asuransi, baik kesehatan maupun jiwa.

Tidak akan pernah ada yang tahu kejadian di masa mendatang. Untuk itu seseorang perlu memiliki asuransi, baik kesehatan maupun jiwa. Bahkan ada empat jenis asuransi yang wajib kamu miliki lho.

Nah, kamu wajib mengetahui secara mendalam produk asuransi yang sudah dibeli. Pastikan kamu memahami isi polis berikut klausul yang menjadi pertanggungan dan yang membatalkan perlindungan.

5. Pahami isu keuangan

Banyak isu terkait pengelolaan keuangan yang harus kamu pahami secara mendetail.

Banyak isu terkait pengelolaan keuangan yang harus kamu pahami secara mendetail. Ini untuk mencegah agar tidak terjadi permasalahan keuangan di kehidupanmu. Saat ini banyak media keuangan yang membantu kamu dalam memahami seluk beluk uang untuk kehidupan sehari-hari. Membagikan tips, pengelolaan uang, maupun ide bisnis.

Atau jika ingin lebih memahami secara langsung, kamu bisa mengikuti seminar yang diselenggarakan lembaga keuangan. Bahkan jika diperlukan, kamu bisa memakai jasa perencana keuangan agar bisa membantumu mengelola kebutuhan yang lebih baik.

Dengan mengetahui lima hal tadi, semoga persepsi kamu tentang uang bisa bertambah. Sehingga permasalahan tentang uang ke depannya bisa kamu atasi dengan baik. Selamat mencoba! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be