Ini Dia 5 Moge Gahar Milik Kepolisian RI, Harganya Ngeri Semua!

5 menit
motor polisi
BMW R1200GS [autoevolution.com]

Bicara soal motor polisi, terutama yang digunakan sebagai kendaraan pengawal atau voorijder udah pasti bukan motor bebek atau skutik. Motor-motor tersebut adalah motor berkubikasi besar yang sering disebut motor gede alias moge.

Kalau judulnya saja sudah moge, udah pasti penampakannya gagah. Tujuannya memang jadi motor pengawal pejabat atau orang penting yang naik mobil mewah. Jadi gak heran kalau harga motor pengawalnya juga harus disesuaikan dong.

Ngomongin soal harganya nih, harga motor polisi tersebut juga gak bisa dibilang murah. Bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta lho.

Selain butuh minum bensin dalam jumlah banyak, perawatan motor-motor itu juga gak bisa sembarangan. Biaya servis dan harga sparepart-nya juga tentu lebih tinggi ketimbang motor-motor biasa.

Penasaran dengan harga motor-motor polisi yang gahar itu? Berikut ulasannya.

1. Yamaha XJ900P

motor polisi
Yamaha XJ900P (GridOto)

Yamaha XJ900P sering disebut sebagai motor polisi paling gesit. Selain polisi, Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga menggunakan motor ini untuk pengawalan para perwira tinggi.

Kapasitas mesin motor ini mencapai 892 cc, dan sistem pembakarannya menggunakan karburator. Huruf P dalam XJ900P maksudnya adalah Police, jelas banget bahwa motor ini memang diproduksi untuk kepolisian.

Kabarnya, motor ini pertama kali diluncurkan tahun 1999. Situs Yamaha Motor juga mengatakan motor ini sudah dipakai di 40 negara.

Informasi harga Yamaha XJ900P memang gak pernah muncul di media. Namun menurut salah satu blogger otomotif, prediksi harga XJ900P mencapai Rp 300 jutaan.

2. Yamaha FJR1300

motor polisi
Yamaha FJR1300 (Gridoto)

Motor polisi kedua ternyata masih berasal dari Yamaha, tapi serinya saja yang beda. Yang ini adalah FJR 1300 yang memiliki empat silinder dan mesin yang berkapasitas 1.298 cc. Untuk penggunaan transmisi, sepeda motor ini menggunakan transmisi 6 percepatan.

Jenis motor ini adalah sport touring dan memang menjadi salah satu motor yang cukup laris dan terkenal di Eropa. Mesinnya dapat mengeluarkan tenaga hingga 140 HP pada 8.000 RPM. Wah, serem juga ya kalau dipakai ngebut.

Berbeda dengan P900, motor yang satu ini sudah menggunakan teknologi injeksi. Tapi kabarnya, motor ini sering mengalami overheat terutama jika terjadi kemacetan. Sedangkan P900 lebih tahan dengan gejala tersebut.

Maklum aja sih, di Indonesia cuacanya aja udah panas, belum lagi macetnya. Jika moge-moge seperti ini harus berjalan dengan metode start-stop, ya gak heran deh kalau tiba-tiba mesinnya jadi bermasalah.

Untuk harga, cukup luar biasa lho. Di tahun 2012 saja, harga on the road-nya mencapai Rp 450 jutaan.

Lumayan mahal ya, harga segitu tentunya udah bisa dapat mobil sedan baru tuh.

3. Harley Davidson Electra Glide Ultra Classic

motor polisi
Harley Davidson Electra Glide (Grid Oto)

Kalau yang satu ini baru deh buatan Amerika Serikat, dan suaranya tentu gahar banget. Harley Davidson Electra Glide Ultra Classic menggunakan mesin jenis Milwaukee-Eight V-Twin Engine berkapasitas 1.746 cc.

Sejak tahun 1965 silam, varian Electra Glide itu sendiri sudah jadi varian terfavorit bagi mereka yang gemar touring. Suspensinya cukup responsif, pengeremannya juga sangat mantap dan lampunya sudah dilengkapi dengan LED dari Daymaker.

Dengan mesin yang kapasitasnya lebih besar daripada Toyota Rush, motor ini punya torsi maksimal di 150 Nm (3.250 RPM). Lumayan besar ya, pasti raungan suaranya benar-benar gahar.

Tertarik punya motor Harley Davidson yang satu ini? Silakan saja, harga versi terbarunya mencapai Rp 923 juta! Udah nyaris Rp 1 miliar bro. Kalau kamu tambah Rp 2 juta lagi, udah bisa beli Toyota Alphard deh.

4. Honda Gold Wing

motor polisi
Honda Gold Wing (Tribunnews)

Bicara soal Honda Gold Wing, tentu sebagian dari kamu tahu bahwa motor ini harganya mencapai Rp 1,01 miliar. Tapi jangan salah, itu adalah Gold Wing varian terbaru.

Gold Wing yang dijadikan motor polisi adalah Gold Wing generasi ke-5. Motor ini memiliki mesin yang berkapasitas 1.832 cc SOHC dan mengusung teknologi PGM-FI.

Honda Gold Wing bisa dibilang kaya akan fitur. Motor ini punya GPS, pengereman dengan anti-lock braking system, hingga airbag! Udah kayak mobil aja ya.

Motor ini juga memiliki riding position yang cukup mantap. Itulah yang membuat Honda Gold Wing nyaman dipakai untuk touring. Asal kamu tahu nih, Ustaz Subhan Bawazier juga punya motor ini. Dia naik Gold Wing ketika melakukan turing di Madinah.

Sampai sekarang sih, belum ada informasi apakah Honda Gold Wing keluaran terbaru ini bakal dipakai Polri atau tidak. Namun kalau sampai dipakai, otomatis ini jadi yang termahal lho.

5. BMW R1200GS

motor polisi
BMW R1200GS (Viva)

Tepat pada Januari 2018, BMW Motorrad Indonesia dikabarkan mempersiapkan 50 unit R1200GS untuk kepolisian. Semua unit motor tersebut sudah dimodifikasi sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan polisi, yaitu sirine, pengeras suara, boks di bagian belakang, dan stiker Polri di beberapa bagian bodi.

Kabarnya, motor ini gak dijual ke konsumen ritel. Harganya pun mencapai Rp 696 juta.

BMW R1200GS menggunakan mesin 2 silinder boxer 1.170 cc, yang memiliki pendingin udara. Tenaga maksimumnya ada di 125 tk dengan torsi 125 Nm.

Sejatinya, motor ini merupakan motor sport touring juga. Berbekal tangki bensin yang mencapai 30 liter, kamu bisa ngegas motor ini hingga 200 km per jam lho.

Hingga saat ini, BMW R1200GS hampir gak pernah terlihat dijadikan Voorijder. Mungkin saja, motor ini bakal dimanfaatkan untuk keperluan lain.  

Mau beli motor polisi bekas? Bisa kok

Itulah deretan moge milik polisi yang mewah dan gagah. Selain itu, mesinnya pun sangat tangguh. Pastinya benar-benar nyaman digunakan buat turing atau perjalanan jarak jauh lainnya.

Tertarik untuk punya motor seperti itu? Sebenarnya kamu bisa membelinya dalam keadaan bekas kok. Tapi bekasnya adalah bekas polisi ya. Artinya adalah motor ini merupakan motor operasional yang sering banget dipakai.

Udah bukan rahasia lagi, polisi juga harus melakukan peremajaan kendaraan operasional mereka. Kalau memang performanya sudah turun, ya lebih baik dijualin saja biar bisa diganti dengan yang baru.

Motor-motor gagah yang sudah lawas itu biasanya dilelang di Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Tapi untuk mengetahui tentang informasi ini, tampaknya kamu harus menghubungi pihak DJKN, jangan ke polisinya karena mereka gak ngurus soal hal ini.

Tapi harus diperhatikan bahwa kondisi motor-motornya sudah pasti butuh perawatan ekstra ya. Jangan asal beli saja lho, lebih baik sebisa mungkin kamu tinjau dulu motor-motor tersebut sebelum ikutan lelang.

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.