Ada yang Seharga Rumah Mewah di Dharmawangsa! Ini 7 Teh Termahal di Dunia

4 menit
Deretan teh termahal di dunia. (Shutterstock)
Deretan teh termahal di dunia. (Shutterstock)

Berapa sih uang yang biasa kamu keluarkan buat beli sekotak teh? Kurang dari Rp 10 ribu atau bahkan lebih? Tapi yang jelas gak sampai ratusan ribu kan? Nah, kebayang gak sih kamu kalau beruntung mencicipi teh termahal yang harganya bisa mencapai miliaran rupiah?

Ya, bisa dibilang teh menjadi salah satu minuman paling populer di dunia. Bahkan, teh masuk ke dalam jajaran minuman terenak di dunia.

Selain itu, minum teh juga menjadi bagian yang gak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat, mulai dari dari kalangan bawah hingga atas. Kalau di Indonesia, orang suka minum teh di berbagai kesempatan, seperti sebelum beraktivitas di pagi hari, sehabis makan, atau saat santai pada sore hari.

Bahkan, para pecinta teh rela merogoh kocek besar untuk berkeliling ke berbagai negara hanya untuk mencicipi teh terbaik di negara yang ia kunjungi.

Jadi gak heran kalau banyak orang yang akan dengan rela mengeluarkan bujet fantastis untuk memanjakan lidahnya dengan teh-teh tertentu.

Gak tanggung-tanggung, bahkan ada lho teh termahal di dunia yang harganya mencapai miliaran rupiah. Gak percaya? Yuk, simak tujuh teh termahal di dunia ini yang harganya bisa buat beli rumah dan mobil mewah di Jakarta. Kita mulai dari yang harganya paling murah dulu ya.

Baca juga: Di Negara Ini, Pajak Minuman Beralkohol Naik Hingga 100%

7. Gyokuro Tea

Gyokuro tea, salah satu teh termahal di dunia. (Shutterstock)
Gyokuro tea, salah satu teh termahal di dunia. (Shutterstock)

Teh termahal di dunia pertama adalah teh yang dibuat oleh para petani Jepang. Namanya Gyokuro Tea. Aroma yang sangat lezat membuat teh ini dijual dengan harga mahal yaitu US$ 650 atau sekitar Rp 9,4 juta per kilonya.

Baca juga: Gak Sampai Rp 50 Ribu, Kamu Bisa Bikin Minuman Segar Ini Sendiri di Rumah

6. Poo Poo Pu-Erh Tea

Poo Poo Pu-erh Tea, salah satu teh termahal di dunia. (Shutterstock)
Poo Poo Pu-erh Tea, salah satu teh termahal di dunia. (Shutterstock)

Teh termahal selanjutnya adalah Poo Poo Pu-Erh Tea yang dijual dengan harga mencapai US$ 1.000 atau sekitar Rp 14,4 juta perkilo.

Yang membuat teh ini dibanderol mahal karena teh ini terbuat dari sari serangga yang diberi makan daun teh berkualitas. Bahkan para peternaknya harus menggunakan kaca pembesar saat akan memberi makan serangga. Wow!

Baca juga: Pengen Hemat? Coba deh Stop Beli Makanan dan Minuman Ini

5. Yellow Gold Tea Buds

Yellow Gold Tea Buds, salah satu teh termahal di dunia. (Fupping.com)
Yellow Gold Tea Buds, salah satu teh termahal di dunia. (Fupping.com)

Untuk harga satu kilo Yellow Gold Tea Buds dijual sebesar US$ 3.000 atau setara dengan Rp 43,3 juta.

Sebenarnya teh ini bisa dibilang adalah teh biasa. Tapi cara pengolahannya yang menjadikan teh tersebut sangat istimewa.

Jadi, sesudah dipanen, daun teh tersebut akan disemprot dengan emas 24 karat hingga warnanya berubah menjadi emas. Meski begitu, gak perlu khawatir karena daun teh ini aman dikonsumsi.

4. Teh Oolong Narcissus Wuyi

Teh Oolong Narcissus Wuyi, salah satu teh termahal di dunia. (topteagarden.com)
Teh Oolong Narcissus Wuyi, salah satu teh termahal di dunia. (topteagarden.com)

Yang membuat teh Oolong Narcissus Wuyi ini dihargai sangat mahal adalah sejarahnya. Jadi, mitos kuno mengatakan kalau teh tersebut hanya ditanam di Cina. Setelah mengalami beberapa kali pindah tangan di pelelangan, pada akhirnya berakhir di tempat yang sama yaitu Cina.

Selain itu, teh ini juga dibuat 500 tahun yang lalu sehingga dijuluki dengan nama Narcissus. Nah, untuk bisa mencicipi lezatnya teh bersejarah ini, kamu harus membayar tinggi yaitu sebesar US$ 6.500 atau setara dengan Rp 93,7 juta per kilonya.

3. Panda Dung Tea

Panda dung tea, salah satu teh termahal di dunia. (gobeepbeep.com)
Panda dung tea, salah satu teh termahal di dunia. (gobeepbeep.com)

Panda Dung Tea berasal dari kotoran panda sehingga membuat harga teh ini bernilai sangat fantastis yaitu mencapai US$ 70 ribu atau sekitar Rp 1 miliar per kilo.

Tapi jangan membayangkan, kamu benar-benar minum kotoran panda ya. Jadi, para peternak sengaja memberi makan panda bambu liar dan daun teh berkualitas. Setelah itu, ampas daun itu diambil dari kotoran panda.

2. PG Tips Diamond Tea Bag

PG tips diamond tea bag. (Alux.com)
PG tips diamond tea bag. (Alux.com)

Teh termahal selanjutnya adalah PG Tips Diamond Tea Bag yang harganya dibanderol sebesar US$ 15 ribu atau sekitar Rp 216 juta per satu kantong teh.

Yang membuat teh ini dijual dengan sangat mahal adalah pada setiap kantong tehnya terdapat 280 berlian dengan kualitas terbaik. Gak cuma itu, teh yang dijual untuk acara amal di Manchester, Inggris ini kantong tehnya dibuat oleh tangan alias handmade pada tahun 2005.

1. Teh termahal Da Hong Pao Tea

Da Hong Pao Tea, salah satu teh termahal di dunia. (Wikimedia Commons)
Da Hong Pao Tea, salah satu teh termahal di dunia. (Wikimedia Commons)

Predikat teh termahal di dunia pertama dipegang oleh Da Hong Pao Tea yang berhasil terjual dengan harga US$ 1,2 juta atau setara dengan Rp 17,3 miliar per kilonya.

Da Hong sendiri merupakan salah satu jenis teh Cina yang nama lainnya adalah Big Red Robe. Saking mahalnya, teh tersebut bahkan dinyatakan sebagai harta nasional Cina.

Saat kamu mencicipi teh ini, kamu akan merasakan sensasi bunga di mulut yang dijamin bikin kamu ketagihan. Tertarik ingin membelinya?

Itu dia tujuh teh termahal di dunia yang harganya dibanderol dengan sangat fantastis. Kalau kamu punya duit, tertarik gak sih untuk membeli salah satu teh di atas? (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan