Banner ImageBanner Image

Pertamina Turunkan Harga BBM Per 5 Januari 2019, Kabar Bahagia?

2 menit
Pertamina Turunkan Harga BBM Per 5 Januari 2019, Kabar Bahagia?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Per 5 Januari 2019, pukul 00.00 WIB, PT Pertamina menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Non Subsidi lho. Nah, turunnya harga Pertamax cs emang beragam banget sih meskipun gak signifikan banget.

Seperti dikutip dari Okezone.com, Sabtu, (5/1/2019), PT Pertamina aja melakukan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) buat yang Non Subsidi lho. Turunnya si Pertamax cs ini emang gak terlalu banyak ya kisaran Rp 150 per liter hingga Rp 250 per liter.

Emang yang namanya naik atau turunnya harga Bahan Bakar Minyak (red: BBM), selalu jadi momok banget buat kamu-kamu ya kan. Dari waktu ke waktu pasti selalu jadi perbincangan bagi warga di ibu kota atau pelosok.

Ya, maklum aja kesetaraan penghasilan di berbagai daerah di Indonesia emang belum merata banget. Belum lagi bahan kebutuhan pokok juga beragam banget di setiap daerah.

Baca juga: Disebut Negara Kaya Minyak, 4 Negara Ini Naikkan Harga BBM Juga Kok

Dengan turunnya harga Bahan Bakar Minyak atau BBM diharapkan sih bisa membawa kabar baik nih buat para pengusaha kecil maupun per individu. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan ada lho mekanisme penurunan harga BBM Non Subsidi ini. Katanya nih hal ini dilakukan udah sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku.

Jadi turunnya harga BBM ini udah dipertimbangkan dengan harga minyak dunia hingga nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat yang semakin menguat nih.

“Kami telah berkordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, terutama pelanggan setia produk-produk Pertamina,” ujar Nicke seperti yang dikutip MoneySmart.id dari Okezone.com.

Baca juga: 7 Negara Ini Harga BBM-nya Lebih Murah dari Indonesia Lho

Nah, pemberlakuan turunnya harga BBM ini dimulai per 5 Januari 2019 pada pukul 00.00 WIB waktu setempat. Hal ini diutarakan oleh Direktur Pemasaran Retail, Mas’ud Khamid bahwa penurunan harga Bahan Bakar Minyak (red: BBM) ini ada jenis-jenisnya lho.

Harga BBM Non Subsidi turun kisaran Rp 150 per liter hingga Rp 250 per liter

Harga BBM Non Subsidi turun kisaran Rp 150 per liter hingga Rp 250 per liter, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bahan Bakar Minyak yang mengalami penyesuaian yakni mulai dari Pertalite hingga Pertamax. Menurutnya penurunan harga BBM ini emang berlaku di beberapa daerah dan bisa berbeda-beda lho. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh oleh perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (red: PBBKB) di masing-masing daerah yang ada di Indonesia.

Kalau kamu pengin tahu nih, turunnya harga Pertalite itu sebesar Rp 150 per liter. Buat harga si Pertamax aja itu turun sebesar Rp 200 per liter.

Gak cuma dua jenis BBM itu aja yang turun, Pertamax Turbo juga mengalami penurunan sebesar Rp 250 per liter. Kalau buat Dexlite dan Dxex itu turun masing-masing Rp 200 dan Rp 100 per liter.

Baca juga: Jangan Pusingin BBM Naik, Mending Ngakak Liat 5 Meme Kocak Ini

Jadi gimana nih dengan adanya penurunan harga BBM sangat membantu kamu banget gak? Besar atau kecilnya turun harga BBM ya emang mesti dinikmati dan di syukuri. Naik atau turun harga BBM emang disesuaikan dengan harga minyak dunia.

Kalau kamu kurang jelas sebagai gambaran, ini lho harga lama BBM Non Subsidi dan terbaru per 5 Januari 2019, yuk kita lihat sama-sama di bawah ini:

– Pertalite dari Rp 7.800 jadi Rp 7.650

– Pertamax, dari Rp 10.400 jadi Rp 10.200

– Pertamax Turbo, dari Rp 12.250 jadi Rp 12.000

– Dexlite, dari Rp 10.500 jadi Rp 10.300

Nah, gimana nih udah melihat harga terbaru BBM Non Subsidi yang turun kisaran Rp 150 per liter dan Rp 250 per liter ini? Ya, semoga bisa membawa angin segar ya buat kamu semua. (Editor: Mahardian Prawira).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan