Harga Emas Antam vs Emas Pegadaian, Mana yang Lebih Murah?

3 menit
Harga Emas Antam vs Emas Pegadaian

Harga emas Antam vs emas Pegadaian layaknya harga mobil di dealer A dan dealer B. Barangnya serupa, tapi bisa jadi harga berbeda.

Gak cuma harga, prosedur pembelian pun mungkin berlainan. Yang pasti, harga emas Antam dan Pegadaian memang cukup bersaing.

Investasi emas memang gak lekang dimakan zaman. Salah satu penyebabnya adalah harganya terus naik dari tahun ke tahun.

Belum pernah tercatat dalam sejarah harga emas menukik turun secara tahunan (year on year). Grafik harga emas di Indonesia dan di dunia bisa diketahui secara online tanpa harus ke Antam atau Pegadaian.

Sedangkan investasi lain seperti reksa dana dan saham amatlah fluktuatif. Saham terutama, karena banyak faktor yang mempengaruhi.

Baca juga: Mau Beli Emas? Jangan Lupa Cek Harga Terbarunya di Sini Per Hari Ini

Harga emas Antam vs emas Pegadaian

Harga emas di Antam dan Pegadaian memang berubah tiap hari. Namun secara umum harga emas Antam memang lebih rendah ketimbang emas Pegadaian.

Perbedaan harga itu ada alasannya. Yaitu biasanya Pegadaian mengambil emas dari Antam. Istilahnya, kulakannya di sana. Makanya ada margin yang ditambahkan sebagai keuntungan Pegadaian. Meski begitu, emas Pegadaian tetaplah diminati.

Ada sederet keuntungan beli emas Pegadaian ketimbang Antam, di antaranya:

  1. Bisa beli secara kredit
  2. Antrean lebih pendek daripada di Antam, bahkan tanpa antrean
  3. Bisa beli di Pegadaian syariah sesuai dengan keyakinan
  4. Sertifikat emas Pegadaian sama dengan Antam
harga emas antam vs emas pegadaian
Ada beberapa jenis emas, pilih yang paling pas (finance.detik)

Kalau beli emas di Antam, risikonya adalah siap antre dan harus beli secara tunai. Bahkan bukan mustahil kita gak jadi beli emas karena kuota sudah habis.

Antam memang biasanya menerapkan kuota emas yang bisa dibeli tiap hari untuk mengantisipasi membeludaknya peminat. Kuota ini diterapkan terutama di kantor Antam di Pulogadung, Jakarta Timur.

Beberapa gerai penjualan Antam juga menerapkan sistem antrean sesuai dengan jumlah peminat. Kalau pas pembeli banyak, ada kuota. Tapi kalau pas sedikit, ya buka seperti biasa.

Sebetulnya harga emas Antam dan Pegadaian yang bersaing dalam soal antrean mendapat pesaing baru, yakni penjual emas di e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak. Mereka menjual emas logam mulia bersertifikat dengan harga bersaing.

Bahkan ada yang berani pasang harga sesuai dengan harga di Antam. Namun kita mesti tetap cermat dalam beli emas online seperti ini. Harus dipastikan betul kemurnian dan sertifikat yang diberikan.

[Baca: Pilih Investasi Emas Batangan atau Perhiasan? Cek Plus Minusnya Ini]

Plus dan Minus

harga emas antam vs emas pegadaian
Beli emas juga bisa online lho sekarang (youtube)

Kembali ke soal harga emas Antam vs emas Pegadaian, kita selaku konsumen sekaligus investor bebas menentukan mau beli emas di mana. Tiap-tiap tempat punya poin plus dan poin minus sendiri.

Cara beli emas Antam secara umum lebih simpel meski mungkin harus antre. Yang penting sedia duit sesuai dengan harga emas yang hendak dibeli, sudah.

Adapun cara beli emas Pegadaian sebelas-dua belas. Namun ada satu pembeda yang spesifik, yakni adanya biaya administrasi.

Biaya administrasi ini diterapkan untuk mengurus berkas-berkas. Biasanya sih hanya Rp 10 ribu. Namun alangkah baiknya untuk menanyakan dulu ke petugas Pegadaian soal biaya administrasi pembelian emas ini.

Beli emas di Pegadaian lebih gampang karena ada banyak cabang. Berbeda dengan Antam yang gerainya terbatas.

[Baca: Membandingkan Prospek Investasi Emas dan Reksadana Pasar Uang]

Namun ada satu hal yang kudu diperhatikan bila membandingkan harga emas Antam vs emas Pegadaian: kelengkapan surat-surat. Khususnya bila belinya di Pegadaian ya.

Harga Emas Antam vs Emas Pegadaian
Harus ada kuitansi dan sertifikat sebagai bukti kesahihan emas (wartaekonomi.co.id)

Ada kemungkinan petugas lalai menyertakan surat, atau kuitansi pembelian. Sebab, lini bisnis Pegadaian lebih luas, gak hanya jual emas. Sedangkan Antam khusus berbisnis emas, sehingga prosedurnya pasti sudah hafal di luar kepala.

Sertifikat dan kuitansi pembelian penting sebagai pengukuh keaslian dan kevalidan emas. Bila kelak mau dijual, kedua berkas itu harus ada agar bisa meyakinkan penjual.

Baca juga: Emas Bukan Investasi yang Menguntungkan Kalau 6 Hal Ini Diabaikan

Harga emas di Antam dan Pegadaian bisa dicek di situs masing-masing. Secara umum, seharusnya lebih murah emas di Antam. Ada update berkala, sehingga harus rutin mengecek bila hendak beli emas di sana.

Ketika mendapati harga emas di lokasi pembelian lebih mahal ketimbang di situsnya, bisa langsung ditanyakan. Harga emas Antam vs emas Pegadaian sama-sama sudah transparan kok. Keduanya bisa jadi patokan untuk memutuskan kapan beli atau jual emas untuk mereguk cuan.

[Baca: Mau Investasi Emas? Belajar Dulu dari 4 Kasus Penipuan Ini]

Hardian
Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.