Membisniskan Kematian, 6 Tempat Pemakaman Ini Harganya Bisa Miliaran!

4 menit
Pemakaman mewah

Selain dipenuhi rumah mewah, tempat pemakaman mewah juga ada di Jabodetabek. Keberadaan tempat pemakaman mewah ini mungkin lucu, tapi faktanya ada aja yang memesan lahan makam supermahal ini.

Ada beberapa hal yang membedakan tempat pemakaman umum (TPU), dan tempat pemakaman mewah. Mulai dari kepengurusannya, hingga biayanya.

TPU biasanya dikelola pemerintah daerah dan ahli waris, uang iurannya juga cuma dibanderol Rp 100 ribu per tahun. Sementara itu, lahan makam mewah dikelola perusahaan swasta, dan luas lahannya jelas lebih luas ketimbang TPU biasa.

Sebenarnya apa sih yang jadi alasan orang rela merogoh kocek dalam untuk sebuah lahan makam para kerabat?

Salah satunya, tentu saja status sosial. Selain itu, mereka juga rela membeli lahan di tempat pemakaman mewah agar tidak perlu membayar iuran tahunan, dan bisa mendirikan sebuah kompleks pemakaman untuk anggota keluarganya.

Ingin tahu di mana saja tempat pemakaman mewah yang ada di wilayah Jabodetabek? Yuk, simak daftarnya di sini:

1. San Diego Hills

 

View this post on Instagram

 

A post shared by San Diego Hills Memorial Park (@sandiegohills) on

San Diego Hills besutan Lippo Group mungkin jadi pionirnya lahan pemakaman mewah di Indonesia. Pemakaman elite  yang luasnya mencapai 350 hektare ini terletak di kawasan Karawang, Jawa Barat.

Selain menjadi tempat pemakaman, di sana juga berdiri pusat rekreasi keluarga, sarana olahraga, pusat belanja, dan sebagainya.

Bahkan, di sini pun kamu bisa menggelar resepsi pernikahan. Jelas banget, pemakaman ini gak kayak kuburan berhantu deh!

Untuk satu unit lahan makam di sana, harganya mulai dari Rp 37 juta. Sementara itu, untuk semi-private mulai dari Rp 130 juta, dan yang private estate mulai dari Rp 300 jutaan hingga Rp 2 miliar!

2. Graha Sentosa Park

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Graha Sentosa Memorial Park (@grahasentosatgf) on

Tempat pemakaman mewah ini besutan Artha Graha ini merupakan salah satu rival San Diego Hills. Letak pemakaman mewah ini juga berada di kawasan Karawang, Jawa Barat.

Mengenai harga yang ditawarkan, taman makam mewah ini gak jauh beda sama rivalnya. Namun, Graha Santosa Park masih ada yang dibanderol Rp 25 juta untuk single block.

Pemakaman ini juga memberikan fasilitas perawatan abadi, tempat ibadah, dan sebagainya. Pastinya, lahan pemakaman ini merupakan kuburan bertaraf internasional. Karena itu, gak usah diragukan lagi deh soal pelayanan dan lainnya.

3. Al Azhar Memorial Garden

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Al-Azhar Memorial Garden (@alazharmemorialgarden) on

Dari namanya saja sudah ketebak kalau lahan pemakaman ini dikelola Yayasan Pesantren Islam Al Azhar. Selain itu, pemakaman modern dan mewah ini diperuntukkan bagi warga Muslim.

Sebagian orang berpendapat, lahan pemakaman Muslim tidak boleh digabung dengan non-Muslim. Karena itu, tidak ada lahan untuk pemakaman non-Muslim di taman pemakaman mewah ini.

Pemakaman ini juga menggunakan syariat Islam dalam tata letak hingga penguburannya. Kuburan di Al Azhar Memorial Garden menghadap kiblat, makam di sana pun terlihat sederhana tanpa bangunan khusus, dan untuk ke dalaman lahannya 1,5 meter.

Lokasi pemakaman ini juga terletak di Karawang, Jawa Barat, dan memiliki luas wilayah 25 hektare. Dan harga termurahnya mulai dari Rp 28 jutaan.

4. Heaven Memorial Garden

Heaven Memorial Park (Tokopedia)
Heaven Memorial Park (Tokopedia)

Tempat pemakaman mewah yang satu ini terletak di Bogor, dan dikelola Yayasan Naga Sakti. Tempat pemakaman seluas 125 hektare ini adalah pemakaman khusus warga Tionghoa.

Beberapa kelebihannya antara lain, memiliki lansekap taman makam yang baik, diiringi pula dengan Fengshui terbaik.

Pemandangan di sekitar Heaven Memorial Park juga sangat indah. Bayangin aja, wilayah di sekitarnya adalah pegunungan yang ada aliran air sungai yang jernih.

5. Taman Makam Quiling

Taman Makam Quiling (rumahdijual.com)
Taman Makam Quiling (rumahdijual.com)

Taman makam ini juga dikelola dan didirikan Yayasan Naga Sakti. Letaknya pun sama-sama di Jonggol, Bogor.

Berbeda sama kuburan, taman makam ini sangat indah dan unik. Pemandangan di sini sama seperti di daerah Quiling, Tiongkok. So, ketika kamu datang ke sini dan berfoto, bisa jadi orang bakal mengira kamu lagi berada di Cina.

Luas lahan pemakaman ini kurang lebih 120 hektare. Kabarnya, tempat pemakaman ini sempat jadi salah satu yang termewah di Asia.

Konon kabarnya, harga lahan di sini mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 1miliar!

6. Oasis Lestari

 

View this post on Instagram

 

A post shared by OASIS LESTARI (@krematorium_oasis) on

Tempat pemakaman yang didirikan tahun 2005 ini terletak di kawasan Tangerang. Pemakaman ini dilengkapi Rumah Duka (Mortuarium) yang terdiri dari enam ruang semayam, Krematorium (Crematorium) terdiri dari tiga oven pembakaran, Rumah Abu (Columbarium) terdiri dari 2.500 ruang penyimpanan abu, dan Dinding Memorial (Memorial Wall).

Oasis Lestari dikelola Dana Pensiun Konferensi Waligereja Indonesia (DP KWI) dengan tujuan menyediakan pelayanan yang lebih terjangkau bagi masyarakat luas karena mahalnya biaya pemakaman.

Itulah enam lahan pemakaman mewah yang ada di Jabodetabek. Kalau dipikir-pikir, gak murah juga membeli sebuah lahan makam, apalagi kalau harganya sudah ratusan juta hingga miliaran.

Buat kamu yang belum punya rumah, pasti dananya lebih baik digunakan untuk membeli rumah. Lahan pemakaman seperti yang disebutkan di atas juga gak bisa dijual lagi, makanya bukan termasuk bagian dari investasi.

Tapi, beda halnya buat orang yang berduit. Sah-sah aja kalau mau membeli salah satu atau beberapa lahan pemakaman di atas.  (Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan