Harga iPhone X Sekitar Rp 20 Juta, Yakin Mau Beli?

iPhone X yang mahacanggih sekaligus mahalnya bikin kantong pedih itu sudah mulai dijual. Meskipun Indonesia belum termasuk negara yang sudah dimasuki iPhone keluaran terbaru itu, sudah ada beberapa toko online yang menjualnya.

Di Tokopedia misalnya, harga iPhone X dengan kapasitas 256 GB dibanderol seharga Rp 23 juta. Ini jelas lebih tinggi dari harga aslinya di Amrik sana.

Harga iPhone X versi 64 GB di negeri aslinya adalah US$ 999 atau sekitar Rp 13 juta. Kemudian yang versi 256 GB harganya US$ 1.149 atau Rp 15 jutaan.

Tentunya harga iPhone X di Indonesia bakal lebih tinggi karena kena bea masuk dan pajak. Di Singapura dan Australia, yang beruntung udah bisa jual iPhone X, harga yang versi 64 GB sekitar Rp 16 juta.

Mungkin harga iPhone X di Indonesia setelah resmi masuk nanti bisa sampai Rp 18-20 juta. Wah…wah…Bisa buat beli sepeda motor, masih ada kembaliannya pula!

harga iphone x
Ngeluarin duit Rp 23 juta buat handphone tuh agak gimanaaa gitu ya (iPhone X di tokopedia)

[Baca: Ini Nih Negara-Negara yang Jual Produk Apple Termurah]

Tertarik beli iPhone X? Hmmm…tunggu dulu. Tahu gak duit Rp 20 juta itu bisa lebih bermanfaat ketimbang sekadar buat beli iPhone X?

Manfaatnya pun gak main-main lho: menambah penghasilan. Gak percaya? Nih contohnya:

1. Beli emas

Harga emas di Antam sekarang sekitar Rp 620 ribu per gram. Kalau punya uang Rp 20 juta, bisa dapet berapa batang emas Antam tuh? Kamu bisa bawa pulang setidaknya 32 gram emas!

Emas adalah investasi yang populer sejak zaman baheula. Harganya cenderung naik dari tahun ke tahun. Lumayan nih buat batu pijakan sebelum berinvestasi ke instrumen lainnya yang lebih menjanjikan.

2. Investasi di P2P lending

Buat yang melek teknologi, coba deh putar uang Rp 20 juta bakal iPhone X itu buat investasi di peer-to-peer (P2P) lending. Dalam skema financial technology (fintech) ini, dana kita akan dipinjamkan kepada debitur dengan imbalan bunga yang kompetitif.  Bahkan ada yang hingga 18 persen dan modal minimal Rp 100 ribu.

Jangka waktu pinjaman biasanya minimal tiga bulan dan maksimal satu tahun. Cari deh situs P2P lending yang ternama dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Uang kita bakal lebih aman, gak takut risiko kena tipu perusahaan fintech abal-abal.

[Baca: Kalau Gak Mau Keuangan Berantakan, Wajib Install Aplikasi Fintech Ini di Ponselmu]

3. Bisnis franchise gerobak

Coba cari-cari info franchise di bawah Rp 20 juta. Ayam goreng Sabana, misalnya, gak sampai Rp 20 juta untuk paket franchise yang paling murah. Bubur Bayi (Hasanah Media Educomindo) bahkan gak sampai Rp 10 juta, bisa beli dua gerobak.

harga iphone x
Mungkin lebih baik duitnya diputar dulu ya buat usaha. Siapa tahu malah bisa beliin pacar sekalian #eh (gerobak/ YouTube)

Franchise adalah salah satu cara berwirausaha yang menjanjikan. Namun jangan hanya terpatok harga yang murah. Lihat juga reputasi franchise itu. Kalau memang sering laris manis, gak ada salahnya mencoba kecipratan rezeki mereka.

4. Beli sepeda motor

Seperti disebutkan di atas, harga iPhone X bisa buat beli motor matic keluaran terbaru. Itu pun masih ada kembalian Rp 1-4 juta, tergantung jenis motor.

Bila belum punya, mungkin bisa pertimbangkan beli motor demi mobilitas kerja. Motor ini juga bisa buat kerja sambilan lho, misalnya jadi pengojek online. Lumayan buat nambah tabungan modal nikah.

[Baca: Gini Cara Daftar Ojek Online Buat Nambah Penghasilan]

5. Beli saham IPO

harga iphone x
Saham IPO biasanya lebih murah ketimbang saham lama yang udah tercatat di bursa efek (beli saham/ kanalaceh)

Coba rajin baca koran, adakah perusahaan yang mau menggelar initial public offering (IPO) atau jual saham ke publik? Bila ada, telisik bagaimana respons pasar terhadap rencana IPO itu.

Biasanya, bila respons pasar bagus, sahamnya bakal jadi rebutan. Sebab, itu artinya potensi keuntungannya tinggi pada masa depan. Bila mau melangkah lebih jauh, bisa coba ikutan jadi investor saham murni di bursa efek dengan beli saham IPO ini.

Duit Rp 20 juta itu gak sedikit. Sebelum memutuskan niat beli iPhone X semahal itu, pertimbangkan baik-baik apakah memang itu merupakan kebutuhan. Jangan-jangan cuma terbawa tren dan ikut-ikutan.

Namun bila memang sudah ada dana yang dialokasikan buat beli dan memang butuh, tancap gas aja. Toh, selalu ada cara buat menambah penghasilan jika memang punya niat. Buktikan bahwa kita adalah generasi yang melek teknologi sekaligus mengerti akan pentingnya keuangan.

Hardian
Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560