Satuannya Dibanderol Rp 143 Miliar! Ini 6 Materai Termahal di Dunia

4 menit
Satuannya Dibanderol Rp 143 Miliar! Ini 6 Materai Termahal di Dunia, (Instagram/@rarefactorymaterai).

Walaupun bentuknya kecil dan tipis namun materai memiliki manfaat yang sangat penting. Terutama buat mengesahkan sebuah perjanjian antara beberapa pihak yang mungkin bernilai ratusan juta rupiah. Tapi gimana ceritanya kalau harga materai per satuannya mencapai ratusan miliar rupiah, percaya gak? 

Awal Juli 2019 kemarin pemerintah melalui Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani berencana buat menaikkan sekaligus menyeragamkan harga materai di Indoneisa menjadi Rp 10 ribu.

“Demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dalam upaya mewujudkan hal tersebut diperlukan sumber penerimaan negara yang memadai dan berkesinambungan yang salah satunya berasal dari penerimaan perpajakan khususnya bea materai,” terangnya pada rapat bersama Komisi XI DPR Republik Indonesia tanggal 3 Juli 2019 seperti dikutip dari CNBC.

Diketahui juga bahwa harga benda tersebut yang selama ini kita gunakan buat keperluan penting udah bertahan selama 20 tahun. Saat ini terdapat 2 varian harga yang umumnya orang ketahui yakni Rp 3.000 dan Rp 6.000 per buahnya.

Buat penduduk Indonesia mungkin harga segitu gak terlalu memberatkan kantong, ya? Namun ternyata di mancanegara terdapat 6 materai termahal yang pernah dijual seharga ratusan miliar rupiah lho. Kita langsung liat aja yuk daftarnya berikut ini:

Baca juga: Mahal dan Langka, Ini 9 Material yang Harganya Bikin Melongo

6. Materai Dendermonde – Rp 1,2 miliaran

harga materai
Materai Dendermonde harganya mencapai Rp 1,2 miliaran per satuannya, (catawiki.net).

Mengutip dari Catawiki, berada di urutan paling bawah ada materai Dendermonde merupakan salah satu gedung terkenal di Belgia. Jumlahnya cuma ada 17 buah di seluruh dunia menjadi alasan kenapa harga materai ini bisa melonjak tinggi.

FYI gambar gedung terbalik yang ada di kertas materai ini terjadi karena kesalahan pada saat proses pencetakan Bukannya jadi sampah justru hal tersebut membuat banyak orang memburunya buat dikoleksi.

Kalau kamu tertarik untuk membawa pulang siapkan uang dulu paling gak sekitar Rp 1,2 miliaran. 

Baca juga: 7 Barang Termahal Peninggalan Tokoh PD II Bertotal Rp 160 M, Banyak yang Milik Hitler!

5. Jenny – Rp 12 miliaran

harga materai
Materai ini harganya mencapai Rp 12 miliaran lho buat per satuannya, (catawiki.net).

Selanjutnya ada materai bernama Jenny yang berasal dari Amerika Serikat. Materai ini dibuat pada tahun 1918 dengan memiliki gambar utama dari desain ini adalah sebuah pesawat bernama Curtiss JN4-4.

Serupa dengan Dendermonde, Jenny dibanderol dengan harga selangit lantaran gambar pesawatnya terbalik. Hingga hari ini paling gak ada 100 buah yang masih bisa kamu temukan di dunia.

Harga per satuannya dipatok kurang lebih Rp 12 miliaran atau 10 kali lipat lebih mahal dari yang sebelumnya.

Baca juga: Dikenal sebagai Barang Mewah, Harley Davidson Bakal Luncurkan Motor Murah!

4. Baden 9 Kreuzer – Rp 16 miliaran

harga materai
Materai Baden 9 Kreuzer harganya Rp 16 miliaran, (catawiki.net).

Duduk di posisi keempat ada Baden 9 Kruzer yang berasal dari Jerman. Umurnya udah lebih dari 150 tahun karena diproduksi di tahun 1851 silam.

Bukan karena desainnya yang terbalik, Baden 9 Kruzer dijual mahal oleh para kolektor karena pada masanya produk ini salah menggunakan warna. Yang harusnya memiliki warna merah mudah justru dibuat dengan warna hijau. 

Jumlah materai ini yang masih ada sampai sekarang sekitar 4 buah dan udah terjual pada tahun 2008. Karena begitu langka dan unik Baden 9 Kruzer laku dijual sampai Rp 16 miliaran per satuannya.

3. The First Two Mauritius – Rp 16 miliaran

harga materai
Materai The First Two Mauritius harganya mencapai Rp 16 miliaran, (catawiki.net).

The First Two Mauritius menjadi materai termahal ketiga di dunia. Mulai diperkenalkan oleh koloni Inggris pada tahun 1847 di Mauritius. Harga materai ini terbilang cukup menguras kantong nih kalau kamu pengin memilikinya. 

Bukan karena adanya kesalahan produksi, The First Two Mauritius punya harga mahal lantaran terdapat gambar Ratu Victoria yang memimpin Inggris kala itu. Materai ini ternyata cukup terbatas bayangkan aja hanya ada 26 buah, gak heran kalau harganya cukup bikin geleng kepala.

Buat membeli materai ini kamu perlu menguras kantong sekitar Rp 16 miliaran lho! 

2. The Treskilling Yellow – Rp 33 miliaran

harga materai
Bayangkan buat kamu yang pengin memiliki materai ini perlu merogoh kocek dalam-dalam lho, (catawiki.net).

Ada di urutan kedua merupakan The Treskilling Yellow materai yang berasal dari negara Swedia. Materai ini diproduksi pada tahun 1855 silam. 

Alih-alih dibuat dengan menggunakan warna kuning justru produsen The Treskilling Yellow membuat dua warna berbeda yaitu biru dan merah. Dan dipercayai banyak pihak kalau cuma ada satu materai yang tersisa saat ini di dunia.

Oleh karena itu The Treskilling Yellow berani dijual dengan angka kisaran Rp 33 miliaran.

1. Materai British Guiana 1C Magenta – Rp 143 miliaran

harga materai
Harga materai British Guiana 1C Magenta mencapai Rp 143 miliaran, (catawiki.net).

British Guiana 1C Magenta berhasil menjadi materai yang termahal di antara lainnya karena harganya ditaksir sekitar Rp 143 miliaran per satuannya. Kebayang dong buat memiliki materai ini kamu mesti mengeluarkan uang kisaran Rp 143 miliaran lho.

Diproduksi pada tahun 1856, meterai ini dibutuhan buat keperluan pengiriman barang dari kota London ke wilayah koloni Inggris Guiana. Saat ini, materai British Guiana 1C Magenta hanya ada satu dan itu masih dalam kondisi yang sangat baik.

Nah, itulah keenam harga materai termahal yang ada di dunia saat ini. Dari keenam desain tersebut kira-kira mana yang paling kamu pengin koleksi di rumah nih gengs? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1