Harga Rokok Naik Lagi 2018, Ini 4 Tips Berhenti Merokok Ala Obama

3 menit
harga rokok naik

Pemerintah RI memutuskan untuk menaikkan cukai rokok sebesar 10,04 persen pada 1 Januari 2018. Dengan naiknya cukai rokok, ada kemungkinan harga rokok naik lagi tahun depan. Nah, apa ini pertanda buat para perokok untuk menghentikan kebiasaan ini?

Dengan adanya kebijakan baru tersebut, berhenti merokok sekarang makin mendesak untuk dilakukan. Karena selain dampaknya buruk buat kesehatan, potensi harga rokok naik tahun depan bakal menambah beban pengeluaranmu.

Nah, bagi yang mau hidup sehat tanpa rokok, mungkin kini saatnya kamu mencoba tips dari Barack Obama. Kok Obama?

Mantan Presiden Amerika Serikat yang punya kebiasaan hidup sehat ini, ternyata sempat berjuang keras untuk berhenti merokok lho.

[Baca: Rahasia Sehat Barack Obama Itu Ternyata Sederhana dan Murah. Mau Coba?]

Obama dulunya bisa menghabiskan tujuh hingga delapan batang rokok dalam sehari. Tapi, dengan usaha dan komitmen tinggi, Obama akhirnya berhasil stop merokok total.

Kamu juga bisa berhenti merokok dengan mengikuti apa yang dilakukan Obama. Terlebih kalau benar harga rokok naik lagi tahun depan. Berikut ini empat tips berhenti merokok ala Obama:

1. Jangan turuti kemauan merokok di waktu-waktu tertentu

Gak mudah untuk melawan hasrat merokok. Kadang waktu merokok yang tepat sudah terprogram di otak kita, misalnya ngerokok di pagi hari, habis makan, atau saat ngopi.

harga rokok naik
You masih ngerokok? I sudah berhenti loh (Obama muda/Taddlr)

 

Dalam pernyataannya yang dikutip Men’s Health, Obama menyarankan para perokok untuk gak tergoda merokok di waktu-waktu kunci tersebut. Kalau udah berhasil menahan godaan di waktu-waktu ini, maka harusnya gak sulit untuk gak merokok di waktu-waktu lain.

2. Berolahraga dengan teratur

Tips yang kedua ini sepertinya sudah sering dibahas di artikel manapun. Tapi gak dipungkiri lho, olahraga memang jadi salah satu cara efektif untuk menghentikan kebiasaan merokok.

harga rokok naik
Obama saja rajin lho berolahraga, kamu olahraga gak? (Obama main basket/ABC)

Mantan Juru Bicara Gedung Putih Robert Gibss pun membenarkan bahwa dengan bantuan olahraga, Obama berhasil berhenti merokok. Maka gak ada salahnya kan untuk melakukan olahraga favoritmu demi perjuangan berhenti ngerokok.

Ingat, kalau harga rokok naik, maka pengeluaran harianmu bakal makin bengkak. Coba jadiin ini motivasi buat olahraga dan berhenti merokok.

[Baca: Gak Pernah Olahraga, Jangan Harap Keuangan Terjaga]

3. Ngunyah permen nikotin

Salah satu kebiasaan Obama setelah berhenti merokok adalah mengunyah permen nikotin, Nicorette. Menurut salah seorang pakar medis Universitas California, Dr. Neal S. Benowitz, selama tujuannya adalah untuk menghindari rokok, permen itu boleh dikonsumsi.

Bikin mulut sibuk dengan ngunyah, biar lupa ama rokok. (Obama ngunyah permen nikotin / mail.ru)
Bikin mulut sibuk dengan ngunyah, biar lupa ama rokok. (Obama ngunyah permen nikotin / mail.ru)

Benowitz menambahkan, nikotin akan mempercepat detak jantung dan menaikkan tekanan darah, tentunya berbahaya khususnya buat orang hamil dan diabetes. Tapi, zat yang paling berbahaya dalam rokok sejatinya bukanlah nikotin.

Jadi kesimpulannya, mengunyah permen nikotin masih diperbolehkan asal kamu benar-benar gak merokok. Tapi kalau memang kamu ingin bebas dari nikotin, cari permen lain saja seperti Fisherman Friends yang rasa mentolnya kuat. Idealnya sih harga permen ini

4. Selalu ingat keluarga

Apa hubungannya keluarga sama berhenti ngerokok? Ya, pastinya ada. Michelle Obama pernah mengatakan bahwa salah satu motivasi suaminya berhenti merokok adalah karena kedua putrinya.

harga rokok naik
Kalau bapaknya gak ngerokok, nah idealnya anaknya juga gak ngerokok dong (keluarga Obama/Time)

Kalau sang ayah adalah perokok, maka gak adil tentunya kalau dia ngelarang anaknya untuk merokok. Aneh dong melarang anak melakukan suatu hal buruk, tapi ayahnya justru melakukan hal buruk itu setiap hari?

Itulah empat rahasia kesuksesan Obama dalam berhenti merokok. Mungkin bisa kamu tiru dari sekarang untuk mengantisipasi kemungkinan harga rokok naik di 2018.

Perjuangan berhenti merokok itu memang bukan perkara gampang. Tapi ini perlu, supaya kebiasaan ini gak menggerogoti keuanganmu terus dalam jangka panjang. Ayo semangat!

[Baca: Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini Bisa Menggerogoti Keuanganmu dalam Jangka Panjang]

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.