Harga Rumah Mewah 5 Koruptor Kelas Kakap Ini Bikin Merinding

4 menit
rumah mewah

Bicara soal harga rumah mewah artis atau orang terkaya di dunia mah udah basi. Gimana kalau kita bahas soal harga rumah para koruptor?

Kalau judulnya aja udah rumah mewah, maka udah pasti harganya luar biasa tinggi. Yang jelas di atas Rp 1 miliar, dan bahkan bisa puluhan miliar. Gak jauh beda deh kayak rumahnya Sule, mewah kayak istana.

Dan isi rumah itu, udah pasti perabotan-perabotan yang luar biasa. Bisa-bisa isi rumah mewah mereka  senilai harga rumah juga.

So, penasaran dengan rumah-rumah mewah milik para terdakwa korupsi di Indonesia yang udah diciduk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)? Mari simak ulasannya di bawah ini.

1. Gayus Tambunan

rumah mewah
Rumah Gayus (Kompas)

Masih ingat dengan Gayus Tambunan? Nama pegawai Ditjen Pajak ini emang cukup populer di tahun 2010 – 2011an.

Tindakan Gayus emang bikin banyak orang jadi berang. Bayangin aja, dia dikabarkan menyuap seorang hakim dengan uang sebesar sebesar Rp 50 juta. Suap itu ditujukan buat memuluskan perkara penggelapan pajak dan pencucian uang senilai Rp 25 miliar!

Pria ini juga memiliki aset berupa rumah mewah di wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang udah dilelang. Seperti diberitakan oleh Detik pada tahun 2014, rumah itu udah laris lewat lelang dengan harga Rp 7 miliar.

Rumah yang terletak di Gading Park View itu memiliki desain modern, minimalis, dan mewah. Dan asal kamu tahu nih, rumah itu tiga tingkat loh.

Luas bangunannya 300 meter persegi, dan konsepnya cluster. Komplek Gading Park View juga dilengkapi jogging track, kolam renang, dan fasilitas mewah lainnya. Menurut laporan, Gayus membeli rumah ini seharga Rp 3 miliar di tahun 1998.

Bayangin aja, di tahun segitu orang yang punya Rp 1 miliar pasti udah pasti tajir melintir. Apalagi saat itu Indonesia lagi dilanda krisis moneter.

2. Ratu Atut

rumah mewah
Rumah Ratu Atut (Tempo)

Mantan Gubernur Banten yang didakwa melakukan korupsi penganggaran alat kesehatan ini, telah divonis merugikan negara sebesar Rp 79 miliar!

Pada 2013, Tempo memberitakan bahwa Atut telah dijerat tiga kasus. Mulai dari sengketa Pilkada, korupsi pengadaan alat kesehatan, dan gratifikasi proyek alat kesehatan. Saat ini, dia pun masih mendekam di penjara.

Ratu Atut juga punya rumah mewah lho, cuma aja letaknya di Bandung. Menurut laporan, rumah itu merupakan rumah termewah di antara rumah-rumah besar lainnya di kawasan Cijagra, Lengkong Kota, Bandung.

Menurut laporan dari Detik pada 2013 lalu, harga rumah itu ditaksir senilai Rp 50 miliar! Bayangin aja tahun 2013 udah Rp 50 miliar, tentu saat ini valuasinya udah makin meroket.

Rumah itu dibangun di tanah seluas 1.000 meter persegi, dan terdiri dari lima rumah yang dijadikan satu. Fasilitas yang ada di rumah mewah itu dikabarkan kayak bintang lima. Ada kolam renang dan gym. Kalau disewain jadi penginapan pasti laris manis kali ya?

3. Akil Mochtar

rumah mewah
Rumah Akil Mochtar (Tempo)

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini merupakan terdakwa korupsi kedua dengan hukuman terlama. Dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup lantaran tindak pidana pencucian uang dan gratifikasi, atas kasus sengketa di MK.

Lantas, seperti apa sih rumah mewah milik Akil Mochtar?

Kalau dibilang mewah sih mewah, tapi mungkin masih kalah mewah sama yang lain. Rumah Akil terletak di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Rumah itu emang paling beda di antara rumah-rumah sekitarnya karena bentuk bangunannya mencolok.

Dari segi desain, rumah itu bergaya modern. Perpaduan warnanya adalah abu-abu dan krem, ada ornamen batu alam yang menghiasi pagar. Pintu depannya pun menggunakan material kayu yang mengkilat.

Pada 2013, harga rumah Akil ditaksir berada di angka Rp 4 miliar. Lumayan mahal tentunya buat sebuah rumah di Pontianak.

4. Nazaruddin

rumah mewah
Rumah Nazarrudin (Viva)

Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat ini merupakan terpidana kasus korupsi wisma atlet dan gratifikasi. Sekarang, dia sedang diusulkan mendapat asimilasi dan pembebasan bersyarat dari Lapas Sukamiskin.

Harta Nazaruddin senilai Rp 112 miliar juga udah dibekukan KPK pada 2010 silam. Rumah dan tanahnya yang seharga Rp 12 miliar pun dihibahkan KPK ke Polri.

Nazaruddin dikabarkan punya rumah mewah di Pejaten, Jakarta Selatan. Namun setelah ditelusuri pada 2012, nama pemilik rumah itu malah Ahmad Priyono, pemilik lama. Rumah itu besar banget, dan bergaya Eropa.

Dikabarkan pula bahwa saat itu Nazaruddin juga tinggal di apartemen. Lebih tepatnya di Apartemen Taman Rasuna Said.

Media emang gak pernah memberitakan soal valuasi harga rumah mewah yang terletak di Pejaten itu. Meski demikian, istri Nazaruddin pada 2011 dikabarkan membangun rumah di kampung halamannya, Riau dengan harga Rp 2,5 miliar.

Kira-kira mahal gak tuh menurutmu Rp 2,5 miliar? Pastinya yang di Pejaten jauh lebih mahal.

5. Setya Novanto

rumah mewah
Rumah Setnov (Liputan 6)

Tentu kamu familiar dong sama papa Novanto. Nah soal urusan rumah mana yang paling mahal, sepertinya rumah empat terdakwa korupsi di atas masih gak ada apa-apanya ketimbang rumah Setnov.

Rumah Setnov yang terletak di Jl. Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, valuasinya diperkirakan mencapai Rp 204,8 miliar saat ini. Rumah itu bahkan jauh lebih mahal ketimbang rumah seleb-seleb terkenal Hollywood. Sebut aja seperti Demi Lovato, Emily Blunt, hingga Rihanna.

Gimana kabarnya si om Setnov ini sekarang ya?

Yang jelas, mantan Ketua DPR ini divonis 15 tahun penjara dan diminta membayar denda Rp 500 juta terkait kasus korupsi proyek E-KTP. Selain itu dia juga diminta membayar uang pengganti sebesar US$ 7,3 juta dikurangi Rp 5 miliar yang telah dititipkan kepada penyidik.

Bila rumah mewah itu dilelang kamu bisa membelinya

Sama aja seperti kendaraan, rumah mewah milik para koruptor ini terkadang dilelang oleh KPK. Sebut aja seperti rumahnya Gayus di Kelapa Gading.

Perihal lelang itu tentu bakal diumumkan di media kok. Dan kadang MoneySmart juga bakal memberikan informasi soal lelang rumah mewah tersebut bila emang udah dibuka.

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan