Satu Lembarnya Rp 4,4 Miliar, Ini 7 Harga Saham Termahal di Dunia yang Bernilai Fantastis!

4 menit
Harga Saham Termahal di Dunia Dipegang Berkshire Hathaway (Shutterstock).
Harga Saham Termahal di Dunia Dipegang Berkshire Hathaway (Shutterstock).

Di lantai bursa terdapat banyak perusahaan yang harga sahamnya bisa kamu miliki. Ada yang mulai dari ratusan rupiah hingga puluhan ribu per lembarnya.

Di Bursa Efek Indonesia (BEI) salah satu perusahaan yang pernah mencatatkan rekor tertinggi diraih oleh perusahaan rokok Gudang Garam (GGRM) dengan menyentuh angka Rp 90 ribuan per lembar pada Maret 2019. Disusul dengan Unilever Indonesia TBK (UNVR) yang sempat naik hingga Rp 55 ribuan per lembar pada akhir tahun 2017.

Tapi banderol segitu masih gak ada apa apanya jika dibandingkan harga perusahaan lainnya yang diperdagangkan di bursa efek seluruh dunia.

Penasaran perusahaan apa yang memiliki harga saham termahal di dunia sekarang ini? Mending kita lihat langsung aja yuk daftarnya berikut ini, mengutip dari Money Inc.

7. Amazon Inc – Rp 25 juta per lembar

Harga Saham
Amazon Inc (Shutterstock).

Perusahaan pertama yang masuk dalam daftar harga saham termahal adalah Amazon Inc yang bergerak di bidang E-Commerce.

Salah satu sosok yang sukses mendirikan Amazon Inc dari tahun 1994 hingga hari ini adalah Jeff Bezos. Sekarang ini namanya termasuk dalam 10 orang terkaya di dunia dengan harta mencapai Rp 1.597 triliun.

Buat kamu yang pengin berinvestasi di Amazon Inc bisa menyiapkan uang sekitar Rp 2,5 miliaran karena minimal harus membeli 1 lot dan harga per lembarnya mencapai Rp 25 jutaan.

6. Booking Holdings Inc – Rp 29 juta per lembar

Harga Saham
Booking Holdings (Shutterstock).

Keenam ada Booking Holdings yang merupakan perusahaan asal Connecticut, Amerika Serikat. Korporasi ini didirikan tahun 1997 dan bergerak di bidang perjalanan travel.

Beberapa produk yang dimiliki oleh Booking Holdings Inc antara lain adalah Priceline.com, Booking.com, Agoda.com, Kayak.com dan Cheap Flights.

Untuk harga sahamnya sendiri mencapai Rp 29 juta per lembarnya.

5. NVR Inc – Rp 50 juta per lembar

Harga Saham
NVR Inc (Shutterstock)

 

Selanjutnya ada perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi rumah dengan harga saham termahal kelima. Korporasi ini berdiri pada tahun 1980 di Pittsburgh, Amerika Serikat.

Nama perusahaan yang dimiliki oleh NVR Inc antara lain adalah Ryan Homes, Rymarc Homes, Fox Ridge Homes and Heartland Homes di Negeri Paman Sam.

Di New York Stock Exchange perusahaan ini memiliki harga per lembarnya sekitar Rp 50 juta. Kamu tertarik untuk mengoleksinya?

4. Seaboard Corporation – Rp 60 juta

Harga Saham
Seabord Corporation

Keempat ada Seaboard Corporation yang bergerak di berbagai macam industri mulai dari pengolahan makanan,jasa transportasi dan energi listrik. Didirikan pada tahun 1918 oleh Otto Bresky.

Salah satu komoditas terbesar yang dihasilkan oleh Seaboard Corporation adalah pengolahan daging babi, gula, hasil laut serta transportasi angkutan laut.

Tercatat Seaboard Corporation memiliki banderol saham per lembarnya menyentuh Rp 60 jutaan.

3. Next PLC – Rp 86 juta per lembar

Harga Saham
Next (Shutterstock).

Duduk di urutan ketiga adalah Next PLC yang didirikan pada tahun 1864 di Enderby, Inggris. Perusahaan ini bergerak di bidang retail yang menjual berbagai macam produk alas kaki, clothing hingga perabotan rumah tangga.

Di seluruh dunia Next PLC udah memiliki paling sedikit 700 toko dimana 500 diantaranya berada di Britania Raya dan 200 lainnya tersebar di negara Eropa lainnya, Timur Tengah dan Asia.

Diperdagangkan di bursa efek London, Next PLC memiliki banderol Rp 86 juta per lembar saham.

2. Lindt & Spruengli AG – Rp 1,1 miliar per lembar

Harga Saham
Lindt (SHutterstock).

Berada di posisi runner up ada Lindt & Spruengli AG yang berdiri pada tahun 1845 di negara Swiss. Perusahaan ini bergerak di bidang produksi cokelat dan makanan lainnya yang manis.

Untuk menghasilkan produk cokelat yang berkualitas korporasi ini telah membuka 12 pabriknya yang tersebar di seluruh dunia agar konsumen  bisa merasakan cita rasa terbaik dari cokelat yang dibuat.

Lindt & Spruengli dijual di bursa saham Swiss dengan harga sahamnya sekitar Rp 1,1 miliaran.

1. Berkshire and Hathaway – Rp 4,4 miliar per lembar

Terakhir yang memiliki harga termahal di dunia adalah korporasi yang dimiliki oleh konglomerat Amerika Serikat yakni Warren Buffett.

Beberapa brand ternama yang kepemilikannya dipunyai oleh Berkshire and Hathaway adalah GEICO, Duracell, Dairy Queen, Kraft Heinz, Coca Cola dan Apple. Kamu pasti familiar dengan merek tersebut, kan?

Pantes aja kalau harga di bursa sahamnya bisa menyentuh Rp 4,4 miliaran per lembar. Semua harga di atas diambil pada tanggal 16 September 2019 dan bisa berubah sewaktu-waktu tergantung situasi dan kondisi.

Nah itulah 7 harga saham perusahaan termahal yang diperdagangkan. Dari ketujuh korporasi tersebut mana nih yang tertarik kamu beli jika mempunyai uang yang cukup? (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1