5 Alasan yang Bikin Sarang Burung Walet Harganya Selangit

4 menit

Harga sarang burung walet di salah satu online marketplace mencapai Rp 350 ribu per 17 gram. Itu berarti 1 gramnya dijual dengan harga Rp 20 ribuan. Jadi, kalau sekilo, harganya bisa mencapai Rp 20 jutaan.

Sayangnya, mustahil ada yang jual sebanyak 1 kilogram. Soalnya barang ini langka banget. Minimal pembelian sarang burung walet itu 17 gram.

Harga sarang burung walet bisa semahal itu tentu bukan tanpa alasan. Burung walet sendiri dikenal sebagai burung yang unik. Burung ini mudah sekali dikenali dari bentuk sayap dan ekornya yang meruncing bagaikan sabit.

Hebatnya, burung walet menggunakan air liurnya buat bikin sarang. Usut punya usut ternyata sarang burung walet dari air liur ini punya banyak manfaat. Tentu aja ini salah satunya yang bikin harga sarang burung walet mahal.

Emangnya apa lagi istimewanya sarang burung walet sehingga harganya mahal? Ini alasannya.

1. Nilai gizinya sangat tinggi

Harga sarang burung walet
Sarang burung walet (distributorsarangwalet)

Harga sarang burung walet bisa begitu mahal karena disebut-sebut punya nilai gizi yang tinggi. Dikutip dari MSN, sarang burung walet punya kandungan protein, antioksidan, kalsium, dan kolagen yang tinggi.

Di Cina sarang burung walet lebih sering dimasak sebagai sup. Diteliti lebih lanjut, ternyata sup sarang burung walet memiliki sejumlah kandungan gizi, seperti:

  • Kalori: 345
  • Lemak: 2 gram
  • Karbohidrat: 31 gram
  • Protein: 50 gram

2. Baik buat kesehatan dan kecantikan

Harga sarang burung walet
Semangkuk sarang burung walet (vemale)

Di balik nilai gizinya yang tinggi, sarang burung walet punya beberapa khasiat buat kesehatan maupun kecantikan. Buat kesehatan, sarang burung walet dapat mengembalikan stamina tubuh wanita, terutama setelah melahirkan.

Khusus ibu hamil, mengkonsumsi sarang burung walet bisa bikin bayi dalam kandungan bersih. Kulit bayi pun jadi sehat, bersih, dan halus.

Paru-paru pun bisa bersih karena sarang burung walet mengandung glyco protein. Kandungan yang satu ini juga bermanfaat buat menjaga daya tahan tubuh dan meregenerasi sel.

3. Sajian di restoran elite

Harga sarang burung walet
Sup sarang burung walet (okezone)

Sejarahnya, sarang burung ini dijadikan bahan olahan sup buat disajikan ke raja di Cina di masa lampau. Cuma raja dan bangsawan yang bisa menikmatinya karena harga sarang burung walet sangat mahal waktu itu.

Kini, saking lezat rasanya, sarang burung walet dijual sebagai sajian di restoran elite. Seberapa mahalkah sajian burung walet ini?

Dari penelusuran yang dilakukan MoneySmart, Restoran Teratai di Hotel Borobudur menjual menu makanan sarang burung walet dengan harga Rp 228 ribu – Rp 480 ribu. Harga segitu pastinya bisa buat traktir beberapa teman sekaligus tuh kalau belinya bakso.

4. Hasil panen gak banyak

Harga sarang burung walet
Panen sarang burung walet (herbalwalet)

Waktu panen sarang burung walet paling cepat sebulan dan paling lama tiga bulan sekali. Hasil panennya pun gak kayak hasil panen beras yang bisa berton-ton.

Panen sarang burung walet itu rata-rata 10 kilogram. Kalau lagi bagus, bisa mencapai 30 kilogram. Hasil panen yang gak sebanding dengan permintaan menjadi sebab kenapa sarang burung walet mahal harganya.

Warna dan kualitas dari sarang itu sendiri juga jadi faktor mahalnya sarang burung walet. Kebanyakan orang mencari sarang burung walet yang berwarna putih.

Selain itu, bentuknya juga mempengaruhi harganya. Misalnya aja sarang burung walet berbentuk mangkok lebih mahal ketimbang yang berbentuk segitiga. Kalau yang mangkok dijual dengan harga Rp 12 juta, sedangkan sarang berbentuk segitiga dijual dengan harga Rp 8 juta.

5. Bisnis bermodal besar

harga sarang burung walet
Rumah burung walet (sarangwalet)

Gak nyangka kalau modal bikin sarang burung walet itu sangat besar. Malahan dengan modal tersebut kamu bisa buat beli rumah tipe 36 atau mobil SUV.

Dihitung-hitung, modal buat bikin bangunan yang menjadi sarang burung walet tembus ratusan juta rupiah. Diungkap seorang pembudidaya burung walet, Nor Salihin, kepada Tribunnews, ia menghabiskan dana ratusan juta buat membangun gedung yang jadi sarang burung walet.

Dihitung-hitung lebih rinci, kalau kamu berminat kamu harus keluarkan uang sebanyak Rp 500 juta. Rinciannya, Rp 100 juta buat modal beli tanah. Sementara Rp 400 juta lagi sebagai modal mendirikan bangunannya.

Melihat modalnya yang besar, gak sedikit yang enggan buat berbisnis sarang burung walet. Makanya, gara-gara minimnya orang yang lakukan bisnis ini, harga sarang burung walet jadi mahal.

Itu tadi lima alasan kenapa harga sarang burung walet mahal. Di balik harganya yang fantastis, sarang burung walet menyimpan potensi yang sangat luar biasa.

Gimana, tertarik mau mencoba ternak walet? Asal kuat modalnya, dijamin kamu bisa sukses di bisnis ini. Semoga!

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!