Ini Deretan Rumah Mewah Setya Novanto, Ada yang 4 Rumah Jadi Satu!

3 menit
Setya Novanto. (Tempo/Imam Sukamto)
Setya Novanto. (Tempo/Imam Sukamto)

Berita soal Setya Novanto emang gak pernah abis nih. Sebelum sidak Ombudsman RI yang memperlihatkan sel mewah Setya Novanto alias Setnov di lapas Sukamiskin, kabar lain yang dilansir dari Kompas menyebutkan bahwa Setnov kesulitan membayar uang pengganti hukuman sebesar Rp 66 miliar.  

Alhasil, ia pun sampai terpaksa menjual rumah miliknya untuk membayar denda tersebut. Toh, jika tak membayar pun, semua harta benda miliknya tetap akan disita atau dilelang. Tapi mengingat Setnov memiliki deretan rumah mewah yang tersebar dari Pondok Indah, Jakarta, hingga Kupang, sepertinya nominal denda yang puluhan miliar tersebut jadi gak seberapa.

Total aset dan kekayaan Setya Novanto

Jumlah kekayaan Setnov bisa dilihat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di situs KPK. Namun, bisa jadi jumlah tersebut sudah berubah lantaran terakhir kali mantan Ketua DPR itu menyampaikan LHKPN pada tahun 2015. Jika melihat dari laporan tersebut, diketahui ia memiliki 16 bangunan dan tanah yang terdaftar, enam kendaraan bermotor, serta sejumlah investasi dan surat berharga lainnya. Sejumlah aset tersebut bernilai tak kurang dari Rp 114 miliar.

Khusus untuk aset tanah dan bangunan, jika ditotal maka aset tersebut bernilai hingga Rp 81.736.583.000.

Mengingat harga properti yang selalu mengalami peningkatan, nominal tersebut tentu telah mengalami kenaikan dalam tiga tahun ini. Coba aja lihat deretan rumah mewah miliknya berikut ini. Dilihat dari harganya, menjual satu rumah pun gak bikin Setnov jadi miskin.

Novanto Center, Kupang

Salah satu aset properti Setnov di Kupang adalah Novanto Center, bangunan dua lantai yang berdiri di atas tanah seluas 2000 meter persegi.  Dilansir dari Detik, jika dihitung berdasarkan luas lahan dan nilai bangunan, Novanto Center diperkirakan bernilai Rp 4,4-12 miliar.

Novanto Center, Kupang. (Detik)
Novanto Center, Kupang. (Detik)

Novanto Center dilengkapi kolam renang yang luas layaknya hotel. Tempat ini dijadikan tempat singgah oleh Setnov setiap berkunjung ke NTT.

Kolam renang di Novanto Center. (Detik)
Kolam renang di Novanto Center. (Detik)

Rumah mewah di Kebayoran baru

Rumah ini kabarnya memiliki luas 1.600 meter persegi dan terdiri dari empat lantai. Lokasinya di Jl. Wijaya XIII No.19 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan yang merupakan salah satu kawasan elit di Jakarta.

Rumah Setnov di Kebayoran Baru. (Detik)
Rumah Setnov di Kebayoran Baru. (Detik)

 

Rumah Setnov di Kebayoran Baru. (Home)
Rumah Setnov di Kebayoran Baru. (Home)

 

Rumah Setnov di Kebayoran Baru. (Home)
Rumah Setnov di Kebayoran Baru. (Home)

Kemewahan rumah bukan hanya dari tampilan dan besarnya rumah, fasilitas yang tersedia pun gak main-main. Terdapat lift di dalam rumah, serta jacuzzi dan televisi pada kamar mandi kering berlantaikan marmer kelas dunia.

Dilansir dari Detik, rumah tersebut diperkirakan bernilai Rp 200 miliar. Angka tersebut didapat dari perhitungan dengan mengacu pada nilai tanah di kawasan tersebut. 

Empat rumah di Pondok Indah

Satu rumah di kawasan Pondok Indah aja udah keliatan mewah, apalagi kalau ada empat rumah di Pondok Indah yang dijadikan satu. Begitulah rumah Setnov yang mewahnya bukan main. Rumah Setnov terdiri dari 4 kavling, di mana dua kavling di Jl Kartika Utama PU 16 dan 17, sedangkan dua kavling lainnya terletak di Jl Gedung Pinang 10 dan 11.

Rumah Setnov di Pondok Indah. (Liputan6)
Rumah Setnov di Pondok Indah. (Liputan6)

Dengan demikian, rumah tersebut memiliki dua akses masuk dari jalan yang saling membelakangi. Namun, meski memiliki rumah besar ini, Setnov dikabarkan tak pernah menempatinya karena ia memilih tinggal di rumah mewahnya di Kebayoran Baru. Jika dihitung-hitung berdasarkan harga bangunan, keempat rumah Setnov ini bisa mencapai Rp 81 miliar.

Rumah Setnov di Pondok Indah. (Detik)
Rumah Setnov di Pondok Indah. (Detik)

Selain deretan rumah mewah di atas, Setnov juga memiliki tanah dan bangunan seluas 890 meter persegi dan 654 meter persegi di Jakarta Barat senilai Rp 19 miliar, Tanah dan bangunan di Bekasi senilai Rp 503 juta, serta sejumlah tanah di Jakarta Selatan senilai lebih dari Rp 10 miliar, dan masih banyak lagi.

 

 

 

 

 

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.