Ikuti Instruksi Menteri Perhubungan Harga Tiket Lion Air Mengalami Penurunan?

2 menit
Ikuti Instruksi Menteri Perhubungan Harga Tiket Lion Air Mengalami Penurunan?, (Instagram/@lionairgroup)

Harga tiket maskapai penerbangan Lion Air dan Garuda Indonesia emang sempat meroket drastis beberapa bulan belakangan. Lewat istruksi Menteri Perhubungan, harga tiket Lion Air dikabarkan udah mengalami penurunan?

Pasalnya kenaikan tiket pesawat yang gak masuk akal itu terjadi jelang lebaran, padahal banyak masyarakat yang berharap tiket pesawat terjangkau demi bisa bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman dengan cepat. Kenaikan tiket tersebut juga mengakibatkan sejumlah penerbangan di Bandara Soekarno Hatta sepi penumpang.

Kementerian Perhubungan selaku pemilik otoritas penerbangan ditekan habis-habisan oleh masyarakat. Melalui berbagai situs media sosial, Menhub Budi Karya menjadi target sasarannya, bahkan tagar #PecatBudiKarya sempat bergema di Twitter.

Besaran kenakan tiket pesawat dalam triwulan pertama 2019 mencapai 11,14 persen. Tapi Menhub ternyata gak diam saja, segala upaya ia lakukan buat memaksa pihak maskapai menurunkan harga tiket pesawat, termasuk harga tiket Lion Air.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Termahal di Dunia, Sampai Rp 2 Juta Semalam!

Tarif batas atas turun

Harga Tiket Lion Air
Harga tiket maskapai penerbangan Lion Air dikabarkan udah mengalami penurunan, (Lionairgroup).

Untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi udara, satu-satunya  cara yang harus dilakukan adalah dengan menurunkan harga tiketnya. Menhub Budi Karya akhirnya membuat suatu kebijakan dengan menurunkan tarif batas atas. Karena dengan cara seperti itu bisa dipastikan harga tiket pesawat bakalan turun.

Besaran penurunan tarif batas atas tiket pesawat udara adalah sebesar rata-rata 15 persen. Tapi, itu hanya berlaku bagi pesawat berlayanan penuh, sementara untuk pesawat berbiaya murah tidak diberlakukan. Salah satu indikator untuk menghitung penurunan tarif adalah biaya produksi penerbangan maskapai.

Kebijakan yang diputuskan oleh Menteri Perhubungan itu sudah bisa berlaku efektif pada tanggal 18 Mei 2019 lalu. Lantas bagaimana dengan harga tiket Lion Air?

Baca juga: Korean Air dan Kuwait Airways Masuk dalam Daftar Maskapai Penerbangan Terburuk!

Harga tiket Lion Air turun

Harga tiket lion air
Maskapai penerbangan Lion Air salah satu maskapai yang banyak disukai, (Lionairgroup).

Penurunan tarif batas atas telah berlaku sejak 18 Mei 2019. Beberapa maskapai termasuk Lion Air pun mengaku telah mengikuti aturan pemerintah. Berdasarkan website resmi dephub.go.id, berikut beberapa besaran batas atas untuk rute-rute popular.

Rute Penerbangan
Jakarta – Surabaya Rp 650.000 (batas bawah) & Rp 1.857.000 (batas atas)
Jakarta – Yogyakarta Rp 470.000 & Rp 1.342.000
Jakarta – Palembang Rp 461.000 & Rp 1.317.000
Jakarta – Malang Rp 664.000 & Rp 1.898.000
Jakarta – Padang Rp 913.000 & Rp 2.608.000

Setelah mengetahui besaran tarif baru tersebut sekarang coba kita lihat harga tiket Lion Air di Traveloka. Tiket Lion buat rute penerbangan Jakarta – Surabaya di hari Sabtu (25/5) dijual seharga Rp 700 ribuan. Kemudian, Jakarta – Yogyakarta di hari yang sama harga tiket Lion Air sebesar Rp 536 ribu. Dari dua contoh di atas, berarti Lion Air telah melakukan penurunan harga. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan